Jumat, Juni 18, 2021

Atasi Gerd dengan Berpuasa, Ini Penjelasannya!

Penyakit gerd (gastroesophageal reflux disease) atau asam lambung adalah penyakit yang paling umum diderita masyarakat di Indonesia. Gejala dari penyakit ini diantaranya mual, muntah, sering bersendawa hingga merasakan sensasi terbakar di tenggorokan. Banyak cara dan pengobatan herbal untuk mengatasi penyakit ini, namun tahukah kamu bahwa salah satu cara atasi gerd bisa dengan berpuasa?

Penderita penyakit asam lambung tiap tahunnya selalu mempertanyakan mengenai keamanan lambungnya saat berpuasa. Namun ternyata kamu tak perlu khawatir, karena puasa malah sangat dianjurkan untuk penderita gerd. Berikut ulasan lengkapnya!

Puasa dapat mengistirahatkan lambung

Penyakit gerd bisa terjadi akibat katup lambung yang tidak berfungsi normal sehingga menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan. Menurut penjelasan dari siaran live di Intagram pada tanggal 27 April 2020, dr. Tompi beserta rekannya sangat menyarankan agar pasien-pasien untuk bisa atasi gerd dengan cara berpuasa.

Menurutnya, dengan berpuasa lambung bisa beristirahat, begitu juga dengan pikiran. Karena pikiran yang stress juga bisa memicu naiknya asam lambung.

Puasa di luar bulan Ramadhan juga sangat dianjurkan

Selain berpuasa di bulan Ramadhan, penderita gerd juga sangat dianjurkan untuk menjalani puasa sunnah seperti puasa Senin dan Kamis.

- Advertisement -

Ketika berpuasa, tubuh akan beristirahat sehingga organ lambung tidak akan memproduksi asam lambung. Namun dengan syarat, perhatikan asupan makanan dan minuman saat sedang berpuasa.

Konsumsi makanan yang benar saat berpuasa

Salah satu cara mengatasi gerd bisa dengan berpuasa. Walaupun demikian, kegiatan berpuasa itu harus diiringi dengan konsumsi makanan yang benar. Misalnya dengan mengonsumsi makanan bernutrisi lengkap, seperti makanan yang mengandung karbohidrat, lemak sehat, protein, vitamin hingga mineral yang bisa didapatkan dari sayuran maupun buah-buahan.

Jika tidak memberikan tanda bahaya, puasa ternyata menyembuhkan gerd

Selama tidak menunjukkan tanda-tanda bahaya dan tidak menderita komplikasi penyakit, ternyata kamu bisa atasi dan sembuhkan gerd dengan berpuasa.

Tanda-tanda bahaya yang dimaksud yaitu seperti muntah darah, pendarahan, BAB berdarah atau BAB berwarna hitam.

Tips makan dan minum yang benar saat berbuka ataupun sahur

Hal-hal yang dilarang saat berbuka ataupun sahur adalah menyantap makanan berminyak (gorengan), makan terlalu cepat, makan secara berlebihan, dan kurang memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Sedangkan hal yang paling dianjurkan adalah dengan mengonsumsi sayur dan buah, karena sayur dan buah mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan selama menjalankan ibadah puasa. (Willy/Djavatoday)

Baca juga : 5 Bahaya Mengintai Jika Kamu Tidur Setelah Sahur

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU

Advertisement

Popular

INFO GRAFIS