Minggu, Oktober 17, 2021

Penyebab Sertifikat Vaksinasi Tidak Terdaftar di Aplikasi PeduliLindungi

Penyebab sertifikasi vaksinasi tidak terdaftar bisa karena dari pihak peserta vaksinasi ataupun petugas vaksinasi. Masalah tidak terdaftarnya sertifikasi vaksinasi memang banyak masyarakat, mengalaminya, apalagi mereka yang belum tahu tentang aplikasi PeduliLindungi. Jika sertifikat vaksinasi tidak muncul, itu berarti Anda tidak bisa mendownload dan mencetaknya. Akibatnya, Anda akan kesulitan menjalani aktivitas yang menyaratkan bukti vaksinasi.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya menyimak penjelasan berikut ini. Agar mengetahui apa saja penyebab sertifikat tersebut tidak terdaftar atau tidak muncul di aplikasi PeduliLindungi. Dengan demikian, Anda bisa melakukan tindakan solutif untuk mengatasinya, yuk simak!

4 Penyebab Sertifikat Vaksinasi Tidak Terdaftar di Aplikasi PeduliLindungi

Baca juga:

Ada 5 hal yang bisa menjadi penyebab sertifikat vaksinasi tidak terdaftar di aplikasi PeduliLindungi. Berikut penjelasannya untuk Anda.

Ketidaksesuaian Nomor Handphone

Setelah vaksinasi, peserta akan menerima SMS yang salah satunya berisi link untuk mengunduh sertifikat vaksinasi. Peserta harus log in pada aplikasi PeduliLindungi dengan mendaftarkan nomor handphone. Jika tak menemukan sertifikat vaksinasi, bisa jadi karena Anda mendaftarkan nomor yang berbeda dengan nomor pada saat pendaftaran vaksinasi. 

Cek kembali apakah nomor yang terdaftar di aplikasi PeduliLindungi sama dengan nomor handphone pada saat mengisi form pendaftaran vaksinasi. Ulangi proses log in aplikasi PeduliLindungi dan masukkan nomor handphone dengan benar. Isi data diri, maka sertifikat vaksinasi akan muncul. Ketidaksesuaian mengisi nomor handphone menjadi penyebab sertifikat vaksinasi tidak terdaftar.

Kesalahan Menuliskan Data Diri

Saat mendaftar vaksinasi, peserta mengisi formulir data pribadi. Dalam formulir tersebut, peserta vaksinasi harus mencantumkan identitas seperti nama lengkap, NIK, alamat, dan nomor handphone. Tujuan harus mencantumkan nomor handphone tersebut adalah untuk memudahkan memberi informasi kepada peserta vaksinasi. Seperti informasi mengenai jadwal vaksinasi selanjutnya dan sertifikat vaksinasi.

Jika data diri yang Anda tulis pada formulir pendaftaran terdapat kesalahan maka sertifikat vaksinasi akan terkendala. Selain itu, perhatikan pada saat mengisi data diri untuk mendaftar di aplikasi PeduliLindungi. Jika Anda belum mengisi identitas dengan lengkap maka sertifikat vaksinasi tidak akan muncul.

Kesalahan Input Data oleh Petugas

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa penyebab sertifikat vaksinasi tidak terdaftar atau tidak muncul juga bisa disebabkan oleh petugas. Misalnya, salah menginput data atau identitas peserta vaksinasi. Ini akan berdampak pada tidak terdaftarnya sertifikat vaksinasi. Hal yang harus Anda lakukan adalah menanyakan kembali pada petugas vaksinasinya untuk diadakan pengecekan ulang. Anda juga bisa memastikan kesesuaian data seperti yang diharuskan.

Data Masih dalam Proses Input

Penyebab sertifikat vaksin tidak terdaftar atau tidak muncul di aplikasi PeduliLindungi bisa terjadi karena masih dalam proses pengerjaan. Artinya, data peserta vaksinasi masih dalam proses input ke sistem data. Jadi, cobalah untuk menunggu beberapa saat. Jika masih tidak terdaftar, Anda bisa menghubungi petugas secara langsung atau melalui call service yang tercantum pada kartu vaksinasi.

Itulah beberapa penyebab sertifikat vaksinasi tidak terdaftar atau tidak muncul di aplikasi PeduliLindungi. Lakukan pengecekan ulang pada data atau tanyakan pada petugasnya, ya.

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU