Minggu, Juli 14, 2024

6 Tips Mengatasi Lemas dan Lesu Saat Puasa

Saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, terkadang tubuh kita sering mengalami rasa lemas dan lesu sepanjang hari. Padahal kondisi seperti ini bisa menghambat produktivitasmu dalam bekerja ataupun sekedar menjalankan aktivitas sehari-hari. Lalu bagaimana caranya mengatasi lemas dan lesu saat puasa?

Meskipun sedang berpuasa, kamu tidak boleh membiarkan rasa lemas dan lesu terus hinggap di tubuhmu. Untuk mengatasinya, berikut kami sajikan enam tips untuk mengatasi lemas dan lesu saat puasa, diantaranya :

Baca juga : 7 Tips Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

Perhatikan asupan makanan saat sahur dan berbuka puasa

Kamu mungkin selama ini tidak tahu makanan apa saja yang bisa membuat kamu merasa lemas dan lesu sepanjang hari. Untuk itu perhatikan asupan makananmu disaat sahur ataupun berbuka, karena makanan tersebut dapat mempengaruhi kondisi tubuhmu.

Jenis makanan yang perlu dihindari saat berbuka puasa ataupun saat sahur adalah makanan yang berbahan dasar tepung. Kandungan glukosa dalam tepung bisa membuatmu merasa lebih cepat lesu. Makanan yang digoreng, dan juga makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi juga perlu dihindari.

Gantilah menu makanan tesebut dengan konsumsi buah-buahan ataupun sayuran segar. Untuk menambah energi, kamu juga bisa mengkonsumsi telur rebus dan juga cokelat hitam saat berbuka ataupun saat sahur.

Pastikan kebutuhan cairan di dalam tubuh terpenuhi

Selama ramadhan, kamu perlu mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh meskipun kamu tidak bisa minum sepanjang hari. Untuk itu, konsumsi 8 – 10 gelas air setiap hari agar kebutuhan cairanmu tercukupi selama bulan puasa.

Kamu bisa menerapkan pola 2-4-2 yaitu, 2 gelas saat berbuka, 4 gelas sepanjang malam dan 2 gelas saat sahur. Pola minum seperti ini bisa dijadikan acuan untuk mengatasi lemas dan lesu saat puasa.

Tetap berolahraga

Saat berpuasa bukan berarti kamu melewatkan kegiatan olahraga dan menghabiskan waktu dengan bermalas-malasan. Pilihlah olahraga ringan di dalam rumah agar tubuhmu tetap fit saat berpuasa.

Tidur lebih awal, istirahat yang cukup

Selain karena pengaruh asupan makanan, istirahat yang cukup juga berpengaruh pada kondisi tubuhmu saat berpuasa. Untuk itu usahakan untuk tidur di awal waktu agar kebutuhan tidurmu tercukupi.

Konsumsi vitamin dan suplemen tambahan bila perlu

Cara lainnya untuk mengatasi lemas dan lesu saat puasa adalah dengan mengonsumsi vitamin dan suplemen tambahan. Mengonsumsi vitamin ataupun suplemen tambahan saat berpuasa dapat menambah daya tahan tubuh. Dengan menjaga daya tahan tubuh, tentunya kamu tidak akan mudah merasa lemas dan lesu.

Jangan lewatkan kesehatan kulit

Saat berpuasa, pola asupan makanan dan minuman akan berubah. Hal ini juga berdampak pada kesehatan kulit dan wajahmu. Tentu kamu tidak ingin wajahmu terlihat kusam dan lesu seharian, bukan? Untuk itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembab kulit dan konsumsi vitamin E saat sahur dan berbuka agar wajahmu terlihat segar meski sedang berpuasa. (Willy/Djavatoday)

5 Buah Tinggi Protein, Bisa Jadi Camilan untuk Diet!

buah tinggi protein bermanfaat untuk kesehatan, terutama bagi kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

Efek Samping Minum Teh Campur Susu yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Minum teh campur susu sudah menjadi rutinitas, khususnya bagi para remaja yang memang suka menemani aktivitasnya dengan secangkir teh susu yang nikmat. Namun kenyataannya,...

5 Cara Mengatasi Mata Sembab secara Efektif

Mengatasi mata sembab dapat dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mengompresnya, hingga memanfaatkan bahan dapur yang ada. Supaya rasa percaya diri kamu tidak berkurang, apalagi...

Tanaman Pembersih Udara, Nomor 4 Paling Aesthetic!

Tanaman pembersih udara bisa menjadi solusi bagi kamu yang cemas akan kesehatan tubuh, terutama paru-paru. Kualitas udara di setiap tempat tentu tidak sama dan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya