Jumat, Mei 31, 2024

8 Makanan Kaya Nutrisi untuk Memelihara Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ tubuh manusia yang paling vital. Jantung memiliki peranan penting dalam memompa dan menyalurkan darah ke seluruh tubuh. Saat terjadi penurunan fungsi jantung, bisa berakibat fatal bahkan kematian. Oleh karena itu, memelihara kesehatan jantung sangatlah penting.

Namun, faktanya kematian yang terjadi di dunia didominasi oleh penyakit jantung. Hal tersebut disampaikan oleh organisasi kesehatan dunia, WHO. Di mana sebanyak 15,2 juta kematian pada tahun 2016 disebabkan oleh penyakit jantung dan stroke. 

Daftar Makanan Sehat untuk Memelihara Kesehatan Jantung

Selain karena stress, pola makan yang tidak sehat juga menjadi penyebab seseorang terkena penyakit jantung. Lantas, apa yang seharusnya kita konsumsi untuk memelihara kesehatan jantung? Berikut daftarnya.

Tomat 

Kandungan likopen pada tomat membuatnya memiliki antioksidan yang kuat. Zat antioksidan berfungsi menangkal radikal bebas. Mengonsumsi tomat akan meningkatkan kadar likopen dan menurunkan risiko penyakit jantung. 

Serat yang terkandung dalam tomat juga dapat menjaga kadar kolesterol dan gula darah. Sangat cocok untuk memelihara  kesehatan jantung Anda 

Alpukat 

Alpukat merupakan buah yang kaya terkenal mengandung lemak tak jenuh tunggal. Yang mana dapat mencegah dari penyakit peradangan, diabetes, dan penyakit jantung. Kandungan tersebut juga dapat membunuh kolesterol jahat dalam tubuh. Jantung pun sehat terkendali.

Kacang Almond

Kacang yang memiliki cita rasa gurih dan renyah ini ternyata dapat menyehatkan jantung. Selain mengandung serat, protein, lemak, dan vitamin, almond juga kay akan antioksidan. Sehingga mampu menangkal radikal bebas dan menstabilkan gula darah. Tak hanya itu, almond juga berperan menjaga kadar kolesterol baik (LDL) yang baik dalam memelihara kesehatan jantung.

Ikan Tuna

Ikan yang lezat ketika dihidangkan ini terkenal dengan kandungan omega-3 nya yang tinggi. Omega 3 itulah yang mampu menurunkan kadar trigliserida dalam darah. Ikan tuna juga dapat mengurangi risiko penumpukan plak kolesterol dan mencegah terjadinya aritmia jantung.

Ikan Salmon

Sama seperti ikan tuna, salmon juga memiliki omega-3 yang melimpah. Fungsinya yakni untuk mengurangi kadar kolesterol jahat, menguatkan otot jantung, dan menjaga fleksibilitas pembuluh darah. Yang terpenting, salmon dapat memperbaiki kerusakan jaringan jantung dan pembuluh darah. Untuk para pecinta salmon, memelihara kesehatan jantung sepertinya bukan hal yang sulit, ya. 

Sayuran Hijau

Sayuran berwarna hijau memang kaya akan serat dan antioksidan yang baik bagi kesehatan jantung. Anda dapat mengonsumsi bayam, sawi, brokoli, dan sayuran hijau lainnya untuk menjaga jantung dan pembuluh darah.

Buah Berry

Buah dengan bentuk mungil ini banyak mengandung vitamin, serat, dan antioksidan. Ketiganya sangat baik untuk mencegah penumpukan lemak dan kerusakan di pembuluh darah. Anda pun tak perlu cemas akan kesehatan jantung. Buah berry yang dapat Anda konsumsi untuk memelihara kesehatan jantung yaitu strawberry, blueberry, raspberry, blackberry, dan goji berry.

Anda bisa langsung memakannya atau menambahkan bahan lainnya. Seperti menambah yoghurt, gandum, sereal, dan susu. Sangat cocok untuk menjadi menu sehat saat sarapan.

Coklat Hitam

Siapa sih yang tidak menyukai makanan yang satu ini. Coklat hitam atau dark chocolate yang memiliki cita rasa manis ini ternyata baik untuk kesehatan jantung. Hal ini karena dark chocolate tinggi nutrisi terutama antioksidan. Namun, pastikan untuk memilih coklat hitam dengan kandungan 70% kakao, ya. 

Itulah beberapa makanan kaya nutrisi yang baik untuk memelihara kesehatan jantung. Akan lebih baik lagi jika pola makan sehat tersebut diimbangi dengan olahraga yang teratur. Hindari stress dan konsumsilah makanan sehat tersebut dalam jumlah yang seimbang.

Salam sehat, sobat!

(Rismawati/djavatoday)

5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan, Dapat Turunkan Kolesterol!

Manfaat bawang putih ada banyak loh. Siapa sangka bahwa bumbu dapur yang satu ini ternyata memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan. Bawang putih memiliki...

Membantu Siklus Menstruasi, Berikut Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan

Manfaat kulit manggis kerap diabaikan karena rasa pahitnya yang membuat masyarakat enggan untuk mengonsumsinya. Namun, kini telah hadir olahan kulit manggis dalam bentuk produk...

5 Resep Kombinasi Buah dan Sayur yang Bisa dijadikan Jus untuk Diet

Kombinasi buah dan sayur merupakan perpaduan yang menyehatkan dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Menariknya lagi, campuran buah dan sayur yang diolah menjadi jus bisa...

5 Obat Anti Nyamuk yang Ampuh Bunuh Nyamuk

Obat anti nyamuk tentunya diharapkan dapat membasmi nyamuk dengan baik. Sayangnya tidak semua produk anti nyamuk dapat berfungsi sesuai harapan. Ada yang hanya bisa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya