Rabu, Juni 19, 2024

5 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan, Dapat Turunkan Kolesterol!

Manfaat bawang putih ada banyak loh. Siapa sangka bahwa bumbu dapur yang satu ini ternyata memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan. Bawang putih memiliki kandungan zat yang dapat menjaga kesehatan pembuluh darah dan otak. Maka tak heran jika mengkonsumsi bawang putih dengan cara yang benar dapat meningkatkan kesehatan seseorang.

Bawang putih memiliki aroma yang sangat menyengat. Biasanya bawang putih digunakan sebagai bumbu penyedap masakan. Namun di balik itu, bawang putih juga bisa menjadi obat herbal bagi kita, loh.

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Berikut manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh.

Menurunkan tekanan darah

Manfaat bawang putih yang pertama yaitu dapat menurunkan tekanan darah. Kandungan allicin pada bawang putih akan membantu membuat pembuluh darah rileks. Hal ini memungkinkan aliran darah dapat lebih lancar dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja. Bahkan dari usia yang tergolong muda. Untuk menjaga kesehatan jantung, kamu bisa mengkonsumsi bawang putih. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bawang putih dapat menurunkan tekanan darah. Dengan begitu maka konsumsi bawang putih dengan benar dapat meminimalisasi terjadinya penyakit jantung.

Jika kadar kolesterol dapat terkendali dengan baik maka hal tersebut dapat mencegah terjadinya penumpukan lemak di dalam darah. Di mana jika terjadi penumpukan lemak dalam darah maka pembuluh darah akan tersumbat. Akibatnya jantung akan bekerja lebih berat.

Ketika darah mengalir dengan baik maka tekanan darah akan normal. Hal tersebut dapat meringankan kerja jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh kita.

Meredakan flu

Manfaat bawang putih yang berikutnya yaitu dapat meredakan flu. Bawang putih dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi yang disebabkan oleh virus.

Hal ini terjadi karena bawang putih mengandung allicin yang dapat berperan sebagai antivirus. Kandungan tersebut dapat melawan virus penyebab flu dan pilek serta dapat mengatasi sakit tenggorokan.

Menjaga kesehatan otak

Penyakit otak yang paling sering terjadi adalah alzheimer dan demensia. Keduanya dapat dicegah dengan mengkonsumsi bawang putih. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam bawang putih akan mencegah terjadinya kerusakan otak akibat paparan radikal bebas. Dengan begitu otak akan lebih sehat dan terhindar dari penyakit otak.

Mengatasi kerontokan rambut

Manfaat bawang putih yang terakhir yaitu dapat mengatasi rambut rontok. Bawang putih dapat berperan sebagai vitamin C yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri pada kulit rambut. Bawang putih juga dapat mencegah pertumbuhan kuman yang dapat merusak folikel rambut.

Itulah beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh. Bawang putih bisa dikonsumsi secara langsung atau dimasak terlebih dahulu sesuai kegunaannya. Semoga artikel ini membantu, ya. (Ume/Djvatoday)

Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daging kambing ternyata begitu banyak untuk kesehatan tubuh kita karena memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik.

Tips Meredam Rasa Marah, Kendalikan Emosi dengan Lebih Bijak

Tips meredam rasa marah kali ini akan membantu kamu mengendalikan emosi dengan baik. Sebagai manusia, rasa marah memang wajar datang. Namun ada kalanya kamu...

Tak Hanya Menyegarkan, Berikut Manfaat Air Kelapa yang Baik untuk Tubuh

Manfaat air kelapa memiliki peran yang cukup besar terhadap kesehatan. Lebih dari sekadar rasanya yang menyegarkan dan nikmat saat di minum, air kelapa mengandung...

8 Makanan Rendah Kalori, Cocok untuk Diet Sehat!

Makanan rendah kalori merupakan asupan yang cocok bagi kamu yang ingin melakukan diet dengan cara sehat. Untuk menurunkan badan atau memiliki tubuh yang ideal,...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya