Senin, Oktober 25, 2021

Bahaya Menahan Lapar Bagi Tubuh yang Harus Diwaspadai

Bahaya menahan lapar ternyata berefek pada kesehatan tubuh. Kebiasaan ini mungkin terlihat sepele, tetapi jika terus-menerus dibiasakan maka tubuhmu akan terganggu. Biasanya seseorang menahan lapar karena tak sempat akibat aktivitas yang padat. Namun, ingatlah untuk selalu menyempatkan makan meski dalam kondisi apapun agar Anda tak mengalami efek buruknya.

Bahaya Menahan Lapar

Terdapat beberapa efek buruk yang bisa saja Anda rasakan jika kebiasaan menahan lapar. Menurut beberapa sumber yang telah kami rangkum, berikut beberapa bahaya menahan lapar bagi tubuh.

Mudah Lemas dan Kelelahan

Baca juga:

Bahaya menahan lapar yang pertama adalah Anda akan merasakan lemas dan mudah lelah. Manusia bisa beraktivitas karena memiliki energi yang berasal dari asupan makanan. Jika Anda tidak makan dan menahan lapar, proses fisiologis tubuh akan melambat. Selain itu, keseimbangan asupan vitamin esensial pun akan terganggu sehingga tubuh akan kelelahan bahkan pingsan.

Akibat yang lebih buruknya adalah Anda akan rentan terkena penyakit karena tubuh dalam kondisi kekurangan energi. Alias sedang “lemah.” Untuk itu, jangan biasakan menahan lapar dan segeralah makan dengan makanan yang bergizi seimbang.

Naiknya Asam Lambung

Bahaya menahan lapar yang satu ini mungkin tak asing lagi bagi para penderita maag. Ternyata, pemicunya adalah kebiasaan menahan lapar dalam waktu lama yang membuat produksi asam lambung tak disertai makanan. Akibatnya, asam lambung meningkat dan membakar lapisan perut sehingga Anda merasa nyeri.

Metabolisme Tubuh Terganggu

Ketika Anda merasa lapar dan menahannya bahkan dalam waktu yang lama, tubuh akan ‘mencuri’ energi dari tempat yang bukan seharusnya. Seperti mencuri energi berupa cadangan glukosa yang ada pada jaringan otot dan hati. Kedua organ itu pun akan mengalami disfungsi bahkan rusak karena kehilangan energi. Pertumbuhan otot-otot dan fungsi jaringannya juga akan melemah.

Kinerja Otak Terganggu

Bahaya menahan lapar salah satunya bisa menurunkan kinerja otak. Anda sering pusing atau tidak fokus saat melakukan suatu pekerjaan saat lapar? Itu adalah tanda-tanda penurunan kinerja pada otak. 

Malnutrisi

Tidak adanya asupan makanan maka artinya tak ada asupan gizi berupa vitamin, mineral, protein, dsb. Kekurangan vitamin atau nutrisi inilah yang namanya malnutrisi. Jika dibiarkan, Anda akan mengalami gangguan kesehatan, seperti anemia karena kekurangan zat gizi. Contoh lain adalah kesulitan melihat cahaya yang redup karena kekurangan vitamin A atau mengalami masalah pencernaan karena kurang vitamin C. 

Kekurangan Elektrolit

Bahaya menahan lapar yang selanjutnya adalah kekurangan elektrolit yang disebabkan kurangnya asupan mineral. Seperti potasium, kalsium, magnesium, dan sodium yang dibutuhkan jantung. Kekurangan elektolit menyebabkan keseimbangannya terganggu. Padahal elektrolit berperan penting untuk menjaga organ-organ di dalam tubuh agar berfungsi dengan normal.

Memicu Penyakit Berat

Menahan lapar terlalu lama bisa menyebabkan penyakit berat seperti penyakit jantung atau diabetes. Menahan lapar juga cenderung akan membuat seseorang lebih mmeilih mengonsumsi makanan instan. Seperti junk food, fast food, dan makanan lain yang kurang sehat.

Sembelit

Bahaya menahan lapar ternyata bisa berakibat terjadinya sembelit. Ketika seseorang lapar, ia akan cenderung terburu-buru makan dengan jumlah yang besar. Itu terjadi karena respon alamiah tubuh yang sudah terlalu lapar. Efeknya, makanan yang masuk ke pencernaan dalam jumlah yang besar akan membuat enzim sulit mencernanya dan terjadilah pembusukan.

Nah, itulah beberapa bahaya menahan lapar yang harus Anda waspadai. Ubah kebiasaan menahan lapar dan mulailah menerapkan pola makan yang teratur. Agar tubuh sehat selalu dan bisa menjalani aktivitas dengan baik.

(Rismawati/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU