Senin, Juni 17, 2024

Musim Kemarau, Debit Air di Sungai Citanduy di Banjar Menyusut

Berita Banjar (Djavatoday.com),- Musim kemarau baru berlangsung beberapa pekan ini, namun dampaknya sudah terasa. Seperti Sungai Citanduy yang kini mulai menyusut, debit airnya terus berkurang.

Seperti yang terlihat di sekitar Bendung Dobo Sungai Citanduy, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar Jawa Barat, Senin (28/8/2023). Debit airnya kini hanya sekitar 14 m3 per detik. Padahal kondisi normal bisa mencapai 292 m3 per detik.

Akibatnya, kini batuan cadas pada dasar Sungai Citanduy sekitar Bendung Dobo kini nampak terlihat. Debit air yang kecil membuat sebagian aliran sungai menyusut.

Dengan kondisi itu, warga memanfaatkan Sungai Citanduy yang menyusut dengan beragam aktivitas. Mulai dari memancing, menangkap ikan dengan jala hingga dipakai berenang.

Warga Banjar Cahyadi menyebut Sungai Citanduy terlihat mulai menyusut beberapa hari lalu sejak musim kemarau. Semakin hari, dasar Sungai Citanduy terlihat karena kurangnya debit air.

“Ya memang kalau musim kemarau kondisi di Sungai Citanduy di sini pasti surut di sebelah sisi Bendung Dobo. Kalau kondisinya seperti ini banyak warga yang mancing dan cari ikan, ada juga anak-anak berenang,” ungkapnya.

Sementara itu, Rahmat, Humas Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy, membenarkan sejak beberapa hari lalu kondisi debit air Sungai Citanduy menyusut akibat kemarau.

Kondisi tinggi air yang ada pada sungai Citanduy beberapa hari ini sesuai dengan pantauan alat ukur yang terpasang di Pataruman debitnya sekitar 14 m3/detik. Sedangkan untuk kondisi normal debitnya sekitar 292 m3/detik.

Panjang Sungai Citanduy sekitar 180 kilometer. Menjadi sungai yang terbesar yang ada di wilayah Priangan Timur. Sungai Citanduy dimanfaatkan untuk air bagi untuk 12 daerah.

“Sungai Citanduy biasa dimanfaatkan untuk air baku, Irigasi dan peternakan. Secara administrasi Pemerintahan, wilayah Sungai Citanduy terdiri dari 10 kabupaten dan 2 kota. Namun untuk sekarang dampak musim kemarau, debit air Sungai Citanduy menyusut sekitar 14 m3 per detik,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, BB 1% MC Southern Chapter Upacara dan Tabur Bunga

Berita Banjar (Djavatoday.com),- Anggota Bikers Brotherhood 1% MC Indonesia Southern Chapter punya cara tersendiri dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Mereka menggelar doa dan menabur...

Bule Amerika yang Bunuh Mertua di Banjar Divonis 16 Tahun Bui

Berita Banjar (Djavatoday.com),- Arthur Leigh Welohr (35), bule asal Amerika Serikat yang membunuh mertuanya bernama Agus Sopiyan (58) divonis 16 tahun penjara. Sidang putusan...

Granat dan Peluru Ditemukan di Dasar Kolam Ikan Banjar

Berita Banjar (Djavatoday.com),- Warga Lingkungan Sumanding Wetan, Kelurahan Mekarsari, Kota Banjar, Jawa Barat, menemukan granat nanas dan sejumlah peluru di dasar kolam ikan, Sabtu...

Penemuan Mayat Terbungkus Selimut Gegerkan Warga Banjar

Berita Banjar (Djavatoday.com),- Warga Desa Neglasari, Kecamatan Banjar, Kota Banjar, digegerkan dengan penemuan mayat di pinggir tebing Jalan Raya Banjar-Cimaragas, Minggu (25/2/2024). Mayat tanpa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya