Minggu, Oktober 17, 2021

5 Tanda Kulit Wajah Sudah Butuh Eksfoliasi

Pernah gak sih kamu memperhatikan perbedaan di wajahmu? Apakah sekarang ini kulit wajahmu nampak kusam dan tidak bercahaya? Itu tandanya kulit wajahmu sekarang sudah butuh eksfoliasi.
Secara sederhana, eksfoliasi merupakan proses pengangkatan sel-sel kulit mati dari lapisan terluar kulit. Jika tanda-tanda seperti ini muncul di wajahmu, artinya kulit wajahmu harus segera dieksfoliasi. Berikut ulasannya.

Baca juga : 5 Tanda Skincare Tidak Cocok Pada Kulit Wajah

Muncul noda bekas jerawat

Baca juga:

Noda bekas jerawat memang sering mengganggu penampilan, apalagi noda ini membuat wajahmu terlihat kurang bersih. Jika sudah muncul noda bekas jerawat, artinya kulit wajahmu sudah butuh eksfoliasi.
Kamu bisa melakukan eksfoliasi dengan menggunakan toner yang memiliki kandungan AHA/BHA atau produk lain yang berbentuk scrub. Jika dilakukan secara teratur, noda bekas jerawat bisa cepat memudar sekaligus membuat kulit wajah tampak lebih cerah.

Muncul bruntusan

Selain noda bekas jerawat, munculnya bruntusan menandakan bahwa kulit wajahmu sudah butuh eksfoliasi. Jika bruntusannya terasa kasar dan tidak rata, maka kamu butuh produk eksfoliasi yang lembut.
Gunakan toner yang mengandung AHA/BHA untuk mengeksfoliasi kulit dengan lembut. Agar terhindar dari masalah iritasi kulit, sebaiknya lakukan eksfoliasi ini saat bruntusannya sudah tidak terlalu meradang.

Munculnya komedo

Munculnya komedo di kulit wajah menandakan bahwa pori-pori wajahmu tersumbat. Jika mengalami kondisi seperti itu, maka kulit wajahmu sudah butuh eksfoliasi.
Untuk mengatasi komedo ini, jangan gunakan scrub yang terlalu keras. Sebaiknya, lakukan eksfoliasi dengan menggunakan facial scrub. Facial scrub mampu mengangkat kotoran dan menghilangkan komedo yang ada pada kulit wajah.

Tekstur kulit wajah yang kasar dan tidak rata

Polusi dan radikal bebas yang ada di lingkungan dapat membuat kotoran di wajahmu semakin menumpuk. Akibatnya kulit wajahmu akan terasa kasar dan tidak rata akibat lapisan pelindung kulit yang mulai rusak.
Oleh sebab itu, kulit wajahmu sudah butuh eksfoliasi agar senantiasa terlihat bersih dan bebas dari kotoran. Kulit wajah yang sehat akan membuatnya senantiasa terlihat halus dan cerah.

Warna kulit yang tidak merata

Kulit wajahmu sekarang lebih terlihat kusam dari biasanya? Kondisi seperti ini adalah salah satu tanda bahwa kulit wajahmu sudah butuh eksfoliasi.
Eksfoliasi berguna untuk mengangkat sel kulit mati sehingga membuat kulit tampak lebih cerah. Eksfoliasi juga membantu mempercepat proses regenerasi kulit sehingga kulit akan terasa lebih kenyal dan sehat.

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU