Rabu, Oktober 27, 2021

Cara Mengunduh Sertifikat Vaksinasi Covid-19, Yuk Simak

Cara mengunduh sertifikat vaksinasi pada umumnya terdapat tiga cara. Mengunduh sertifikat vaksin menjadi sebuah keharusan untuk membuktikan bahwa kita telah melakukan vaksinasi Covid-19. Sertifikat vaksin juga digunakan sebagai syarat untuk dapat menikmati fasilitas umum. Seperti mall, alat transportasi, dan lainnya.

Oleh karena itu, mengunduh sertifikat vaksinasi merupakan suatu hal yang penting. Anda bisa langsung mencetaknya setelah berhasil mengunduh sertifikat vaksin tersebut. Yuk, simak bagaimana cara mengunduh sertifikat vaksin berikut ini.

3 Cara Mengunduh Sertifikat Vaksinasi

Baca juga:

Ada tiga cara mengunduh sertifikat vaksinasi yang bisa Anda lakukan. Bisa melalui SMS, melalui aplikasi PeduliLindungi, dan melalui situs atau website PeduliLindungi. Berikut penjelasan caranya untuk Anda.

Melalui SMS (Short Message Service)

Setiap orang wajib melakukan vaksinasi Covid-19 untuk membentuk kekebalan kelompok. Setelah Anda melakukan vaksinasi Covid-19, Anda akan menerima SMS atau pesan singkat dari nomor 1199. SMS tersebut pada intinya menyatakan bahwa Anda telah berhasil melakukan vaksinasi tahap pertama atau kedua. Dalam SMS tersebut terdapat beberapa informasi, seperti nama lengkap, nomor induk kependudukan dan nomor tiket vaksin. 

Baca Juga: Dua Ribu Siswa dari Tiga Sekolah di Ciamis Divaksinasi Corona

Jika Anda baru melakukan vaksinasi tahap pertama, Anda juga akan menerima informasi jadwal dosis vaksin tahap kedua. Lengkap dengan tanggal beserta lokasi vaksinasinya. Dalam SMS tersebut juga terdapat link untuk melihat sertifikat vaksinasi milik Anda. Cara mengunduh sertifikat vaksinasinya adalah dengan mengklik link atau tautan tersebut kemudian unduh. 

Melalui Situs PeduliLindungi 

Cara kedua adalah dengan mengunjungi situs PeduliLindungi. Ketik https://pedulilindungi.id di browser, bisa melalui smartphone atau laptop. Pilih opsi “Lihat tiket dan sertifikat vaksinasi” di halaman utama. Masukkan nomor handphone yang telah terdaftar dalam program vaksinasi. Anda akan menerima SMS kode OTP, kemudian masukkan sebagai bentuk verifikasi.

Setelah berhasil masuk, klik “Sertifikat vaksin” di samping kiri, sertifikat pun akan muncul. Klik “Unduh Sertifikat” sehingga soft file sertifikat tersimpan dalam smartphone. Anda bisa langsung mencetak sertifikat tersebut.

Melalui Aplikasi PeduliLindungi

Cara mengunduh sertifikat vaksinasi yang ketiga adalah dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Instal aplikasi  PeduliLindungi dengan icon berwarna biru dengan gambar putih melalui Google Play Store atau AppStore. Setelah terinstal, buka aplikasinya kemudian ketikkan nama lengkap beserta nomor handphone pada kolom yang tersedia. 

Anda akan menerima kode OTP melalui SMS untuk verifikasi, ketikkan kode OTO tersebut dalam aplikasi. Anda akan berhasil masuk dan berada pada halaman beranda. Klik icon “Profil”, lalu klik “Sertifikat vaksin”, kemudian klik “Periksa”. Anda akan diminta memasukkan NIK dan nomor handphone yang terdaftar tadi. 

Halaman selanjutnya, sertifikat vaksinasi akan muncul dan Anda bisa langsung mengunduhnya. Pilih tahap vaksinasi, tahap 1 atau 2, kemudian pilih “Ya” dan pengunduhan akan berjalan.

Itulah beberapa cara mengunduh sertifikat vaksinasi Covid-19 yang bisa Anda lakukan. Setelah mengunduhnya, Anda bisa langsung mencetaknya menggunakan printer pribadi atau melalui jasa pencetak dokumen. Anda juga bisa mencetaknya dalam bentuk kartu. Jangan lupa untuk melakukan vaksinasi, Sobat Djava!

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU