Jumat, Mei 7, 2021

9 Pilihan Buah untuk Balita yang Bagus Dikonsumsi

Seperti yang kita tahu, buah-buahan sangat penting dimasukan ke dalam menu makanan anak balita. Buah-buahan yang berwarna-warni memiliki banyak nutrisi dan vitamin esensial yang bermanfaat untuk kesehatan dan tumbuh kembang si kecil. Lalu apa saja pilihan buah untuk balita yang bagus untuk dikonsumsi?

Selain mengandung banyak nutrisi dan vitamin, buah-buahan juga dapat membantu mengurangi risiko beberapa penyakit seperti kanker dan penyakit jantung.

Buah-Buah Beri

Contoh dari buah-buah beri itu sendiri adalah stroberi, blueberry, blackberry, raspberry dan juga buah ceri. Buah beri diketahui memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi terutama vitamin C. Semakin gelap pigmen warna buah beri, maka semakin bergizi.

Menurut beberapa penelitian, buah beri merupakan salah satu makanan yang baik untuk otak. Buah beri dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan mencegah efek stress jangka panjang. Selain itu, biji buah beri juga kaya akan lemak Omega-3.

Apel

Apel adalah buah yang umum digemari oleh semua orang. Nutrisi yang terkandung dalam buah apel dapat membantu anak tetap kuat dan sehat. Oleh karenanya, apel merupakan salah satu buah terbaik untuk kesehatan manusia.

- Advertisement -

Kandungan pektin dalam apel dapat merangsang bakteri baik untuk melawan bakteri jahat yang hidup di dalam usus. Selain itu, kandungan boron dalam apel juga dapat membantu tulang dan gigi anak agar tetap kuat dan sehat. Selain itu, kandungan vitamin C nya juga cukup tinggi.

Pisang

Buah pisang kaya akan kandungan vitamin B6 yang bagus untuk kesehatan kulit, sistem saraf dan sebagai penghasil energi dalam tubuhnya. Selain itu, pisang juga mengandung banyak serat, kalium dan juga vitamin C. Buah pisang juga mengandung sedikit lemak sehingga buah ini bagus untuk kesehatan balita.

Jeruk

Satu buah jeruk dapat memenuhi kebutuhan vitamin C anak balita selama dua hari. Jeruk juga mengandung serat, beberapa beta karoten dan sumber pektin yang baik bagi tubuh balita.

Persik

Buah persik atau yang umum dikenal dengan buah peach adalah buah yang kaya akan vitamin C, serat, dan juga kalium. Oleh karena itu, buah ini disarankan untuk dikonsumsi balita.

Anggur

Kandungan karbohidrat yang terdapat dalam buah anggur mampu dicerna dengan lambat oleh tubuh, sehingga energi yang dihasilkan bisa bertahan lebih lama. Kulit anggur juga mengandung banyak antioksidan yang bagus untuk kesehatan.

Nanas

Nanas merupakan buah yang bagus untuk balita konsumsi. Nanas mengandung serat, vitamin C dan mineral yang disebut mangan. Mineral ini sangat penting untuk pertumbuhan tulang pada balita.

Pir

Pir mengandung indeks glikemik rendah yang berarti kandungan karbohidrat dalam buah pir bisa dicerna dengan lambat sehingga memberikan energi yang tahan lama pada anak. Buah pir juga rendah kalium yang bisa dijadikan alternatif diet rendah kalium pada anak yang masalah ginjal tertentu.

Alpukat

Buah alpukat mengandung lemak baik yang bagus untuk kesehatan jantung. Selain itu, buah alpukat mengandung vitamin E tinggi yang dapat menjaga kesehatan sel darah merah.. Alpukat juga mengandung banyak serat yang dapat mencegah anak dari penyakit sembelit. (Willy/Djavatoday)

Baca juga : 5 Jenis Makanan Bayi 6 Bulan yang Harus Dihindari

ARTIKEL TERKAIT

5 Gangguan Mental Remaja yang Sering Terjadi

Tak hanya orang dewasa yang mempunyai banyak masalah yang berkaitan dengan kesehatan mental, namun ternyata remaja juga bisa mengalami hal yang serupa. Namun, gangguan...

Atasi Gerd dengan Berpuasa, Ini Penjelasannya!

Penyakit gerd (gastroesophageal reflux disease) atau asam lambung adalah penyakit yang paling umum diderita masyarakat di Indonesia. Gejala dari penyakit ini diantaranya mual, muntah,...

5 Bahaya Mengintai Jika Kamu Tidur Setelah Sahur

Banyak orang menganggap masih ada waktu kosong setelah sahur sehingga mereka memanfaatkannya untuk tidur kembali. Hal ini dimaksudkan agar mereka tidak mengantuk di siang...

Khasiat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Buah kurma (Phoenix dactylifera) merupakan buah yang berasal dari negara bagian Timur, seperti Pakistan, Mesir, dan Arab. Kurma memiliki rasa khas yang manis dan...

BERITA TERBARU

Karang Taruna Sedekan Ciamis Berbagi Takjil Secara Door to Door

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Karang Taruna Sedekan, Desa Mekarjadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, melakukan aksi berbagi takjil kepada masyarakat. Aksi berbagi takjil ini...

Wabup Yana Tutup Kegiatan Bazar Perwira Ciamis

DJAVATODAY.COM, CIAMIS - Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menutup Bazar Ramadhan yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (PERWIRA), Kamis (6/5/2021). Kegiatan bazar...

Penyekatan Mudik di Ciamis, 30 Kendaraan Pemudik Diputar Balik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Penyekatan mudik lebaran di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat mulai dilakukan, Kamis (6/5/2021). Aparat gabungan melakukan penyekatan di Pos Cihaurbeuti yang merupakan...

Bupati Ciamis; Kami Janjikan 10.000 Tenaga Kerja Bukan Lapangan Kerja

DJAVATODAY.COM, CIAMIS - Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menekankan bahwa janji politiknya adalah membuka 10.000 tenaga kerja bukan 10.000 lapangan kerja. Hal tersebut disampaikan Bupati Ciamis,...

Popular

INFO GRAFIS