Minggu, Juni 16, 2024

5 Manfaat Konsumsi Madu bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat konsumsi madu ada beragam, salah satunya yaitu bagi kesehatan tubuh. Madu memang dikenal sebagai bahan alami yang kaya akan manfaat. Madu sering digunakan sebagai bahan pemanis alami dan juga penambah stamina bagi tubuh.

Kandungan nutrisi yang ada pada madu mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat, loh. Jadi gak heran kalau madu banyak digunakan sebagai obat tradisional. Nah untuk lebih tahu tentang manfaat madu, kamu bisa menyimak artikel di bawah ini.

Manfaat Konsumsi Madu

Berikut beberapa manfaat konsumsi madu bagi kesehatan tubuh kita.

Sumber energi

Manfaat konsumsi madu yang pertama yaitu madu bisa kamu jadikan sebagai sumber energi bagi tubuh. Madu mengandung glukosa dan fruktosa yang dapat menjaddi sumber energi yang mudah diserap oleh tubuh. Mengonsumsi madu dapat membuat kamu lebih berenergi untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Meredakan batuk

Jika kamu lihat, beberapa produk obat batuk pasti mengandung ekstrak madu. Bahan memang mampu meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Hal ini terjadi karena madu memiliki sifat antiradang yang berasal dari kandungan flavonoid dan jenis polifenol lain. Senyawa ini akan bekerja dengan cara menghambat hormon pemicu peradangan dalam tubuh.

Rasa manis pada madu akan memicu produksi air liur yang dapat melembapkan tenggorokan kering. Dengan begitu rasa gatal pada tenggorokan akan berkurang. Antioksidan pada madu juga dapat meredakan peradangan yang dapat memicu batuk.

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat konsumsi madu yang berikutnya yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan yang banyak terjadi di Indonesia. Penyakit ini bahkan mulai menyerang usia muda.

Agar bisa terhindar dari penyakit ini, kamu bisa mengkonsumsi madu secara rutin. Madu dapat memberikan perlindungan terhadap tekanan darah dan kadar kolesterol. Jika kadar kolesterol tinggi maka akan menyebabkan pembentukan plak di pembuluh darah, hal ini memicu serangan jantung. Sedangkan tekanan darah yang tinggi dapat membuat kinerja jantung menjadi lebih berat.

Mencegah pertumbuhan bakteri

Madu mengandung hidrogen peroksida dan memiliki tingkat keasaman alami yang dapat membantu mencegah proses pertumbuhan bakteri. Dengan kandungan ini madu sering digunakan sebagai obat penyembuh luka. Madu juga dapat mengatasi gejala penyakit asam lambung.

Meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat konsumsi madu yang terakhir yaitu dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini sepertinya sudah banyak diketahui orang. Banyak orang memanfaatkan madu sebagai penjaga imun, terutama pada musim pancaroba.

Madu mengandung senyawa fitonutrien yang dapat memperkuat sel-sel imun dalam tubuh kita. Tak hanya itu, madu juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita agar terhindari dari penyakit.

Demikianlah manfaat konsumsi madu bagi kesehatan tubuh. Madu memiliki cita rasa yang unik sehingga cocok untuk kamu yang gak suka obat. (Ume/Djavatoday)

Tak Hanya Menyegarkan, Berikut Manfaat Air Kelapa yang Baik untuk Tubuh

Manfaat air kelapa memiliki peran yang cukup besar terhadap kesehatan. Lebih dari sekadar rasanya yang menyegarkan dan nikmat saat di minum, air kelapa mengandung...

8 Makanan Rendah Kalori, Cocok untuk Diet Sehat!

Makanan rendah kalori merupakan asupan yang cocok bagi kamu yang ingin melakukan diet dengan cara sehat. Untuk menurunkan badan atau memiliki tubuh yang ideal,...

Patut diwaspadai! Ini Dia Efek Samping Mengonsumsi Telur Mentah bagi Kesehatan

Mengonsumsi telur mentah yang disimpan dengan tidak higienis mempunyai sejumlah risiko berbahaya. Bagi sebagian orang, makan telur mentah sudah menjadi hal yang biasa, pun...

Resep Susu Jahe Merah, Minuman Herbal yang Bisa Hangatkan Badan

Resep susu jahe merah wajib banget nih kamu cobain di rumah. Minuman ini sangat baik bagi kesehatan tubuh. Tak hanya mampu menghangatkan badan, susu...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya