Minggu, Juli 14, 2024

9 Pilihan Buah untuk Balita yang Bagus Dikonsumsi

Seperti yang kita tahu, buah-buahan sangat penting dimasukan ke dalam menu makanan anak balita. Buah-buahan yang berwarna-warni memiliki banyak nutrisi dan vitamin esensial yang bermanfaat untuk kesehatan dan tumbuh kembang si kecil. Lalu apa saja pilihan buah untuk balita yang bagus untuk dikonsumsi?

Selain mengandung banyak nutrisi dan vitamin, buah-buahan juga dapat membantu mengurangi risiko beberapa penyakit seperti kanker dan penyakit jantung.

Buah-Buah Beri

Contoh dari buah-buah beri itu sendiri adalah stroberi, blueberry, blackberry, raspberry dan juga buah ceri. Buah beri diketahui memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi terutama vitamin C. Semakin gelap pigmen warna buah beri, maka semakin bergizi.

Menurut beberapa penelitian, buah beri merupakan salah satu makanan yang baik untuk otak. Buah beri dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan mencegah efek stress jangka panjang. Selain itu, biji buah beri juga kaya akan lemak Omega-3.

Apel

Apel adalah buah yang umum digemari oleh semua orang. Nutrisi yang terkandung dalam buah apel dapat membantu anak tetap kuat dan sehat. Oleh karenanya, apel merupakan salah satu buah terbaik untuk kesehatan manusia.

Kandungan pektin dalam apel dapat merangsang bakteri baik untuk melawan bakteri jahat yang hidup di dalam usus. Selain itu, kandungan boron dalam apel juga dapat membantu tulang dan gigi anak agar tetap kuat dan sehat. Selain itu, kandungan vitamin C nya juga cukup tinggi.

Pisang

Buah pisang kaya akan kandungan vitamin B6 yang bagus untuk kesehatan kulit, sistem saraf dan sebagai penghasil energi dalam tubuhnya. Selain itu, pisang juga mengandung banyak serat, kalium dan juga vitamin C. Buah pisang juga mengandung sedikit lemak sehingga buah ini bagus untuk kesehatan balita.

Jeruk

Satu buah jeruk dapat memenuhi kebutuhan vitamin C anak balita selama dua hari. Jeruk juga mengandung serat, beberapa beta karoten dan sumber pektin yang baik bagi tubuh balita.

Persik

Buah persik atau yang umum dikenal dengan buah peach adalah buah yang kaya akan vitamin C, serat, dan juga kalium. Oleh karena itu, buah ini disarankan untuk dikonsumsi balita.

Anggur

Kandungan karbohidrat yang terdapat dalam buah anggur mampu dicerna dengan lambat oleh tubuh, sehingga energi yang dihasilkan bisa bertahan lebih lama. Kulit anggur juga mengandung banyak antioksidan yang bagus untuk kesehatan.

Nanas

Nanas merupakan buah yang bagus untuk balita konsumsi. Nanas mengandung serat, vitamin C dan mineral yang disebut mangan. Mineral ini sangat penting untuk pertumbuhan tulang pada balita.

Pir

Pir mengandung indeks glikemik rendah yang berarti kandungan karbohidrat dalam buah pir bisa dicerna dengan lambat sehingga memberikan energi yang tahan lama pada anak. Buah pir juga rendah kalium yang bisa dijadikan alternatif diet rendah kalium pada anak yang masalah ginjal tertentu.

Alpukat

Buah alpukat mengandung lemak baik yang bagus untuk kesehatan jantung. Selain itu, buah alpukat mengandung vitamin E tinggi yang dapat menjaga kesehatan sel darah merah.. Alpukat juga mengandung banyak serat yang dapat mencegah anak dari penyakit sembelit. (Willy/Djavatoday)

Baca juga : 5 Jenis Makanan Bayi 6 Bulan yang Harus Dihindari

5 Buah Tinggi Protein, Bisa Jadi Camilan untuk Diet!

buah tinggi protein bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Efek Samping Minum Teh Campur Susu yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Minum teh campur susu sudah menjadi rutinitas, khususnya bagi para remaja yang memang suka menemani aktivitasnya dengan secangkir teh susu yang nikmat. Namun kenyataannya,...

5 Cara Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Mengatasi mata sembab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mengompresnya, hingga memanfaatkan bahan dapur yang ada. Supaya rasa percaya diri kamu tidak berkurang, apalagi...

Tanaman Pembersih Udara, Nomor 4 Paling Aesthetic!

Tanaman pembersih udara bisa menjadi solusi bagi kamu yang cemas akan kesehatan tubuh, terutama paru-paru. Kualitas udara di setiap tempat tentu tidak sama dan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya