Minggu, Juli 14, 2024

Ketahui Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan, Salah Satunya Diabetes

Manfaat buah kurma sangat bagus untuk kesehatan Anda terutama pada sistem pencernaan hingga otak. Selain bulan ramadhan kurma memang susah untuk didapatkan, namun jika anda pergi ke tempat oleh-oleh pasti akan menemukannya.

Jika pencernaan Anda terganggu kemungkinan akan terkena penyakit diare dan sembelit. Manfaat kurma salah satunya menghindari masalah gangguan seperti ini. Dalam kurma terdapat sekitar 6.4 persen hingga 11.5 persen kurma yang terdiri dari serat, terutama jenis yang tidak larut. 

Berikut Manfaat Buah Kurma

Mencegah Risiko Diabetes

Manfaat buah kurma yang mempunyai indeks glikemik rendah, ketika dimakan tidak akan langsung meningkatkan kadar gula darah. 

Walaupun rasanya manis, memakan buah kurma tidak akan langsung membuat risiko terkena diabetes. Kenapa bisa seperti itu, karena kandungan serat dalam kurma ini membantu Anda mengurangi risiko diabetes.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang berusaha dalam menurunkan berat badan, manfaat buah kurma adalah bisa dijadikan cemilan. Kandungan serat dan karbohidrat dengan jenis yang tidak larut dalam kurma bisa merasakan kenyang dalam jangka lama.

Namun, tetap saja Anda bisa tidak bisa mengkonsumsinya secara berlebihan agar turun berat badan dengan cepat. Tetapi tetap saja perlu menyeimbanginya dengan rutin olahraga dan makan sehat.

Meningkatkan kesehatan jantung

Buah kurma memiliki kandungan antioksidan asam fenolik yang terkenal karena sifat anti radangnya. Manfaat buah kurma juga memberi vitamin dan mineral. Berguna juga untuk meningkatkan kesehatan jantung. 

Untuk itu disarankan sekali makan buah kurma minimal dua kali seminggu untuk memelihara kesehatan jantung Anda.

Menjaga Kesehatan Otak

Mengkonsumsi satu buah kurma saja bisa menjauhkan Anda dari penyakit Alzheimer dan demensia. Penyakit ini terjadi karena plak menumpuk pada otak, hal ini juga dapat mengganggu komunikasi antara sel otak, yang pada akhirnya bisa menimbulkan kematian sel otak. 

Buah kurma juga bagus untuk daya ingat yang bagus sehingga bisa fokus dalam segala hal, antioksidan flavonoid di dalamnya berfungsi untuk mengurangi peradangan di otak.

Kurma Muda Bikin Cepat Hamil

Manfaat buah kurma muda bisa bikin cepat hamil pada wanita yang sudah menikah, kenapa bisa begitu? Alasannya karena dalam sajian 100 gram buah kurma muda mengandung gizi yang baik dan dibutuhkan tubuh untuk mempersiapkan kehamilan.

Diantaranya seperti 1,8 gram protein, 1 gram lemak, 37 gram karbohidrat, dan 3,5 gram serat yang akan berfungsi untuk mempercepat kesuburan. Pada kurma juga terdapat tinggi folat dan zat besi yang penting dalam perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi.

Nah bagi Anda yang mempunyai keluhan yang diderita sebaiknya lebih memperhatikan untuk mengkonsumsi buah kurma. Tidak perlu setiap hari, seminggu sekali pun akan terasa manfaat buah kurma. (Dewi/Djavatoday)

5 Buah Tinggi Protein, Bisa Jadi Camilan untuk Diet!

buah tinggi protein bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Efek Samping Minum Teh Campur Susu yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Minum teh campur susu sudah menjadi rutinitas, khususnya bagi para remaja yang memang suka menemani aktivitasnya dengan secangkir teh susu yang nikmat. Namun kenyataannya,...

5 Cara Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Mengatasi mata sembab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mengompresnya, hingga memanfaatkan bahan dapur yang ada. Supaya rasa percaya diri kamu tidak berkurang, apalagi...

Tanaman Pembersih Udara, Nomor 4 Paling Aesthetic!

Tanaman pembersih udara bisa menjadi solusi bagi kamu yang cemas akan kesehatan tubuh, terutama paru-paru. Kualitas udara di setiap tempat tentu tidak sama dan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya