Minggu, Juni 16, 2024

Cara Efektif Budidaya Buah Naga Agar Pertumbuhannya Tidak Terhambat

Budidaya buah naga sudah banyak ditemukan di Indonesia. Buah yang berasal dari sejumlah spesies kaktus dalam marga Hylocereus dan Selenicereus dengan ciri khas sisik pada bagian kulitnya ini kian populer karena dipercaya mempunyai kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Buah naga sudah tumbuh di berbagai negara, beberapa menyebutnya pitahaya. Di Indonesia sendiri, banyak yang berkeinginan untuk membudidayakannya. Karena selain kaya akan serat sehingga baik untuk pencernaan, buah naga juga dapat membantu melembapkan kulit serta mengatasi masalah-masalah seperti jerawat, minyak berlebih, dan mencegah penuaan.

Budidaya buah naga dapat pula kamu lakukan di halaman rumah. Supaya cepat berbuah, kamu tidak boleh melakukannya secara asal. Tanam dan rawat buah naga yang kamu budidayakan dengan lengkah yang tepat.

Budidaya Buah Naga dengan Benar Supaya Hasilnya Memuaskan

Sebelum memutuskan untuk membudidayakan buah naga, ketahui dahulu seperti apa lahan, bibit, hingga perawatan yang diperlukan tanamanmu agar dapat membuahkan hasil dengan cepat. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut! 

Mempersiapkan lahan 

Budidaya buah naga yang baik tentu membutuhkan kondisi lahan dan pupuk yang baik pula. Supaya pertumbuhan buah naga tidak terhambat, hindari lahan yang ditumbuhi rerumputan. Lakukan juga penggemburan tanah dengan cara mencangkulnya, baru setelah itu tabur dan ratakan pupuk. Penaburan pupuk dilakukan setiap satu bulan sekali dengan jarak 10 hingga 15 cm dari pangkal batang secara melingkar.

Pembibitan

Pembibitan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu generatif dan vegetatif. Banyak orang memilih cara vegetatif karena relatif mudah dan lebih cepat menghasilkan buah. Berbeda dengan cara generatif yang terbilang cukup sulit dan rumit, yakni dengan memperbanyak tanaman melalui biji buah naga terpilih. 

Menanam bibit dan membuat penyangga

Gunakanlah bibit yang sudah menginjak usia dua bulan dan berasal dari induk yang baik. Setelah menanam bibit, langkah yang harus kamu lakukan berikutnya adalah membuat tiang sebagai penyangga sekaligus media rambat. Satu tiang penyangga disediakan untuk empat bibit, dengan begitu buah naga yang nanti tumbuh semakin besar tidak akan roboh.

Pemangkasan tunas

Pada saat tanaman mulai berbuah dan dijumpai calon bunga pertama, lakukanlah pemangkasan untuk mencegah tumbuhnya tunas baru yang berdampak buruk terhadap bentuk buahnya. Jika kamu ingin mendapatkan buah naga dengan bentuk yang sempurna, kamu bisa mempertahankan tunas ketiga.

Pemberian air

Media tanam buah naga harus cukup lembap pada masa pengembangan buah dan bunga. Perhatikan air yang diperoleh tanaman agar perkembangannya tidak terhambat. Jangan biarkan tergenang air terlalu lama karena dapat menyebabkan tanaman menjadi busuk, bahkan mati. 

Itulah cara efektif budidaya buah naga yang bisa kamu ikuti. Jauhi tanaman dari paparan hama supaya pertumbuhan buah naga dapat berjalan maksimal. (Karin/Djavatoday)

Daftar e-Wallet Populer Indonesia, Apa aja kegunaannya?

Halo good people, di era yang serba canggih ini tentu sudah tidak asing lagi dengan beberapa aplikasi e-wallet. Nah ada nih daftar e-wallet populer...

Tips Menabung Efektif, Wajib Simak Biar Dana Teralokasi dengan Benar

Tips Menabung Efektif merupakan tips buat sobat djava yang merasa uangnya cepat habis atau pun tidak terkontrol pengeluarannya. Sobat djava pasti pernah menanyakan kemana...

Surat Pemberitahuan Tahun (SPT) Pajak, Segera Lapor Sebelum Kena Sanksi Denda!

Surat Pemberitahuan Tahunan atau biasa dikenal dengan SPT ini merupakan instrumen yang digunakan wajib pajak dalam melaporkan kekayaannya. Hal tersebut sudah berlaku mulai dari...

6 Rekomendasi Sayuran Cepat Panen yang Mudah ditanam

Rekomendasi sayuran cepat panen ini cocok buat kamu yang tertarik untuk berkebun. Berbagai jenis sayuran tentunya sangatlah bermanfaat dalam kehidupan. Makan sayur setiap hari...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya