Minggu, April 14, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

7 Sayur untuk Lalapan yang Enak, Cocok untuk Pendamping Sambal!

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Sayur untuk lalapan gak bisa sembarangan kamu pilih, loh. Sebab, ada beberapa sayur yang gak cocok dijadikan untuk lalapan. Seperti yang kita tahu, lalapan merupakan sayur-sayuran yang dimakan dengan cara dicocol dengan sambal. Beberapa bahkan memakannya dalam keadaan mentah.

Indonesia adalah negara yang subur, jadi gak salah kalau masyarakatnya gemar mengkonsumsi sayuran. Bahkan sebagian orang merasa bahwa lalapan adalah hal wajib yang gak boleh terlewat saat makan. Buat kamu yang suka lalapan, kita rekomendasiin nih jenis sayuran yang enak untuk dijadikan sebagai lalapan.

Sayur untuk Lalapan

Berikut sayur untuk lalapan yang enak dijadikan sebagai pendamping sambal dan lauk.

Selada

Sayur yang pertama ada selada. Sayur yang satu ini wajib banget ada di setiap menu lalapan. Selada memiliki tampilan yang hijau dan segar, sama seperti rasanya. Selada juga memiliki banyak kandungan protein seperti vitamin C, vitamin K, vitamin A, zat besi, dan masih banyak lagi. Kandungan-kandungan tersebut sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Timun

Kalau ada selada pasti ada timun di setiap lapapan. Dua sayuran ini seolah menjadi bagian tak terpisahkan di dalam menu yang ada lalapannya. Timun memiliki kandungan air yang cukup banyak. Hal ini membuatnya sangat cocok untuk menyegarkan dan meredam rasa peda pada sambal.

Kol

Sayur yang berikutnya yaitu kol. Sayuran ini juga menjadi pelengkap menu lapapan. Rasanya tak lengkap jika lalapanmu tidak ada kolnya. Kol memiliki beberapa jenis yaitu kol merah keunguan dan kol putih. Biasanya untuk menu lalapan digunakan kol putih yang segar dan sehat.

Daun kemangi

Daun kemangi merupakan daun yang memiliki aroma wangi. Banyak digunakan untuk olahan masakan di Indonesia. Selain cocok dijadikan sebagai bumbu masakan, daun kemangi ini juga bisa kamu jadikan sebagai lalapan. Daun kemangi memiliki kandungan antiseptik yang dapat mencegah sariawan dan menghilangkan bau mulut.

Kubis

Kubis juga cocok nih kamu jadikan sebagai lalapan. Kamu bisa nikmati dalam keadaan mentah atau diolah terlebih dahulu. Sebagai lalapan yang dimasak, kamu bisa menggoreng atau merebusnya. Sayangnya kubis tidak dianjurkan dinikmati oleh penderita asam lambung karena memiliki kandungan gas di dalamnya.

Petai

Kalau kamu suka dengan sayuran yang satu ini, cobain deh untuk menjadikannya sebagai lalapan. Kamu bisa mengkonsuminya dalam keadaan mentah, digoreng, ataupun dibakar. Semuanya sama enaknya tergantung selera.

Buncis

Sayur yang terakhir yaitu buncis. Sayuran ini memiliki tekstur yang renyah sehingga cocok untuk kamu jadikan sebagai lalapan. Kamu bisa mencoba buncis dalam keadaan mentah untuk dijadikan lalapan. Buncis kaya akan serat, vitamin K, vitamin C, dan juga folat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pencernaan.

Sayur untuk lalapan di atas bisa kamu dapatkan dengan harga yang murah meriah. Menikmati sambal dan aneka masakan seperti ayam goreng, ayam penyet, ikan bakar, dan lainnya akan lebih sedap dengan lalapan di atas. (Ume/Djavatoday)

Dari Nastar Hingga Kue Salju, Ini Dia Macam-macam Kue Lebaran yang Paling Populer!

Macam-macam kue lebaran yang berjejer di atas meja memang sudah menjadi pemandangan khas hari raya yang tak boleh terlewati. Beragam jenis kue telah hadir...

3 Resep Olahan Alpukat, Bisa untuk Takjil Buka Puasa!

Resep olahan alpukat bisa menjadi alternatif pilihan untuk Anda yang sudah bingung ingin membuat takjil buka puasa. Alpukat merupakan buah yang kaya akan kandungan...

Rekomendasi Restoran BBQ AYCE Tasikmalaya yang Pas di Kantong

Hallo good people. Siapa nih yang belum pernah nyobain barbeque (BBQ) All You Can Eat (AYCE) ? ada nih restoran BBQ AYCE Tasikmalaya yang...

Cara Simpel Membuat Dimsum Ayam yang Lezat dan Gurih

Membuat dimsum ayam adalah ide cemerlang untuk moms yang lagi kepingin camilan mengenyangkan tapi tetap irit pengeluaran. Harga dimsum yang dijual matang memang sedikit...

Terpopuler

Lainnya