Sabtu, April 20, 2024

6 Makanan yang Mengandung Karbohidrat, Cocok Jadi Pengganti Nasi! 

Makanan yang mengandung karbohidrat mampu mentransfer energi pada tubuh untuk menguatkan kamu dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Karbohidrat adalah sumber energi paling utama yang harus dikonsumsi. Tapi kalian tahu nggak sih, kalau makanan yang mengandung karbohidrat sebetulnya bukan hanya nasi?

Ada banyak makanan berkarbohidrat yang bisa kamu konsumsi untuk memenuhi kebutuhan asupan kamu selain nasi. Kendati nasi dikenal sebagai makanan pokok yang sudah menjadi sobat karib orang Indonesia sejak dulu-dulu, tak dapat dipungkiri bahwa mengonsumsi nasi dalam jumlah berlebih akan berdampak pada peningkatan kadar gula darah. Nggak usah khawatir! Ini dia rekomendasi makanan berkarbohidrat yang bernutrisi dan penuh gizi. Rasanya juga enak kok! 

Makanan yang Mengandung Karbohidrat Selain Nasi

Gak hanya berkarbohidrat, tapi juga mengandung serat. Makanan ini cocok banget buat kamu yang lagi bosan sama nasi atau buat kamu yang sedang diet.

Oatmeal

Makanan yang mengandung karbohidrat bisa membuat kamu kenyang lebih lama. Selain nasi, ada pula oatmeal yang memiliki manfaat dalam menurunkan kadar kolesterol. Oatmeal merupakan makanan rendah kalori yang sehat dan aman dikonsumsi selagi masih dalam jumlah yang pantas. Perhatikan pula jenis makanan yang dicampurkan untuk menemani kamu mengonsumsi oatmeal.

Kentang

Kentang sudah menjadi makanan familier yang sering kali kita temui di pasaran. Bahkan kadang kala kentang dijadikan lauk, padahal kentang juga bisa lho, dijadikan makanan utama karena kandungan karbohidratnya. Apabila sedang diet, kamu disarankan mengonsumsi kentang yang dimatangkan dengan cara direbus sebab jumlah lemaknya akan bertambah jika kentang itu digoreng.

Jagung

Makanan yang mengandung karbohidrat satu ini ternyata kaya akan vitamin sehingga baik untuk dikonsumsi. Bahkan, jagung memiliki serat yang lebih tinggi dibandingkan nasi. Tak hanya menyehatkan, jagung mempunyai indikator glikemik yang rendah sehingga dapat memperlambat proses kenaikan gula darah.

Singkong

Di Indonesia, singkong sudah banyak ditanam dan dijual, maka mudah untuk kamu mendapatkannya. Namun sebelum dimakan, kamu harus membersihkannya dengan teliti supaya tidak ada zat kimia berbahaya yang tak sengaja dikonsumsi oleh tubuh. 

Ubi jalar

Sama seperti makanan pengganti nasi yang telah disebutkan di atas, ubi jalar sangatlah kaya akan serat. Kamu juga bisa banget lho, berkreasi ria dengan menggunakan ubi jalar sebagai bahan utamanya.

Brokoli

Untuk mencukupi asupan vitamin harian pada tubuh, kamu bisa mengonsumsi brokoli yang direbus atau dikukus. Santapan pengganti nasi ini mampu menstabilkan metabolisme tubuh. Brokoli adalah sayuran dengan karbohidrat kompleks yang rendah kalori sehingga baik untuk tubuh.

Demikianlah makanan berkarbohidrat pengganti nasi yang bisa kamu konsumsi untuk memenuhi kebutuhan serat dan nutrisi. Tetap penuhi asupan karbohidratmu karena itu merupakan hal penting yang tak boleh terlewatkan. (Karin/Djavatoday)

5 Tips Mengecilkan Betis dengan Mudah dan Cepat

Tips mengecilkan betis bisa berguna bagi siapapun, baik itu pria maupun wanita. Betis merupakan salah satu bagian tubuh yang perlu mendapatkan latihan yang benar....

6 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Minum air putih menjadi salah satu peranan penting yang berdampak pada kesehatan tubuh manusia. Dibanding minuman berperisa berkarbonat, air putih lebih sehat dikonsumsi karena...

Dapat Mencegah Anemia, Berikut Manfaat Mengonsumsi Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi buah kurma merupakan amalan sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Buah yang memiliki keistimewaan di bulan Ramadhan ini identik dengan rasanya yang manis....

Jangan dipencet! Ini Dia Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

Jerawat sebetulnya merupakan hal wajar yang kerap kali dialami oleh remaja puber di masa-masa fluktuasi hormon. Tetapi meskipun begitu, seseorang akan melakukan secercah cara...

Terpopuler

Lainnya