Sabtu, April 13, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

5 Rekomendasi Obat Nyeri Haid: Datang Bulan Lancar, Perut Aman!

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Rekomendasi obat nyeri haid berikut ini dapat kamu temukan di apotik atau toko obat lainnya. Datang bulan yang disertai dengan rasa nyeri memang menyerang sebagian besar perempuan. Rasa nyeri akibat haid umumnya dirasakan pada bagian perut bagian bawah. Nyeri haid biasanya juga menyerang bagian tubuh lain seperti punggung dan paha.

Nyeri saat haid memang hal yang wajar, namun tak dapat dipungkiri bahwa hal ini sangat menganggu aktivitas. Terutama bagi para wanita pekerja ataupun pelajar. Oleh karena itu, nyeri haid perlu segera diatasi dengan baik. Salah satu caranya yaitu dengan mengkonsumsi obat.

Rekomendasi Obat Nyeri Haid

Berikut beberapa rekomendasi obat nyeri haid yang tersedia di apotik.

Ponstan

Rekomendasi obat nyeri haid yang pertama yaitu Ponstan. Obat ini ampuh meredakan rasa nyeri pada tubuh, termasuk nyeri akibat haid. Kandungan asam mefanat pada Ponstan akan bekerja dengan cara menghambat pembentukan zat prostaglandin atau zat penyebab rasa nyeri pada tubuh.

Ponstan sebenarnya adalah obat pereda sakit gigi. Namun obat ini juga bisa mengatasi nyeri-nyeri lain seperti sakit kepala, radang sendi, dan nyeri haid.

Feminax

Kalau obat yang satu ini memang menjadi andalan untuk menolong nyeri haid. Feminax mengandung paracetamol yang dapat membantu meredakan rasa nyeri. Obat ini juga memiliki kandungan ekstrak hiosami yang bekerja untuk membuat otot saluran pencernaan menjadi lebih rileks.

Ibuprofen

Rekomendasi obat nyeri haid yang berikutnya yaitu Ibuprofen. Ibuprofen memang dikenal sebagai obat pereda nyeri seperti haid, sakit gigi, demam, sakit kepala, dan sebagainya. Sama sepertin Ponstan, Ibuprofen efektif untuk memblokir zat prostaglandin.

Konsumsi Ibuprofen dapat menghilangkan rasa sakit akibat peradangan atau kram perut ketika haid. Namun perlu kamu tahu bahwa obat ini memiliki efek samping seperti kemerahan, gatal, dan sesak napas. Selain itu, obat ini tidak dianjurkan untuk penderita penyakit lambung dan gangguang ginjal.

Sanmol

Sanmol biasanya digunakan untuk menurunkan panas dan menyembuhkan sakit kepala. Namun ternyata Sanmol juga bisa bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri akibat haid, loh. Hal ini terjadi karena Sanmol memiliki kandungan paracetamol yang aktif mengatasi nyeri.

Kandungan paracetamol pada Sanmol akan menghambat pembetukan zat prostaglandin. Dengan demikian maka rasa nyeri haid akan berkurang.

Mefinal

Rekomendasi obat nyeri haid yang terakhir yaitu Mefinal. Obat ini menjadi salah satu obat yang diresepkan oleh dokter untuk mengatasi nyeri haid. Mefinal mengandung asam mefenamat yang dapat menghambat pembentukan zat pemicu nyeri pada tubuh.

Sayangnya Mefinal termasuk ke dalam jenis obat keras. Sehingga kamu perlu resep dokter untuk bisa mengkonsumsinya dengan aman.

Itu dia rekomendasi obat nyeri haid yang tersedia di apotik terdekat. Harap tetap bijak dalam mengkonsumsinya, ya. Pastikan kamu membaca panduan dosisnya pada kemasan. Jika diperlukan, tanyakan juga pada dokter agar tidak ada kesalahan pengobatan. (Ume/Djavatoday)

6 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Minum air putih menjadi salah satu peranan penting yang berdampak pada kesehatan tubuh manusia. Dibanding minuman berperisa berkarbonat, air putih lebih sehat dikonsumsi karena...

Dapat Mencegah Anemia, Berikut Manfaat Mengonsumsi Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi buah kurma merupakan amalan sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Buah yang memiliki keistimewaan di bulan Ramadhan ini identik dengan rasanya yang manis....

Jangan dipencet! Ini Dia Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

Jerawat sebetulnya merupakan hal wajar yang kerap kali dialami oleh remaja puber di masa-masa fluktuasi hormon. Tetapi meskipun begitu, seseorang akan melakukan secercah cara...

Tips Manjur Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Kesehatan gigi dan mulut merupakan hal paling penting yang tidak boleh kamu abaikan begitu saja. Peran gigi sangatlah berpengaruh terhadap sistem pencernaan manusia, sebab...

Terpopuler

Lainnya