Selasa, Oktober 26, 2021

Manfaat Mentimun Bagi Perempuan dan Kaitannya dengan Keputihan

Manfaat mentimun bagi perempuan ternyata tak bisa diremehkan. Mulai dari wajah hingga kesehatan tubuh, mentimun memiliki khasiatnya. Tumbuhan dengan nama ilmiah Cucumis sativus ini juga dengan nama timun atau ketimun. Selain lezat dinikmati sebagai lalapan, acar, dan hidangan sayuran lainnya, mentimun juga memiliki banyak manfaat.

Namun, konon katanya mentimun bisa menyebabkan keputihan pada perempuan. Benarkah hal tersebut? Yuk simak artikel ini selengkapnya untuk mengetahui apa manfaat mentimun dan bagaimana kaitannya dengan keputihan.

Manfaat Mentimun Bagi Perempuan

Baca juga:

Merawat kulit terutama kulit wajah adalah hal yang penting bagi perempuan. Selain menggunakan skincare, perawatan alami pun dibutuhkan agar kulit wajah semakin sehat bersinar. Ternyata, timun memiliki khasiatnya, berikut penjelasan mengenai manfaat mentimun bagi perempuan untuk Anda.

Menghilangkan Kantung Mata

Mentimun memiliki kandungan asam askorbat yang berguna mengurangi kandungan air di sekitar mata. Letakkan iriaan mentimun hingga menutupi kantung mata dan lakukan selama 20 menit. Kantung mata yang besar karena bengkak pun perlahan akan menghilang.

Menghilangkan Lingkaran Hitam pada Mata

Manfaat mentimun bagi perempuan yang selanjutnya adalah dapat menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata. Selain kantung mata, lingkaran hitam pada sekitar mata atau biasa disebut mata panda pun menjadi masalah serius bagi perempuan. Gunakan irisan mentimun dan letakkan di atas mata tertutup, diamkan selama sekitar 10 menit. Kandungan antioksidan dan silica yang tinggi pada mentimun akan mengurangi mata pandamu.

Mencerahkan Kulit

Memiliki kulit yang cerah adalah impian para perempuan. Ternyata, mentimun bisa menjadi cara untuk mewujudkannya secara alami. Kamu cukup membuat ramuan mentimun yang dicampur dengan perasan air lemon. Aplikasikan pada kulit agar kulitmu cerah ternutrisi.

Mengecilkan Pori-pori Kulit

Manfaat mentimun bagi perempuan yang berikutnya adalah mampu mengecilkan pori-pori kulit. Gunakan mentimun sebagai toner wajah. Kamu juga mengaplikasikannya dengan campuran cuka apel, tomat, lemon, atau lidah buaya.

Mengatasi Kulit Terbakar Matahari

Mentimun memiliki khasiat untuk mendinginkan dan menenangkan kulit. Oleh karena itu, mentimun bermanfaat untuk mengatasi kulit terbakar akibat paparan sinar matahari terlalu lama. Kandungan potasium, air, dan antiinflamasi pada mentimun pun mampu mengatasi kulit kering, caranya cukup oleskan jus mentimun pada kulit dalam 10-15 menit.

Menghidrasi Tubuh

Manfaat mentimun bagi perempuan ini juga sebenarnya bermanfaat bagi laki-laki. Kandungan 95% air pada mentimun berguna dalam menghidrasi tubuh dan menghilangkan racun. Kandungan air dan antiinflamasinya pun bermanfaat mengatasi kulit kering.

Menghilangkan Bau Mulut

Mentimun juga bisa menghilangkan bau mulut dengan suatu reaksi kimia. Tempelkan irisan mentimun di langit-langit mulut selama 30 detik. Ini akan membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Manfaat Lainnya

Manfaat mentimun bagi perempuan masih banyak lagi, di antaranya mampu menghilangkan bintik hitam pada wajah, mencegah penuaan, dan mengurangi kerutan wajah. Kandungan silica pada mentimun juga bermanfaat untuk pertumbuhan rambut dan kuku yang lebih kuat. Mentimun juga baik untuk menurunkan tekanan darah, mencegah penyakit jantung, paru-paru, autoimun, dan mencegah radikal bebas.

Benarkah Mentimun Menyebabkan Keputihan pada Perempuan?

Mentimun memang banyak memiliki manfaat. Namun, beredarnya mitos mentimun yang dapat menyebabkan keputihan membuatnya jarang dikonsumsi. Faktanya, mitos tersebut tidak benar karena belum ada studi yang berhasil membuktikannya. Malah, mentimun memiliki banyak manfaat bagi perempuan, hingga berkhasiat untuk menurunkan berat badan.

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa saja manfaat mentimun bagi perempuan. Jangan ragu lagi mengonsumsi mentimun karena itu tidak ada kaitannya dengan keputihan. 

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU