Senin, April 15, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Resep Ayam Cili Padi, Pedasnya Nampol!

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Bosan dengan olahan ayam yang hanya digoreng biasa-biasa saja? Ayam cili padi solusinya! Makanan khas Melayu dengan bumbu istimewa yang kaya akan rempah-rempah. Kamu bisa coba memasak hidangan ini untuk berkreasi sekaligus memanjakan lidah.

Ayam cili padi memiliki cita rasa yang gurih, pedas sekaligus asam. Cili padi atau yang biasa kita sebut cabai rawit menjadi bahan utamanya. Menu yang sedang viral ini sangat direkomendasikan untuk kaum-kaum pencinta pedas karena rasanya yang benar-benar nampol.

Ayam cili padi yang sedang seliweran di beranda media sosialmu gampang lho, cara bikinnya. Segar dan juga bikin mata melek dengan rasa pedas yang menjadi karakteristik menu viral yang sedang wara-wiri ini. Jangan sampai ketinggalan, sob!

Ayam Cili Padi Pedas Nampol dan Bikin Nagih, Begini Cara Membuatnya

Berikut merupakan bahan-bahan beserta langkah untuk membuat salah satu menu harian dengan rasa pedas sebagai ciri khasnya. Ikuti step-stepnya yuk!

Bahan-bahan

500 gram daging ayam

Untuk marinasi:

2 siung bawang putih yang sudah dihaluskan

½ sendok makan garam

Setengah sendok makan ketumbar bubuk

½ sendok makan lada bubuk

Setengah sendok teh baking powder

3 sendok makan tepung maizena

Untuk bumbu:

Segenggam cabai rawit merah

2 genggam cabai rawit hijau

8 siung bawang merah

5 siung bawang putih

2 sendok makan air asam jawa

½ sendok teh garam

Setengah sendok teh lada 

½ sendok teh kaldu bubuk

Cara membuat

Step pertama, marinasi ayam dengan bawang putih yang sudah dihaluskan. Tambahkan garam, ketumbar bubuk, dan lada bubuk.

Masukkan baking powder dan tepung maizena, lalu aduk-aduk dengan sedikit menekan menggunakan tangan. Diamkan sekitar lima belas menit hingga bumbunya benar-benar meresap.

Step berikutnya adalah membuat bumbu. Kamu bisa memasukkan bahan-bahannya ke dalam chopper, kemudian giling kasar. 

Siapkan wajan yang sudah dituang minyak. Setelah panas, goreng ayam dengan api sedang hingga kecokelatan. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.

Tumis bumbu yang sudah di chopper kasar tadi menggunakan api kecil hingga harum. Masukkan dua sendok makan air asam jawa. Lalu tambahkan pula garam, lada dan kaldu bubuk, masing-masing ½ sendok teh. Aduk sampai bumbunya tercampur.

Masukkan ayam goreng yang sudah ditiriskan, aduk kembali hingga semua ayamnya menyatu dengan bumbu.

Terakhir, sajikan di atas piring dan ayam cili padi siap disantap! 

Itu dia resep ayam cili padi yang banyak diperbincangkan warganet. Pasti bikin ketagihan, kamu wajib banget cobain resepnya. Rasanya enak dan juga yang paling penting, bikinnya gampang!

Ayam cili padi bisa kamu jadikan menu andalan yang dihidangkan bareng nasi hangat, timun, kerupuk, pokoknya paket lengkap banget deh! (Karin/Djavatoday)

Dari Nastar Hingga Kue Salju, Ini Dia Macam-macam Kue Lebaran yang Paling Populer!

Macam-macam kue lebaran yang berjejer di atas meja memang sudah menjadi pemandangan khas hari raya yang tak boleh terlewati. Beragam jenis kue telah hadir...

3 Resep Olahan Alpukat, Bisa untuk Takjil Buka Puasa!

Resep olahan alpukat bisa menjadi alternatif pilihan untuk Anda yang sudah bingung ingin membuat takjil buka puasa. Alpukat merupakan buah yang kaya akan kandungan...

Rekomendasi Restoran BBQ AYCE Tasikmalaya yang Pas di Kantong

Hallo good people. Siapa nih yang belum pernah nyobain barbeque (BBQ) All You Can Eat (AYCE) ? ada nih restoran BBQ AYCE Tasikmalaya yang...

Cara Simpel Membuat Dimsum Ayam yang Lezat dan Gurih

Membuat dimsum ayam adalah ide cemerlang untuk moms yang lagi kepingin camilan mengenyangkan tapi tetap irit pengeluaran. Harga dimsum yang dijual matang memang sedikit...

Terpopuler

Lainnya