Minggu, Februari 25, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Pelanggar Tak Pakai Masker di Ciamis Dapat Sanksi Masuk Ambulans

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Ciamis (Djavatoday.com),- Seorang pemuda di Ciamis, Jawa Barat, harus rela masuk dan tidur di atas blankar mobil ambulans. Ia kedapatan melanggar protokol kesehatan dengan tidak pakai masker saat ada operasi yustisi di sekitar simpang Pasar Manis-Koramil Ciamis.

Petugas melakukan hal tersebut supaya pemuda tersebut jera. Karena sudah kedapatan beberapa kali saat beraktivitas tidak memakai masker. Berbagai cara dilakukan para petugas operasi yustisi dalam memberikan edukasi kepada masarakat akan pentingnya protokol kesehatan saat pandemi COVID-19.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Ciamis mengapresiasi para petugas di lapangan yang tak henti-hentinya mengedukasi masyarakat. Sanksi sosial yang diberikan itu sah-sah saja, dalam rangka mendisiplinkan masyarakat. Ia pun tak menghendaki petugas memberikan sanksi denda kepada masyarakat.

“Jadi kalau ada yang melanggar protokol kesehatan, terutama yang tak pakai masker berikan edukasi. Sanksi sosial, tapi jangan memberikan sanksi denda,” ujar Herdiat di Pendopo Ciamis, Selasa (29/9/2020).

Petugas operasi yustisi dalam memberikan sanksi sosial dengan berbagai cara, mulai dari push up, sit up, membacakan surat-surat pendek, membaca pancasila dan lainnya. Itu dalam rangka menyadarkan masyarakat.

“Memang operasi yustisi ini membuat peningkatan kesadaran masyarakat menaati protokol kesehatan. Tapi tetap saja ada yang membandel. Padahal saat ini angka Covid-19 di Ciamis terus mengalami peningkatan,” tegasnya.

Herdiat mengingatkan masyarakat untuk tidak menganggap enteng masalah Covid-19. Agar semua sehat dan selamat, protokol kesehatan 3M harus tetap dijalankan. Mencuci tangan pakai sabun, memakai masker dan menjaga jarak.

Berdasarkan data dari Gugus Tugas Covid-19 Ciamis, jumlah terkonfirmasi positif sebanyak 81 orang, 32 diantaranya melakukan isolasi mandiri. 5 orang meninggal dan 5 orang dirawat.

“Sekali lagi saya ingatkan warga harus taati protokol kesehatan, pakai masker saat beraktivitas itu paling penting,” pungkasnya. (CN/Djavatoday)

Simak! Jadwal 5 Tradisi Jelang Ramadan 2024 di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bulan Ramadan tinggal beberapa hari lagi. Menjelang Bulan Ramadan, ada berbagai tradisi budaya yang biasa digelar masyarakat Tatar Galuh Ciamis. Biasanya...

Dispar Ciamis Berlakukan Penyesuaian Tarif Tiket Masuk 4 Obyek Wisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Ciamis akan memberlakukan penyesuaian tarif tiket masuk di obyek wisata yang dikelola Pemkab Ciamis. Penyesuaian tarif itu...

Hadiri Kuliah Umum, Wabup Yana: STIKes Muhammadiyah Ciamis Berkontribusi Tingkatkan IPM

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menghadiri kegiatan kuliah umum di STIKes Muhammadiyah, Sabtu (24/2/2024). Yana menyebut STIKes Muhammadiyah menjadi pilar...

Cerita Jembatan Cilokat di Buniseuri Ciamis yang Angker

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jembatan Cilokat di Jalan Raya Ciamis-Kawali, tepatnya di Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, dikenal angker. Konon di jembatan tersebut kerap terdengar suara...

Terpopuler

Lainnya