Senin, Juni 17, 2024

5 Cara Efektif Supaya Tidak Mudah Mengantuk Saat Beraktivitas

Mudah mengantuk saat beraktivitas adalah hal paling menjengkelkan yang sering kali kita alami. Tubuh jadi tidak bersemangat untuk mengikuti rangkaian kegiatan yang mesti diselesaikan. Untuk mengantisipasi adanya rasa kantuk saat hendak melakukan aktivitas, kamu perlu memperhatikan faktor-faktor yang menyebabkan seseorang mengantuk, di antaranya adalah jam tidur tidak tercukupi usai melakukan aktivitas yang sangat padat, kurangnya asupan kalori dan nutrisi, kurangnya suplai oksigen, atau tekanan darah rendah.

Mudah mengantuk saat beraktivitas tentu bisa kamu tangani dengan berbagai hal yang bisa meningkatkan kinerja otak sehingga kamu dapat berkonsentrasi dengan baik. Tubuh lemas dan tenaga yang terkuras juga bisa menyebabkan kantuk berlebih. Maka kamu memerlukan sesuatu yang dipercaya ampuh menghalau rasa kantuk. Nah! Ini dia tipsnya!

Mudah Mengantuk Saat Beraktivitas, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Berikut merupakan sejumlah tips yang bisa kamu ikuti agar tubuh tetap semangat dan dapat merespons dengan baik saat sedang beraktivitas.

Konsumsi kafein

Mengonsumsi kafein dalam segelas kopi sudah bukan hal baru dan yang tak perlu lagi dipertanyakan. Kebanyakan orang memilih minum kopi untuk menghilangkan rasa kantuk karena simpel dan praktis. Bahkan jika kamu tak ingin repot-repot membawa kopi, kamu bisa membelinya di kedai yang kini sudah menyediakan banyak varian kopi. Namun, tetap batasi jumlah kafein yang kamu konsumsi ya! Karena terlalu banyak mengonsumsi kafein akan membuat tubuh bereaksi secara berlebihan sehingga berdampak buruk terhadap aktivitas yang tengah kamu jalani. Cukup satu gelas kopi saja dalam sehari.

Mencoba bercengkerama

Mudah mengantuk saat beraktivitas bisa juga disebabkan kala kamu merasa bosan. Ketika rasa ngantuk mulai menyerang, cobalah berinteraksi. Ajak bicara temanmu meskipun hanya sebuah obrolan ringan. Tentunya dengan catatan, jangan sampai orang yang kamu ajak bicara merasa terganggu.

Mengunyah permen karet

Dibandingkan mengonsumsi makanan berat, mengunyah permen karet tentu lebih efektif untuk menghilangkan rasa kantuk. Tanpa disadari, gerakan peristaltik bisa bikin kamu lebih fokus bahkan sampai lupa kalau sebelumnya kamu hampir tertidur. 

Sarapan dengan makanan bergizi

Jangan pernah lupakan sarapan sebelum berangkat sekolah, bekerja, atau aktivitas lainnya. Penuhi asupan nutrisimu dengan makan makanan bergizi seimbang seperti sayur, telur, daging, kacang-kacangan, susu, dan macam-macam. Perhatikan pula porsi sarapan kamu supaya tidak terlalu kenyang yang justru akan membuat kamu merasa malas.

Menggerakkan badan

Minim gerak bisa jadi faktor penyebab kamu merasa ngantuk. Beberapa aktivitas seperti mengikuti seminar, rapat, atau suatu pertemuan memang rawan ngantuk karena tubuh kita hanya duduk diam selama berjam-jam. Di kondisi seperti ini, cobalah lakukan gerakan ringan tanpa memecah konsentrasi orang lain.

Itulah 5 cara efektif yang bisa kamu lakukan agar tidak mudah mengantuk saat sedang beraktivitas. Jangan sepelekan pola makan dan selalu cukupi waktu tidur kamu supaya bisa menjalani hari-harimu dengan antusias. Semoga membantu! (Karin/Djavatoday)

Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daging kambing ternyata begitu banyak untuk kesehatan tubuh kita karena memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik.

Tips Meredam Rasa Marah, Kendalikan Emosi dengan Lebih Bijak

Tips meredam rasa marah kali ini akan membantu kamu mengendalikan emosi dengan baik. Sebagai manusia, rasa marah memang wajar datang. Namun ada kalanya kamu...

Tak Hanya Menyegarkan, Berikut Manfaat Air Kelapa yang Baik untuk Tubuh

Manfaat air kelapa memiliki peran yang cukup besar terhadap kesehatan. Lebih dari sekadar rasanya yang menyegarkan dan nikmat saat di minum, air kelapa mengandung...

8 Makanan Rendah Kalori, Cocok untuk Diet Sehat!

Makanan rendah kalori merupakan asupan yang cocok bagi kamu yang ingin melakukan diet dengan cara sehat. Untuk menurunkan badan atau memiliki tubuh yang ideal,...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya