Selasa, Juli 16, 2024

Cara Mengatasi Jerawat dengan Teh Hijau

Jerawat memang seringkali membuat kita menjadi tidak percaya diri. Kamu mungkin sudah mencoba berbagai macam cara untuk mengatasi jerawat namun hasilnya nihil. Tak perlu risau, karena masalah kulit seperti jerawat, minyak berlebih bahkan mata panda sekalipun bisa diredakan dengan menggunakan teh hijau.

Teh hijau dikenal memiliki banyak manfaat untuk kulit diantaranya untuk meredakan peradangan, mengurangi produksi sebum berlebih, serta membantu proses peremajaan kulit. Berikut ulasannya

Anti aging

Dilansir dari halaman Healthline, dikatakan bahwa di dalam teh hijau terkandung bahan antioksidan EGCG yang bermanfaat untuk membantu proses peremajaan kulit. Teh hijau akan membantu memperbaiki sel kulit yang rusak dan mencegah sel kulit yang masih sehat agar tidak gampang mati. Dengan begitu kulit wajah akan tampak jauh lebih muda dan terasa kenyal.

Mengobati jerawat

Teh hijau mengandung antioksidan, antiradang dan antibakteri yang bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk mengatasi jerawat. Berdasarkan penelitian, kandungan poliphenols dalam teh hijau bisa mengurangi produksi sebum pada wajah.

Sebum sendiri adalah minyak yang dihasilkan oleh kelenjar sebasea yang berguna untuk melembabkan kulit. Namun jika sebum diproduksi secara berlebihan, maka akan memicu timbulnya jerawat pada wajah.

Baca juga : Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan

Mengurangi kemerahan dan iritasi

Kandungan poliphenols yang ada di dalam teh hijau juga dapat mengurangi reaksi iritasi seperti kulit kemerahan dan terasa perih. Iritasi pada kulit wajah biasanya disebabkan oleh penggunaan kosmetik yang tidak cocok atau karena terbakar oleh sinar matahari.

Melembabkan kulit

Teh hijau juga mengandung banyak vitamin, salah satunya vitamin E. Vitamin E ini bermanfaat untuk melembabkan sekaligus menyehatkan kulit wajah

Cara Penggunaan Teh Hijau

Untuk cuci muka

Kamu bisa menggunakan teh hijau celup walaupun sebenarnya lebih bagus jika menggunakan teh hijau yang masih dalam bentuk daun. Caranya yaitu : pertama, seduh 2 sendok daun teh hijau dengan air yang bersuhu 77-82 derajat celcius. Kemudian diamkan selama 10 menit, baru air tersebut bisa digunakan untuk mencuci muka.

Meminum teh hijau

Seduhan teh hijau juga dapat mengurangi lemak dalam tubuh dan melawan penuaan dini secara alami dari dalam. Sebaiknya, teh hijau diseduh tawar tanpa gula. Selain itu, jangan terlalu sering meminum teh hijau bisa menyebabkan asam lambung.

Kompres teh hijau

Teh hijau juga bisa digunakan untuk mengurangi mata panda. Caranya yaitu peras terlebih dahulu teh hijau celup tanpa gula yang sudah digunakan. Kemudian masukan ke dalam kulkas selama 10-20 menit. Setelah cukup dingin, gunakan teh celup untuk mengompres area mata. Lakukan di atas mata tertutup selama 30 menit. (Willy/Djavatoday)

5 Buah Tinggi Protein, Bisa Jadi Camilan untuk Diet!

buah tinggi protein bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Efek Samping Minum Teh Campur Susu yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Minum teh campur susu sudah menjadi rutinitas, khususnya bagi para remaja yang memang suka menemani aktivitasnya dengan secangkir teh susu yang nikmat. Namun kenyataannya,...

5 Cara Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Mengatasi mata sembab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mengompresnya, hingga memanfaatkan bahan dapur yang ada. Supaya rasa percaya diri kamu tidak berkurang, apalagi...

Tanaman Pembersih Udara, Nomor 4 Paling Aesthetic!

Tanaman pembersih udara bisa menjadi solusi bagi kamu yang cemas akan kesehatan tubuh, terutama paru-paru. Kualitas udara di setiap tempat tentu tidak sama dan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya