Sabtu, Juni 15, 2024

Pelanggar Tak Pakai Masker di Ciamis Dapat Sanksi Masuk Ambulans

Ciamis (Djavatoday.com),- Seorang pemuda di Ciamis, Jawa Barat, harus rela masuk dan tidur di atas blankar mobil ambulans. Ia kedapatan melanggar protokol kesehatan dengan tidak pakai masker saat ada operasi yustisi di sekitar simpang Pasar Manis-Koramil Ciamis.

Petugas melakukan hal tersebut supaya pemuda tersebut jera. Karena sudah kedapatan beberapa kali saat beraktivitas tidak memakai masker. Berbagai cara dilakukan para petugas operasi yustisi dalam memberikan edukasi kepada masarakat akan pentingnya protokol kesehatan saat pandemi COVID-19.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Ciamis mengapresiasi para petugas di lapangan yang tak henti-hentinya mengedukasi masyarakat. Sanksi sosial yang diberikan itu sah-sah saja, dalam rangka mendisiplinkan masyarakat. Ia pun tak menghendaki petugas memberikan sanksi denda kepada masyarakat.

“Jadi kalau ada yang melanggar protokol kesehatan, terutama yang tak pakai masker berikan edukasi. Sanksi sosial, tapi jangan memberikan sanksi denda,” ujar Herdiat di Pendopo Ciamis, Selasa (29/9/2020).

Petugas operasi yustisi dalam memberikan sanksi sosial dengan berbagai cara, mulai dari push up, sit up, membacakan surat-surat pendek, membaca pancasila dan lainnya. Itu dalam rangka menyadarkan masyarakat.

“Memang operasi yustisi ini membuat peningkatan kesadaran masyarakat menaati protokol kesehatan. Tapi tetap saja ada yang membandel. Padahal saat ini angka Covid-19 di Ciamis terus mengalami peningkatan,” tegasnya.

Herdiat mengingatkan masyarakat untuk tidak menganggap enteng masalah Covid-19. Agar semua sehat dan selamat, protokol kesehatan 3M harus tetap dijalankan. Mencuci tangan pakai sabun, memakai masker dan menjaga jarak.

Berdasarkan data dari Gugus Tugas Covid-19 Ciamis, jumlah terkonfirmasi positif sebanyak 81 orang, 32 diantaranya melakukan isolasi mandiri. 5 orang meninggal dan 5 orang dirawat.

“Sekali lagi saya ingatkan warga harus taati protokol kesehatan, pakai masker saat beraktivitas itu paling penting,” pungkasnya. (CN/Djavatoday)

Rumah Lansia di Banjaranyar Ciamis Rusak Tertimpa Pohon Petai Tumbang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah Pardi seorang lansia berusia 79 tahun di Dusun Mekarsari, Desa Cikupa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, rusak akibat tertimpa pohon petai...

Warga Sukadana Sambut Kepulangan Syifa Al Fadila, Pemain Timnas Voli U-18 Asal Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga beserta unsur pemerintahan Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, menyambut kepulangan Syifa Al Fadila, Sabtu (15/6/2024). Gadis berusia 16 tahun asal Sukadana...

Bapenda Ciamis Buka Pelayanan di Galuh Digital Festival

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Ciamis membuka pelayanan pada acara Galuh Digital Festival atau GDF. Acara GDF sendiri berlangsung di Taman Lokasana...

Dua Warga Alami Luka Bakar Tersambar Api di Belakang SPPBE Ciharalang Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Nasib malang dialami dua warga Desa Ciharalang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, yang mengalami luka bakar. Warga bernama Karman (81) dan Nanang...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya