Sabtu, April 13, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

5 Penyebab Telat Haid, Bukan Hanya Faktor Kehamilan

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Penyebab telat haid ada beragam, loh, Sobat Djava. Sebagian orang mungkin sering mengaitkan telat haid dengan kejadian kehamilan. Namun rupanya masih ada banyak faktor yang menjadi penyebab haidmu telat.

Tanda bertumbuhnya sistem reproduksi seorang wanita salah satunya yaitu mengalami haid. Umumnya haid akan datang setiap satu kali dalam seminggu dengan kisaran waktu 5 – 7 hari. Namun jumlah tersebut bisa saja berbeda tergantung dengan siklus setiap orangnya.

Siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 21-35 hari. Sayangnya masih banyak wanita yang mempunyai siklus menstruasi yang tidak teratur. Bahkan mereka sering mengalami telat datang bulan. Salah satu penyebab umum telat haid adalah stres atau menderita kondisi medis tertentu.

Penyebab Telat Haid

Faktor stres

Penyebab telat haid yang pertama yaitu faktor stres. Faktor ini menjadi salah satu penyebab paling umum yang terjadi pada wanita. Kondisi stres dapat memengaruhi hormon dan bagian otak yang bertugas mengatur siklus menstruasi seseorang.

Stres dapat memicu terjadinya penyakit serta penurunan berat badan secara tiba-tiba. Hal ini akan menyebabkan siklus menstruasi seseorang menjaddi terganggu. Ketika kamu mulai merasa stres ada baiknya kamu merelaksasikan tubuh dan fikiranmu sejenak agar stresmu tidak berkepanjangan dan memengaruhi siklus haid.

Berat badan tidak normal

Berat badan yang tidak normal juga bisa menjadi penyebab telat haid. Entah itu berat badan kurang ataupun berat badan berlebih (obesitas). Berat badan yang tidak normal menyebabkan perubahan hormonal, ovulasi terhenti, dan telat.

Untuk mengetahui status berat badan, kamu bisa menghitung indeks massa tubu (IMT). Caranya yaitu dengan menghitung berat badan dalam kg dibagi dengan tinggi badan dalam m yang dikuadratkan. Berat badan yang normal berada pada angka 18,5-24,9.

Olahraga berat

Penyebab telat haid yang berikutnya bisa karena olahraga berat. Jika kamu sering melakukan olahraga dengan frekuensi yang cukup sering maka hal tersebut kemungkinan bisa telat haid. Hal ini terjadi karena ketika berolahraga, tubuh kamu mengalami penurunan kadar lemak.

Hormon prolaktin berlebih

Hormon prolaktin dihasilkan di kelenjar pituari. Ini akan meningkat pada saat menyusui dan juga karena akibat medis tertentu seperti penyakit ginjal dan tumor kelenjar pitutari di otak.

Apabila produksi hormon prolaktin tidak normal maka fungsi hormon lain pun akan terganggu. Dalam hal terjadinya menstruasi, hormon prolaktin dapat memengaruhi hormon estroge dan progesteron.

Mengalami masalah medis

Penyebab telat haid bisa terjadi karena ada faktor medis yang memengaruhi siklus menstruasi. Beberapa masalah medis yang bisa memicu telat haid di antaranya yaitu sindrom ovarium polikistik (PCOS), gangguan hormon tiroid, diabetes, dan kelainan lainnya.

Penyakit-penyakit di atas harus mendapatkan perhatian yang lebih. Kamu bisa memeriksakannya ke dokter untuk mencegah kondisi lebih parah.

Itulah beberapa penyebab telat haid yang harus kamu ketahui. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar siklus haid menjadi lancar seperti menghindari stres, menerapkan pola hidup sehat, menjaga berat badan agar tetap ideal, dan konsumsi jamu tradisional (Ume/Djavatoday)

6 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Minum air putih menjadi salah satu peranan penting yang berdampak pada kesehatan tubuh manusia. Dibanding minuman berperisa berkarbonat, air putih lebih sehat dikonsumsi karena...

Dapat Mencegah Anemia, Berikut Manfaat Mengonsumsi Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi buah kurma merupakan amalan sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Buah yang memiliki keistimewaan di bulan Ramadhan ini identik dengan rasanya yang manis....

Jangan dipencet! Ini Dia Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

Jerawat sebetulnya merupakan hal wajar yang kerap kali dialami oleh remaja puber di masa-masa fluktuasi hormon. Tetapi meskipun begitu, seseorang akan melakukan secercah cara...

Tips Manjur Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Kesehatan gigi dan mulut merupakan hal paling penting yang tidak boleh kamu abaikan begitu saja. Peran gigi sangatlah berpengaruh terhadap sistem pencernaan manusia, sebab...

Terpopuler

Lainnya