Senin, Mei 20, 2024

Pergeseran Tanah di Ciamis Masih Aktif, Rumah Ojo Kini Ambruk

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pergeseran tanah di Desa Saguling, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat masih aktif dan terus terjadi. Akibatnya 1 rumah yang tadinya kondisi retak kini sudah ambruk nyaris rata dengan tanah.

Rumah milik Ojo itu ambruk pada Senin (8/5/2023). Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun Ojo kini sudah tidak lagi punya rumah. Kini Ojo bersama 4 kepala keluarga lainnya mengungsi sampai waktu yang belum dipastikan.

Hujan deras yang terus mengguyur wilayah Ciamis setiap sore membuat tanah labil hingga terjadi pergeseran hingga lebar 1 meter.

“Kondisi pergeseran tanah masih terus terjadi. Rumah milik pak Ojo sekarang sudah ambruk. Ada 7 rumah lain yang sekarang juga terancam,” ujar Sakri, Kepala Dusun Kelewih, Selasa (9/5/2023).

Saat ini jumlah warga yang terdampak akibat bencana pergerakan tanah itu ada 33 jiwa dari 11 kepala keluarga. Sebanyak 4 kepala keluarga sudah mengungsi, sedangkan sisanya masih bertahan meski masih dihantui rasa was-was.

Baca Juga: TNI-Polri Ciamis Tinjau Lokasi Bencana Tanah Bergerak di Saguling

“Hujan terus setiap hari jadi pergeseran tanah masih terus terjadi sampai sekarang. Apalagi kemarin kondisi listrik sempat mati,” jelasnya.

Sakri mengatakan rumah yang terdampak pergerakan tanah itu sudah seharusnya direlokasi ke tempat lain yang lebih aman. Mengingat kondisi sekarang sudah semakin parah dan masih bergeser.

“Memang harus ada relokasi. Karena lokasi ini sudah tidak cocok jadi tempat tinggal,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Anggota Polres Ciamis Dites Urine, Kedapatan Pakai Narkoba Akan Disanksi Berat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Anggota Polres Ciamis menjalani tes urine, Senin (20/5/2024). Tes urine tersebut digelar oleh Satuan Reserse Narkoba Polres Ciamis Polda Jabar. Semua...

Jelang Kejuaraan Sepakbola Dandim Ciamis Cup 2024, Kecamatan Baregbeg Seleksi Pemain

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang kejuaraan sepakbola Dandim Ciamis Cup 2024, Pemerintah Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis melakukan seleksi pemain. Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Desa...

Pj Bupati Ciamis Ajak Masyarakat Gotong Royong Tangani Stunting

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna mengajak masyarakat gotong royong menangani stunting. Hal itu Engkus sampaikan saat meresmikan Gedung Posyandu Bunga Mawar...

Pj Bupati Ciamis Ingatkan Peran Penting Satpol PP dan Linmas Sukseskan Pilkada 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna mengingatkan peran penting Satpol PP dan Linmas untuk kesuksesan Pilkada 2024. Dua lembaga ini menjadi ujung...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya