Senin, Juni 17, 2024

Tips Memilih Mangga yang Matang, Manis, dan Segar

Tips memilih mangga dilakukan agar kamu bisa mendapatkan mangga terbaik, entah itu dari segi rasa, tekstur, ukuran, atau yang lainnya. Mangga menjadi salah satu buah yang tersebar di seluruh belahan Indonesia. Keberadaannya yang mudah ditemukan membuat mangga menjadi buah yang banyak digemari oleh orang-orang.

Namun tahukah kamu bagaimana cara yang benar dalam memilih mangga? Buah mangga memiliki berbagai macam jenis. Bahkan setiap jenisnya memiliki ciri khas rasanya masing-masing. Apapun jenis mangganya, kamu tentu menginginkan mangga dengan kualitas yang baik. Untuk itu maka kamu perlu jeli dalam memilih buah yang satu ini.

5 Tips Memilih Mangga

Berikut beberapa tips memilih mangga agar kamu bisa mendapatkan mangga yang manis dan segar.

Perhatikan warna mangga

Tips memilih mangga yang pertama adalah dengan melihat warnanya. Pilihlah mangga yang kulitnya memiliki warna yang rata. Warna kulit yang tidak rata biasanya mencirikan bahwa mangga tersebut belum matang merata.

Jangan tertipu dengan kulit buah mangga yang berwarna hijau. Sebab, warna kulit mangga terkadang dapat menipu rasa. Tak jarang juga terdapat bintik cokelat pada kulit mangga, namun hal tersebut normal karena bisa jadi itu adalah getah yang sudah mengering.

Hindari buah mangga yang terlihat keriput

Untuk mendapatkan buah mangga yang segar maka sebaiknya hindarilah mangga yang terlihat keriput. Kulit mangga yang keriput biasanya terjadi karena buah mangga terlalu matang. Mangga yang terlalu matang akan bertekstur lebih lembek dari mangga biasanya.

Cium aromanya

Tips memilih mangga yang berikutnya yaitu dengan mencium aroma buah mangga. Caranya cukup dengan mendekatkan bagian atas mangga ke hidung dan hiruplah aromanya. Buah mangga yang sudah matang memiliki aroma yang khas dan harum serta cenderung mengeluarkan getah.

Sebaliknya, buah mangga yang mengeluarkan aroma asam biasanya menandakan bahwa mangga tersebut terlalu matang. Adapun mangga yang tidak menimbulkan aroma apapun menandakan mangga tersebut belum matang.

Bagian atasnya menggembung

Jika kamu perhatikan dengan seksama, mangga yang matang biasanya berbentuk kembung di bagian atasnya. Hal ini terjadi karena mangga yang matang memiliki kandungan air yang lebih banyak. Jadi buah mangga yang matang cenderung memiliki bentuk yang lebih oval.

Selain itu, kamu juga bisa mengecek bagian batang mangga. Pilihlah buah mangga yang batangnya tertutup kembali atau tidak ada bekas guntingan. Kondisi ini menunjukkan bahwa mangga matang di pohon dan tidak digunting saat dipetik.

Perhatikan teksturnya

Tips memilih mangga yang terakhir yaitu dengan memperhatikan tekstur buah mangga. Buah mangga yang matang ditandai dengan teksturnya yang lembut namun tidak terlalu lembek. Jika mangga bertekstur lembek maka hal tersebut menandakan bahwa buah terlalu matang. Buah mangga yang terlalu matang akan terasa kurang enak dimakan dan terasa pahit.

Itulah tips memilih mangga yang manis dan segar. Jangan salah pilih lagi, ya. (Ume/Djavatoday)

Resep Ikan Bakar yang Harus Kamu Coba, dijamin Gurih dan Bikin Nagih!

Resep ikan bakar di bawah ini bisa bikin kamu merasakan sensasi nikmatnya makan ikan yang gurih di luar, tapi lembut di dalam. Menu ini...

Domba Lawu Karanganyar, Surga Playground Penuh Keceriaan!

Domba Lawu Karanganyar merupakan sebuah restoran yang memiliki konsep wisata keluarga dengan playgorund yang beragam sebagai daya tarik utamanya. Dengan mengunjungi tempat ini, kamu dan keluarga bisa berlibur dengan nyaman karena bisa kulineran sembari menikmati udara sejuk Lawu. Anak-anak pun bisa tetap ceria karena banyaknya jenis permainan di area playground dan domba-domba lucu yang bisa menjadi bahan edukatif.

Resep Sawi Gulung Daging Ayam, Praktis dan Mudah Dibuat

Resep sawi gulung daging ayam kali ini wajib banget kamu recook di rumah. Selain praktis, menu ini juga tidak membutuhkan waktu yang lama untuk...

Pedas Nampol Seblak Bangsat Seuhah yang Viral di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seblak adalah jajanan yang berasal dari Jawa Barat yang saat ini diminati banyak kalangan. Warung Seblak Bangsat Seuhah di Ciamis kini...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya