Selasa, Juni 25, 2024

Tetap Disiplin dan Fokus Saat WFH, Begini Tipsnya!

Pada saat pandemi seperti sekarang, banyak perusahaan yang memberlakukan sistem WFH (Work From Home). Hal ini memungkinkan karyawan untuk bekerja secara sistem remote. Lantas bagaimana caranya agar kita tetap disiplin dan fokus saat WFH?

Seperti yang kita tahu, bahwa sistem WFH memang dirasa fleksibel dengan memiliki beberapa keuntungan. Sebut saja masalah pengeluaran. Bekerja di rumah dapat menghemat biaya makan dan biaya transportasi yang biasanya dikeluarkan. Selain itu seringkali pakaian yang dipakai bisa disesuaikan dengan keinginan, terkecuali memang saat melakukan meeting.

5 Tips Agar Tetap Disiplin dan Fokus Saat WFH

  • Siapkan tempat khusus

Meskipun bekerja di rumah, kamu harus mempunyai tempat khusus agar kamu bisa tetap produktif bekerja.  

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan meja kerja dan memikirkan letak dimana seharusnya kamu bekerja agar pikiranmu bisa tetap fokus untuk bekerja.

Jika tidak memikirkan hal ini, kamu akan cenderung bekerja dimana saja, seperti di kamar tidur, di sofa, di ruang tamu dll. Hal ini akan membuat kamu tidak bisa bekerja secara konsisten.

Bekerja di sembarang tempat juga dapat membuatmu tubuhmu pegal-pegal dan lebih mudah mengantuk sehingga dapat menurunkan produktivitasmu dalam bekerja.

  • Buat jadwal kerja yang pasti

Walaupun bekerja di rumah, tapi alangkah lebih baiknya jika kita menerapkan jadwal kerja kita di kantor seperti biasanya. Hal ini akan menumbuhkan sikap disiplin dalam bekerja.

Jangan mempunyai anggapan bahwa dengan bekerja di rumah, kamu juga bebas menentukan jadwal kerjamu. Kalau kamu terus-menerus melakukan itu, kamu akan menjadi pribadi yang suka menunda-nunda pekerjaan.

  • Ruangan kerja harus tetap rapi

Ciptakan suasana ruangan kerja yang sama walaupun sekarang ini kamu bekerja di rumah. Ruangan kerja yang rapi dan bersih akan membuat kamu semakin nyaman bekerja. Jangan lupa juga untuk membuat catatan-catatan kecil supaya kamu tidak lupa urutan pekerjaan atau hal-hal penting yang harus kamu kerjakan.

  • Jaga komunikasi dengan sesama rekan kerja maupun atasan

Meski tak seintens saat bekerja di kantor, komunikasi dengan sesama rekan kerja maupun atasan perlu dijaga saat kamu melaksanakan WFH. Komunikasi yang baik sebenarnya dapat membuat pekerjaan kita terasa lebih mudah.

  • Jadwalkan online meeting secara berkala

Online meeting bertujuan untuk melakukan evaluasi dan monitoring terkait sejauh mana pekerjaan yang sudah dilakukan. Online meeting yang dilakukan secara berkala juga bertujuan untuk mengukur kemampuan diri dalam bekerja saat WFH.

Baca juga : Bahaya Memaksakan Diri Bekerja di Akhir Pekan

Itulah beberapa tips yang dapat membuatmu tetap disiplin dan fokus saat menjalani WFH. Selama menjalani WFH, pastikan agar badanmu juga selalu dalam kondisi fit dan hindari stress yang bisa menurunkan produktivitasmu.

3 Doa untuk Ibu Hamil dalam Agama Islam Lengkap dengan Artinya

Doa untuk ibu hamil diperlukan agar kondisi ibu dan janin bisa baik-baik saja sampai nanti melahirkan. Apalagi kita sebagai umat beragama yang tentunya harus...

Rekomendasi Outfit Nonton Konser Musik agar Terlihat Kece dan Stylish

Rekomendasi outfit nonton konser kali ada banyak sekali, loh. Nantinya kamu bisa memilih outfit mana yang cocok untuk acara konser. Konser musik juga memiliki...

5 Tips Packing Baju di Koper Agar Hemat Ruang dan Tak Mudah Kusut

Tips packing baju berikut ini akan memudahkan kamu dalam menata pakaian agar tetap rapi dan mudah dicari. Supaya tidak berantakan, kamu harus mengetahui tips...

5 Dampak Terlalu Sering Mengikat Rambut, Bisa Menyebabkan Kerontokan

Terlalu sering mengikat rambut tidak semata-mata menyebabkan kerontokan, melainkan ada berbagai risiko yang bisa kapan saja terjadi. Apalagi jika kamu mengikatnya dengan kencang dalam...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya