Minggu, Juli 14, 2024

Tips Meredakan Nyeri Haid Tanpa Obat-obatan

Tips meredakan nyeri haid pasti sering banget nih, dikepoin sama kaum perempuan yang lagi butuh saran supaya bisa menjalani hari-hari dengan semangat walaupun sedang haid. Setiap bulan, perempuan pasti mengalami menstruasi dengan gejala yang berbeda. Buat kamu yang selalu mengalami gejala-gejala berat pada saat menstruasi seperti perut kram atau nyeri pada seluruh bagian tubuh, pasti sering banget bertanya-tanya tentang bagaimana caranya meredakan nyeri haid. Nah! Kamu bisa ikuti tips-tips di bawah ini untuk mengatasi gejala-gejala datang bulan yang sangat melelahkan.

Tips Meredakan Nyeri Haid, Perempuan Wajib Catat!

Kurangi mengeluh! Ini dia berbagai macam cara meredakan nyeri haid tanpa obat-obatan. Dengan melakukan tips berikut, kamu tidak perlu mengkhawatirkan efek sampingnya.

Kompres perut dengan air hangat

Tips meredakan nyeri haid yang pertama adalah mengompres perut dengan air hangat. Hal ini dilakukan karena dinding otot perut mengencang serta aliran darah yang perlu distabilkan. Kamu bisa merendam handuk ke dalam air hangat untuk ditempelkan ke perut atau menggunakan heat patch jika ingin yang lebih praktis. Suhu panas ampuh mengatasi rasa sakit karena dipercaya mampu mengendurkan otot rahim.

Hindari minum kopi

Kafein yang terkandung pada kopi dapat mempunyai efek samping berbahaya apabila dikonsumsi terus menerus. Kafein akan membuat pembuluh darah semakin sempit. Dibanding mengonsumsi kopi, lebih baik kamu minum air putih, jamu atau minuman herbal yang manjur khasiatnya.

Pijat dengan pelan

Memijat di sekitar area abdominal dapat membantu mengatasi nyeri, mengurangi tekanan pada saat perempuan sedang mengalami datang bulan. Namun dengan catatan, lakukan secara pelan dengan menekan ringan di perut bagian bawah. Kamu juga bisa menggunakan minyak aroma terapi untuk menciptakan relaksasi serta memudahkan proses pemijatan.

Olahraga ringan

Tips meredakan nyeri haid ini sering banget lho, dianjurkan oleh para Dokter di luar sana. Seperti yang kita ketahui, olahraga memiliki segudang manfaat yang sayang jika diabaikan begitu saja. Untuk mengurangi rasa nyeri pada saat haid, kamu bisa melakukan peregangan atau gerakan yoga yang ringan. Tips ini sangat direkomendasikan karena bisa membuat peredaran darah semakin lancar. 

Istirahat cukup

Banyak orang merasa lemas apabila jam tidurnya tidak sesuai dengan kebutuhan. Apalagi dalam kondisi datang bulan, saat di mana hormon progesteron mengalami penurunan drastis yang bikin kamu malas beraktivitas. Meski kedengarannya biasa saja, istirahat dengan cukup sangatlah penting untuk kebaikan tubuh. Maka mulai saat ini kamu harus mengontrol jam istirahat dan posisi tidur kamu.

Itu dia secebis tips yang bermanfaat untuk meredakan nyeri pada saat datang bulan. Ketika menstruasi, ada baiknya kamu mengonsumsi makanan-makanan tinggi serat seperti buah, sayur, ikan, kacang dan biji-bijian. Usahakan pula untuk menghindari penggunaan garam dan gula berlebih serta makanan pedas yang panas di perut. (Karin/Djavatoday)

5 Buah Tinggi Protein, Bisa Jadi Camilan untuk Diet!

buah tinggi protein bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Efek Samping Minum Teh Campur Susu yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Minum teh campur susu sudah menjadi rutinitas, khususnya bagi para remaja yang memang suka menemani aktivitasnya dengan secangkir teh susu yang nikmat. Namun kenyataannya,...

5 Cara Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Mengatasi mata sembab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mengompresnya, hingga memanfaatkan bahan dapur yang ada. Supaya rasa percaya diri kamu tidak berkurang, apalagi...

Tanaman Pembersih Udara, Nomor 4 Paling Aesthetic!

Tanaman pembersih udara bisa menjadi solusi bagi kamu yang cemas akan kesehatan tubuh, terutama paru-paru. Kualitas udara di setiap tempat tentu tidak sama dan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya