Minggu, Oktober 17, 2021

Meningkatkan Kekebalan Tubuh Saat Pandemi dengan ‘Hormon Bahagia’

Sebagian orang rentan terkena virus Covid-19 akibat kondisi tubuh yang kurang fit dan juga stres sehingga membuat daya tahan tubuh menjadi menurun. Selain menjaga asupan makanan dan tetap melakukan 5M, salah satu cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan menjaga suasana hati agar tetap bahagia.

Hormon bahagia diketahui dapat membantu menjaga imunitas tubuh.  Hormon bahagia terbagi menjadi empat, yaitu dopamin, serotonin, endorfin dan oksitosin. Hormon bahagia ini berperan untuk menangkal stress sehingga bisa meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan virus. Berikut ulasannya.

Baca juga:

Baca juga : 4 Rekomendasi Vitamin C yang Aman Bagi Lambung

Dopamin

Dopamin dikenal sebagai hormon ‘rasa senang’ atau hormon ‘perasaan baik’. Hormon ini berkaitan dengan rasa atau sensasi kesenangan, memori, pembelajaran dan juga fungsi sistem motorik. Hormon dopamin adalah salah satu hormon yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Ada juga yang menyebut dopamin sebagai ‘reward hormone’, yaitu perasaan bahagia yang didapatkan setelah melakukan suatu hal. Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan hormon dopamin dalam tubuh diantaranya dengan memasak, olahraga, tidur yang cukup, makan makanan yang enak dan juga tertawa.

Serotonin

Hormon ini bertugas untuk mengatur suasana hati atau mood seseorang, nafsu makan, tidur, pencernaan, kemampuan belajar dan memori. Beberapa kegiatan yang bisa meningkatkan hormon serotonin dalam tubuh diantaranya dengan berjemur, olahraga rutin, meditasi dan mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran.

Endorfin

Endorfin adalah salah satu hormon pereda nyeri alami dalam tubuh, yang akan diproduksi sebagai respons terhadap stress atau rasa tidak nyaman yang dialami. Manusia pada umumnya akan berusaha untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan dirinya untuk menghindari rasa sakit.

Kadar endorfin dalam tubuh akan meningkat saat kamu melakukan aktivitas yang membuatmu senang dan meninmbulkan perasaan memuaskan, seperti makan makanan lezat, menonton film lucu, dan olahraga.

Oksitosin

Hormon ini dikenal juga dengan sebutan ‘hormon cinta’. Oksitosin juga berkaitan dengan kelahiran, menyusui dan ikatan yang kuat antara orang tua dan anak. Hormon ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan, rasa empati, dan juga memperkuat ikatan dalam hubungan.

Kadar hormon oksitosin dalam tubuh akan meningkat jika melakukan afeksi fisik, seperti berpelukan, berciuman, dan melakukan hubungan intim. (Willy/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU