Jumat, Juni 18, 2021

Khasiat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Buah kurma (Phoenix dactylifera) merupakan buah yang berasal dari negara bagian Timur, seperti Pakistan, Mesir, dan Arab. Kurma memiliki rasa khas yang manis dan legit. Bahkan mengonsumsi buah kurma sangat dianjurkan oleh Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam. Hal tersebut karena khasiat kurma bagi kesehatan tubuh begitu banyak dan bermanfaat.

Buah kurma memiliki banyak kandungan nutrisi yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh dan mengatasi berbagai penyakit. Seperti karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat. Buah yang banyak tumbuh di iklim panas ini bahkan mengandung antioksidan yang berguna untuk menangkal berbagai penyakit.

Khasiat Kurma Bagi Kesehatan

Berikut merupakan beberapa khasiat kurma bagi kesehatan tubuh yang wajib diketahui.

Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan antioksidan pada kurma dapat melindungi sel-sel dalam tubuh dari radikal bebas. Kandungan antioksidan tersebut terdiri dari asam fenolik yang mampu mencegah inflamasi dan penyakit kanker. Selain itu, dalam antioksidan kurma terdapat flavonoid yang berfungsi mengurangi risiko diabetes, Alzheimer, dan kanker. Karotenoidnya juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung dan mata.

Melancarkan Sistem Perncernaan

Kurma juga mengandung sumber serat yang bekhasiat bagi kesehatan tubuh. Kandungan serat baik bagi sistem pencernaan untuk mencegah sembelit. 7 gram serat bisa didapat dari 3,5 ons buah kurma. Sebuah penelitian menunjukkan, mengonsumsi kurma sebanyak tujuh buah setiap hari akan melancarkan buang air besar.

- Advertisement -

Serat yang terkandung dalam buah kurma dapat mencegah konstipasi. Konstipasi merupakan keadaan dimana seseorang buang air besar kurang dari 3 kali seminggu. Serat juga akan membuat gerakan usus besar lebih teratur, terutama dalam membentuk feses.

Memenuhi Asupan Gizi

Kandungan gizi yang terkandung dalam kurma tentu baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan kurma antara lain kalori, lemak, karbohidrat, serat, gula, protein, vitamin, mineral, zat besi, magnesium, dan potassium.Kurma yang dikeringkan berarti kurma tersebut memiliki kadar kalori yang tinggi. Sebagian kalori ini terdiri dari karbohidrat.

Melancarkan Proses Persalinan

Khasiat kurma bagi kesehatan tubuh ini wajib diketahui oleh ibu hamil. Bagi ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi buah kurma setiap hari selama beberapa minggu sebelum melahirkan. Mengapa? Karena hal tersebut akan melancarkan proses persalinan nomal.

Leher rahim akan melebar sehingga tidak perlu dilakukan lagi. Dengan mengonsumsi kurma juga akan membantu mengurangi waktu proses persalinan. Sebuah studi menunjukkan ibu hamil yang mengonsumsi kurma setiap hari akan melahirkan secara normal empat jam lebih cepat.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Khasiat kurma bagi kesehatan tubuh yang selanjutnya yakni kurma mampu meningkatkan fungsi otak. Kurma dapat mengurangi inflamasi di otak dan mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Inflamasi atau peradangan adalah mekanisme tubuh dalam melindungi diri dari infeksi mikroorganisme asing seperti bakteri, jamur, dan virus.

Mencegah Penyakit Diabetes

Kurma mengandung fruktosa yang merupakan jenis gula alami atau pemanis alami. Kurma juga memiliki rasa manis dan caramel yang halus. Dengan demikian, kurma bisa dijadikan pengganti gula yang lebih sehat. Dengan begitu, akan mencegah adanya penyakit diabetes.

Memelihara Kesehatan Tulang

Khasiat kurma salah satunya adalah menjaga kesehatan tulang dengan kandungan fosfornya. Kurma juga mengandung mineral lain seperti kalium, magnesium, dan kalsium yang berkontribusi menjaga kesehatan tulang. Dengan kandungan tersebut, dapat mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.

Itulah khasiat kurma bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui. Kurma memang diklaim memiliki berbagai khasiat lain yang belum diteliti secara luas. Meskipun kurma banyak mengandung khasiat bagi tubuh, tetaplah konsumsi kurma dalam porsi yang sedang. Karena segala hal yang berlebihan itu tidaklah baik.

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU

Advertisement

Popular

INFO GRAFIS