Minggu, Oktober 17, 2021

Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D yang Harus Diwaspadai

Tanda tubuh kekurangan vitamin D bisa dilihat dari gejala-gejala yang muncul. Ada beberapa tanda yang biasanya dialami oleh orang yang kekurangan vitamin D, bahkan hingga depresi. Seperti yang telah diketahui bahwa vitamin D penting untuk kesehatan tubuh. Terutama untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, vitamin D berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sebagai penguatan antibodi agar terhindar dari paparan virus corona. Namun, masih banyak kasus kekurangan vitamin D yang terjadi di Indonesia. Bahkan hingga 2 juta kasus per tahunnya. 

Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin D

Baca juga:

Untuk berjaga-jaga dari hal-hal yang tidak diinginkan, penting untuk mengetahui apa saja tanda tubuh kekurangan vitamin. Agar bisa segera diatasi  dan meminimalisasi dampak negatifnya. Simak artikel ini hingga akhir, ya!

Sering Nyeri Otot dan Tulang

Vitamin D berperan penting dalam menjaga dan memperkuat otot. Jika otot Anda kekurangan asupan pentingnya maka jangan heran jika terjadi nyeri pada otot. Selain otot, tulang juga akan terasa sakit.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Tidak Sehat yang Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Terutama saat berada di daerah dengan udara dingin. Tulang rasanya seperti ngilu. Selain itu, sendi juga biasanya akan terasa ngilu di pagi hari. Jika Anda mengalami tanda kekurangan vitamin D tersebut, Anda harus berhati-hati. 

Sering Kelelahan

Sering merasa lelah padahal sudah makan dan tidur dengan cukup? Bisa jadi Anda sedang kekurangan vitamin D. Menurut penelitian, orang yang merasa lelah secara terus-menerus disebabkan kurangnya asupan vitamin D dalam tubuh.

Sulit Tidur Nyenyak

Tanda tubuh kekurangan vitamin D yang selanjutnya adalah sulit tidur, terutama di malam hari. Orang dewasa yang sulit tidur disarankan untuk banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D. Hal ini didukung oleh penelitian dari Nutrients pada tahun 2018. 

Selain vitamin D, orang yang sulit tidur juga disarankan memperbanyak mengonsumsi mineral. Namun, jangan mengonsumsi vitamin D secara berlebihan. Hal ini karena akan membuat Anda merasa mengantuk di siang hari dan merusak pola tidur di malam hari.

Disfungsi Ereksi

Tanda tubuh kekurangan vitamin D yang selanjutnya adalah terjadinya disfungsi ereksi. Apa itu disfungsi ereksi? Disfungsi ereksi merupakan suatu gangguan dimana seorang pria tidak bisa mempertahankan cukup ereksi untuk berhubungan. Berdasarkan hasil studi dari Atherosclorosis, makin rendah kandungan vitamin D pada seseorang. Maka risikonya pun akan makin tinggi.

Depresi

Depresi menjadi tanda tubuh kekurangan vitamin D yang harus benar-benar diwaspadai. Dalam 13 studi yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D berisiko tinggi mengalami depresi. 

Reseptor vitamin D pada otak bertanggung jawab mengontrol suasana hati, perilaku, termasuk munculnya depresi. Jika kekurangan vitamin D, fungsi kognitifnya akan terganggu.

Jika Anda mengalami beberapa tanda tersebut, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Serta perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin D. Seperti ikan salmon, tuna, susu sapi, kuning telur, jamur, ikan sarden, dan lainnya. Jangan lupa untuk berolahraga dan berjemur di bawah sinar matahari agar tubuh makin sehat.

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU