Sabtu, April 20, 2024

5 Manfaat Makanan Manis, Bisa Beri Efek Senang

Manfaat makanan manis ada banyak, loh. Sebagian orang mungkin menghindari makanan manis karena dapat memicu terjadinya penyakit pada tubuh seperti diabetes. Namun, tubuh juga tetap harus diberi asupan makanan yang manis agar dapat bekerja dengan semestinya. Tentunya, jumlah atau porsi yang digunakan harus tepat agar tidak memberikan dampak yang buruk.

Makanan manis menjadi salah satu favorit banyak orang. Kesan manis yang diberikan dapat membuat suasana hati menjadi lebih senang. Maka dari itu, tak heran jika orang yang sedang sedih cenderung menginginkan makanan yang mempunyai cita rasa yang manis.

Rasa manis pada makanan bisa diperoleh dari pemanis buatan seperti sakarin atau aspartam. Ada pula sumber rasa manis dari bahan alami seperti gula atau karbohidrat yang terdapat dalam buah-buahan.

Manfaat Makanan Manis

Berikut beberapa manfaat makanan manis bagi tubuh.

Mengurangi stres

Manfaat makanan manis yang pertama yaitu dapat mengurangi stres. Keadaan stres dapat terjadi kapan saja dan pada siapa saja. Apabila kondisi ini terus dibiarkan maka dapat meningkatkan risiko terjadinya depresi.

Untuk kamu yang sedang mengalami stres, kamu bisa memamakan makanan-makanan manis yang kamu suka. Sebuah studi menunjukkan, otak dapat melepaskan hormon serotonin pasca mengkonsumsi makanan yang manis. Hormon ini dapat membantu menstabilkan suasana hati sehingga dapat mengatasi stres dan menghindari terjadinya depresi.

Memperbaiki kualitas tidur

Sering mengalami masalah tidur? Cobalah untuk memakanan makanan manis sebelum tidur. Makanan manis seperti kue, permen, coklat, atau es krim dapat melepaskan hormon serotonin.

Hormon ini juga dapat memengaruhi kualitas tidurmu. Jika kamu tidur dalam keadaan suasana hati yang baik maka kualitas tidurmu akan jauh lebih baik. Namun, jangan lupa untuk menggosok gigi sebelum tidur, ya.

Sumber energi

Manfaat makanan manis yang berikutnya yaitu dapat berperan sebagai sumber energi. Makanan manis mengandung karbohidrat yang merupakan sumber energi tubuh manusia. Karbohidrat sangat penting dalam memberikan energi pada berbagai macam organ tubuh seperti otak, sistem syaraf, dan otot.

Jika tubuh cukup mendapatkan asupan karbohidrat maka tubuh akan lebih kuat dan tidak mudah merasa lelah. Ini terjadi karena karbohidrat adalah sumber energi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Meningkatkan kreativitas

Melanjutkan dari poin-poin sebelumnya, karbohidrat pada makanan manis berperan sebagai sumber energi. Tubuh yang memiliki asupan karbohidrat yang cukup dapat membuat kemampuan kinerja otak meningkat. Hal ini akan berpengaruh pada kreativitas dan produktivitas seseorang.

Meningkatkan kemampuan otak

Manfaat makanan manis yang terakhir yaitu dapat meningkatkan kemampuan otak. Makanan yang manis mengandung glukosa yang dapat berperan sebagai bahan bakar otak. Kandungan ini juga dapat meningkatkan konsentrasi. Dengan mengkonsumsi makanan manis maka daya ingat dapat meningkat.

Itu dia manfaat makanan manis bagi tubuh manusia. Selalu ingat untuk tetap mengkonsumsinya dalam jumlah yang wajar, ya. (Ume/Djavatoday)

5 Tips Mengecilkan Betis dengan Mudah dan Cepat

Tips mengecilkan betis bisa berguna bagi siapapun, baik itu pria maupun wanita. Betis merupakan salah satu bagian tubuh yang perlu mendapatkan latihan yang benar....

6 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Minum air putih menjadi salah satu peranan penting yang berdampak pada kesehatan tubuh manusia. Dibanding minuman berperisa berkarbonat, air putih lebih sehat dikonsumsi karena...

Dapat Mencegah Anemia, Berikut Manfaat Mengonsumsi Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi buah kurma merupakan amalan sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Buah yang memiliki keistimewaan di bulan Ramadhan ini identik dengan rasanya yang manis....

Jangan dipencet! Ini Dia Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

Jerawat sebetulnya merupakan hal wajar yang kerap kali dialami oleh remaja puber di masa-masa fluktuasi hormon. Tetapi meskipun begitu, seseorang akan melakukan secercah cara...

Terpopuler

Lainnya