Minggu, Februari 25, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Cara Menenangkan Hati dan Pikiran yang Kalut

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Setiap orang pasti pernah mengalami fase terendah dalam hidupnya. Di dalam fase terendah ini, tak jarang seseorang mengalami depresi dan frustasi. Ia jadi kehilangan semangat hidup dan tidak tahu harus berbuat apa lagi. Lalu bagaimana cara menenangkan hati dan pikiran yang kalut saat seseorang berada dalam fase ini?

Biasanya kejadian ini terjadi akibat adanya permasalahan baik itu dalam hal pekerjaan, keluarga, kisah cinta dan lain sebagainya. Sebenarnya, masalah ini bukanlah sesuatu yang buruk melainkan merupakan bagian dari proses pendewasaan. Tetapi karena kondisi emosi yang tidak stabil, seringkali masalah ini menyebabkan mental dan kondisi fisikmu menjadi down.

8 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran

Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Boleh jadi masalah yang kamu hadapi sekarang adalah bentuk teguran karena kamu semakin jauh dari Rabbmu sendiri.

Dalam Al Quran, Allah SWT berfirman :

“Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar.” (Q.S Al Baqarah : 153)

Sebagaimana bunyi ayat Al-Quran di atas, jika kamu mendapat suatu permasalahan maka kamu harus tetap bersabar dan mendirikanlah sholat. Kamu harus lebih mendekatkan diri dengan Allah SWT dengan menggiatkan ibadah. Jangan sampai ketika kamu tertimpa masalah, kamu malah berlari pada hal-hal yang dibenci oleh Allah SWT.

  • Tetaplah berpikir positif

Berpikir positif ketika mengalami suatu permasalahan memang tidak mudah. Tapi yakinlah setiap permasalahan yang kamu alami sejatinya mempunyai tujuan tersendiri.

Misalnya saja ketika kamu di PHK. Secara logika, kamu pasti akan menganggap bahwa ini adalah kabar buruk. Tapi bisa jadi di mata Allah SWT, PHK yang kamu alami mempunyai tujuan untuk kebaikan dirimu sendiri.

Mungkin selama ini kamu bekerja di kantor terlalu berlebihan sehingga tidak mempunyai waktu untuk keluargamu sendiri, atau bisa juga lingkungan kantor menjadikan kamu seseorang yang jauh dari agama. Maka dari itu, Allah SWT menakdirkan kamu untuk di-PHK.

Yakinlah setiap permasalahan yang kamu hadapi memiliki hikmah tersendiri dan teruslah berbaik sangka kepada Allah SWT atas semua cobaan yang menimpamu.

  • Carilah teman untuk sharing

Jika kamu memerlukan seseorang untuk diajak sharing maka carilah seorang teman yang memiliki karakter bijaksana dan lebih dewasa dibanding dirimu sendiri. Biasanya seorang teman yang lebih dewasa bisa memberi kamu nasehat yang baik dan juga memberikan saran atas permasalahan yang saat ini kamu hadapi.

Memaafkan diri sendiri

Berhentilah untuk terus menyalahkan dirimu sendiri atas permasalahan yang saat ini kamu hadapi. Semua orang wajar melakukan kesalahan. Yang terpenting adalah bagaimana caranya supaya kamu bangkit kembali.

Ikhlaskanlah semua kejadian buruk yang menimpamu selama ini. Tetaplah optimis dan bangunlah kepercayaan diri yang lebih baik lagi.

  • Olahraga dan makan makanan yang sehat

Ketika kamu mengalami suatu permasalahan, kamu cenderung mengabaikan kesehatan fisikmu sendiri. Jangan lakukan hal seperti ini karena hal ini akan membuat kamu kehilangan semangat dan semakin terpuruk dalam permasalahan.

Mulailah untuk mencintai dirimu sendiri dengan merutinkan olahraga dan memakan makanan yang sehat. Ingatlah, fisik yang sehat akan membuat kondisi mental dan moodmu menjadi lebih baik.

  • Rehat sejenak dari rutinitas

Jika kamu seorang pecinta alam, tak ada salahnya jika kamu keluar dan menikmati liburan sejenak untuk menenangkan pikiranmu.

Carilah tempat yang memberikan kesan rileks dan nyaman saat kamu berkunjung kesana.

  • Melakukan hobi yang disenangi

Dengan melakukan hobi yang disenangi perlahan kamu akan lupa dengan masalahmu. Selain itu melalui hobi, terkadang kita juga bisa berkenalan dengan teman dan lingkungan yang baru.

  • Bersedekah

Sedekah bisa membuka pintu rezeki. Ini bisa jadi salah satu bentuk ikhtiar kita untuk kembali bangkit dari keterpurukan. Sedekah juga mendatangkan kebahagiaan bagi orang lain. Yakinlah jika kamu senantiasa bersedekah, Allah SWT akan mendatangkan rezeki yang tak terduga-duga kepadamu.

Baca juga : Hal-Hal yang Harus Kamu Persiapkan Saat Interview Online

5 Cara Mengatasi Kulit Kusam Menggunakan Bahan Alami

Cara mengatasi kulit kusam bisa juga kamu lakukan dengan memanfaatkan bahan alami, loh. Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang tak luput dari perhatian...

Cara Menenangkan Bayi yang Menangis, Moms Harus Tahu!

Bayi yang menangis bisa saja disebabkan oleh faktor lapar, haus, popok terasa penuh, mengantuk, atau suasana yang membuat ia merasa takut. Penting bagi Moms...

6 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Pacar Kamu Tiba-tiba Ilfeel

Pacar kamu tiba-tiba ilfeel bisa jadi karena kamu telah memperlihatkan sesuatu yang buruk tanpa disadari. Seiring berjalannya waktu, ada kebiasaan-kebiasaan yang tak lagi bisa...

5 Rekomendasi Kado Valentine, Beri Kesan untuk Orang Tersayang

Rekomendasi kado valentine harus banget nih mulai kamu persiapkan. Pasalnya tanggal 14 Februari atau hari valentine sudah tinggal hitungan hari. Jangan sampai kamu melewatkan...

Terpopuler

Lainnya