Senin, Juli 15, 2024

5 Dampak Terlalu Sering Mengikat Rambut, Bisa Menyebabkan Kerontokan

Terlalu sering mengikat rambut tidak semata-mata menyebabkan kerontokan, melainkan ada berbagai risiko yang bisa kapan saja terjadi. Apalagi jika kamu mengikatnya dengan kencang dalam kurun waktu yang lama.

Mengikat rambut merupakan cara praktis untuk mendapatkan kenyamanan saat beraktivitas, apalagi bagi kamu yang memiliki rambut panjang. Selain membuat kamu lebih mudah dalam berkegiatan, mengikat rambut juga bikin penampilan kamu lebih rapi dan nyaman dilihat. Namun sebaliknya, kebiasaan menguncir rambut dapat menyebabkan dampak buruk yang berpengaruh terhadap kesehatan.

Terlalu Sering Mengikat Rambut, Berikut Dampak Negatifnya!

Sesekali mengikat rambut memang diperbolehkan, terutama jika tujuannya untuk memudahkan kamu dalam melakukan pekerjaan. Namun, beberapa orang memilih mengikat rambut setiap hari dengan alasan gerah, panas, atau karena rambut terlihat lepek. Padahal, mengikat rambut dapat memicu kerusakan bahkan berpengaruh buruk terhadap kesehatan. Penasaran apa saja dampak negatifnya? Simak penjelasannya!

Menyebabkan kerontokan

Terlalu sering mengikat rambut dapat menyebabkan kerontokan karena setiap helai rambut akan lebih rapuh apabila terbiasa di kuncir. Saat rambut ditarik dengan kencang secara terus menerus, maka akibatnya adalah stres dan trauma folikel yang dapat menyebabkan rambut rontok sementara. Hal ini akan menghambat pertumbuhan rambut bahkan berisiko kebotakan pada area tertentu di kepala.

Rambut mudah patah

Terlalu sering mengikat rambut bisa juga menjadi faktor penghambat peredaran darah dan oksigen. Tekanan kuat yang berasal dari ikat rambut membuatnya mudah patah dan rentan mengalami kerusakan. Terutama bagi kamu yang memiliki rambut cenderung kering. Cobalah untuk membiarkannya tergerai beberapa saat.

Memicu sakit kepala

Saraf pada kulit kepala akan ikut tertarik setiap kali kamu mengikat rambut. Jika rambutmu terus-terusan diikat, akan terjadi refleks pada saraf tersebut yang dapat menyebabkan sakit kepala. Kadang pula kamu akan merasa pusing akibat terhambatnya sirkulasi pada kulit kepala dan peredaran darah yang kurang lancar.

Kulit wajah meregang

Orang yang memiliki kebiasaan menguncir rambut cenderung mengalami penuaan. Hal itu terjadi karena rambut yang diikat kencang setiap hari, sehingga kulit wajah pun menjadi tegang. Nantinya, kulit wajah akan meregang bahkan kehilangan elastisitasnya. 

Menyebabkan ketombe dan gatal

Dampak negatif terlalu sering mengikat rambut selanjutnya adalah menyebabkan ketombe dan gatal. Sebab, pada saat rambut terikat, sirkulasinya menjadi rapat. Hal inilah yang memicu timbulnya ketombe sekaligus membuat kulit kepala kamu lebih mudah gatal.

Itu dia 5 dampak negatif terlalu sering mengingat rambut yang harus kamu ketahui dan waspadai! Biasakan untuk tidak keseringan menguncirnya, apalagi dengan ikatan yang kuat. Sayangi rambutmu dengan mencoba meninggalkan hal-hal yang membuatnya mudah mengalami kerusakan. Jangan lupa rawat rambutmu dengan baik supaya tampak sehat dan cantik. Semoga membantu! (Karin/Djavatoday)

16 Kepribadian Manusia Sesuai MBTI, Cari Tahu Tipemu Yuk!

Kepribadian manusia sesuai MBTI bisa kamu tes melalui website resmi. Saat ini banyak situs yang menyediakan tes kepribadian MBTI secara gratis, loh. Namun pada...

5 Hal yang Harus disiapkan Sebelum Memasuki Dunia Kerja

Memasuki dunia kerja merupakan bagian dalam merasakan seberapa pahit dan manisnya lingkungan yang sedang digeluti. Memiliki karier yang melejit dan penghasilan yang subsisten tentunya...

5 Peralatan Dapur Multifungsi yang Harus Kamu Punya di Rumah

Peralatan dapur multifungsi ini dapat memudahkan kegiatan memasak bahkan mempersingkat waktu. Bagi sebagian orang, memasak bukan hanya kegiatan rumahan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan...

5 Tips Mengubah Tampilan Dapur Menjadi Lebih Rapi dan Elegan

Mengubah tampilan dapur menjadi lebih bersih dan nyaman bukan hanya diperuntukkan kepada apartemen atau rumah dengan desain yang mewah. Dapur minimalis bahkan sempit pun...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya