Sabtu, April 13, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

6 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami dengan Cepat

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Cara mengobati sariawan dengan melakukan pengobatan menggunakan bahan alami ini bisa kamu lakukan di rumah. Umumnya, sariawan disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya yaitu alergi terhadap makanan, kurangnya kebutuhan vitamin, dan tidak sengaja menggigit lidah atau sekitar dinding mulut.

Luka kecil yang muncul di sekitar gusi, lidah, dan mulut sangatlah mengganggu kenyamanan karena rasa perihnya yang tidak bisa ditahan. Bahkan untuk makan dan berbicara pun sangat sulit rasanya. Namun kamu tidak perlu khawatir akan tips-tips yang bisa menyembuhkan sariawanmu. Kamu bisa coba mengatasinya dengan bahan alami yang mudah ditemukan!

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami dengan Cepat

Kalau diperhatikan, dunia ini menyediakan banyak sekali bahan alami yang dapat dijadikan alternatif penyembuhan penyakit. Berikut merupakan pengobatan alami untuk mengatasi sariawan yang bisa kamu lakukan di rumah! Selamat mencoba!

Berkumur dengan air garam

Cara mengobati sariawan yang pertama adalah kumur-kumur menggunakan larutan garam. Bumbu dapur ini acapkali dimanfaatkan sebagai obat rumahan karena dipercaya sangat efektif dalam mengatasi berbagai masalah mulut. Garam memiliki sifat antiseptik yang menenangkan, kamu bisa melarutkannya dalam segelas air untuk berkumur. 

Menggunakan madu

Baiknya, gunakanlah madu murni untuk pengobatan yang lebih optimal. Madu murni memiliki kandungan antioksidan yang mampu mencegah risiko infeksi saat seseorang mengalami sariawan. Untuk mengaplikasikannya, kamu bisa mengoleskan madu murni ke bagian mulut yang sedang terkena sariawan.

Daun sirih

Cara mengobati sariawan bisa juga lho, dilakukan dengan mengonsumsi tanaman yang kerap kali dijadikan obat tradisional. Dikenal dengan banyak khasiat, daun sirih biasa digunakan sebagai anti radang serta anti bakteri yang dapat menjaga kesehatan mulut.

Daun Saga

Tak jauh berbeda dengan daun sirih, daun saga juga sering kali dimanfaatkan sebagai anti radang dan anti bakteri yang bisa menjadi alternatif penyembuhan sariawan. Kamu bisa langsung mengunyahnya atau merebusnya terlebih dahulu menjadi teh.

Kunyit

Dipercaya efektif melawan infeksi mulut, kunyit sangat direkomendasikan sebagai obat sariawan. Warna kuning pada kunyit diyakini berasal dari curcumin yang memiliki sifat anti inflamasi. Cara pengobatannya dapat dilakukan dengan menumbuknya hingga halus dan mencampurkannya dengan air hangat.

Minum jus lemon

Salah satu penyebab sariawan ialah kurangnya kebutuhan vitamin C. Dilansir dalam sebuah penelitian, lemon ditemukan sebagai obat sariawan karena kandungan vitamin C nya yang tinggi. Selain mengonsumsi jusnya, kamu juga bisa meminum air lemon dalam keadaan hangat.

Itu dia tips mengobati sariawan secara alami dengan cepat. Sariawan ringan secara umum menjadi salah satu gejala yang tidak memerlukan pengobatan khusus, kecuali sariawan dalam kondisi serius yang mengharuskan kamu untuk segera konsultasi ke dokter. Semoga membantu! (Karin/Djavatoday)

6 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Minum air putih menjadi salah satu peranan penting yang berdampak pada kesehatan tubuh manusia. Dibanding minuman berperisa berkarbonat, air putih lebih sehat dikonsumsi karena...

Dapat Mencegah Anemia, Berikut Manfaat Mengonsumsi Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi buah kurma merupakan amalan sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Buah yang memiliki keistimewaan di bulan Ramadhan ini identik dengan rasanya yang manis....

Jangan dipencet! Ini Dia Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

Jerawat sebetulnya merupakan hal wajar yang kerap kali dialami oleh remaja puber di masa-masa fluktuasi hormon. Tetapi meskipun begitu, seseorang akan melakukan secercah cara...

Tips Manjur Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Kesehatan gigi dan mulut merupakan hal paling penting yang tidak boleh kamu abaikan begitu saja. Peran gigi sangatlah berpengaruh terhadap sistem pencernaan manusia, sebab...

Terpopuler

Lainnya