Sabtu, April 20, 2024

5 Buah yang Mengandung Serat Tinggi, Baik untuk Proses Pencernaan

Buah yang mengandung serat tinggi sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama dalam proses pencernaan. Serat merupakan sejenis karbohidrat dalam makanan nabati yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Selain dapat membantu memperlancar proses pencernaan, serat juga dapat memaksimalkan penyerapan nutrisi. Jadi gak salah, kalau makanan berserat juga sering dicari oleh para pejuang diet.

Serat berperan dalam menjaga keseimbangan bakteri baik yang ada di usus, sehingga proses metabolisme menjadi lebih lancar. Salah satu jenis makanan yang mengandung banyak serat yaitu buah-buahan. Mengkonsumsi buah bisa menjadi salah satu upaya kamu dalam menjaga asupan serat yang masuk ke dalam tubuh.

Buah yang Mengandung Serat Tinggi untuk Pencernaan

Berikut daftar buah yang mengandung serat tinggi.

Alpukat

Buah yang mengandung serat yang pertama yaitu alpukat. Buah ini terkenal akan kandungan lemak baik dan juga serat yang tinggi. Satu buah alpukat atau 100 gram alpukat mengandung sekitar 6,7 gram serat. Selain serat, alpukat juga mengandung nutrisi lain yang baik untuk pencernaan seperti sodium, magnesium, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E.

Tak hanya itu, alpukat juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan matamu, loh. Kandungan tersebut mampu berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah terjadinya degenerasi makula.

Pisang

Buah pisang menjadi salah satu pilihan buah yang mengandung banyak serat, loh. Dalam satu buah pisang berukuran sedang terkandung 3 gram serat. Pisang juga memiliki kandungan pottasium, vitamin B6, dan vitamin C yang baik bagi tubuh. Pilihlah pisang yang sudah matang dan konsumsi dengan jumlah yang wajar.

Apel

Buah yang mengandung serat yang berikutnya yaitu apel. Satu buah apel berukuran sedang mengandung sekitar 4,5 gram serat. Apel juga mengandung serat larut pektin yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Apel dikenal sebagai camilan diet sehat yang cocok untuk memenuhi kebutuhan serat harian manusia.

Jeruk

Jeruk dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C. Namun ternyata jeruk juga memiliki serat yang tinggi, loh. Dalam satu buah jeruk berukuran sedang mengandung 3 gram serat. Buah ini juga mudah untuk ditemukan sehingga cocok sebagai sumber seratmu.

Kiwi

Buah yang mengandung serat yang terakhir yaitu buah kiwi. Meski memiliki ukuran yang kecil, kiwi mengandung banyak serat, loh. Dalam 100 gram kiwi kamu bisa mendapatkan 3 gram serat yang dapat menjaga kesehatan tubuh.

Kiwi juga tinggi akan vitamin C yang berguna sebagai antioksidan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Tak hanya itu, kiwi juga dapat melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif yang dapat menjadi pemicu terjadinya beberapa penyakit.

Demikianlah buah yang mengandung serat tinggi. Selain mengkonsumsi buah-buahan di atas, kamu juga bisa mengkonsumsi sayuran, ya. (Ume/Djavatoday)

5 Tips Mengecilkan Betis dengan Mudah dan Cepat

Tips mengecilkan betis bisa berguna bagi siapapun, baik itu pria maupun wanita. Betis merupakan salah satu bagian tubuh yang perlu mendapatkan latihan yang benar....

6 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Minum air putih menjadi salah satu peranan penting yang berdampak pada kesehatan tubuh manusia. Dibanding minuman berperisa berkarbonat, air putih lebih sehat dikonsumsi karena...

Dapat Mencegah Anemia, Berikut Manfaat Mengonsumsi Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi buah kurma merupakan amalan sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Buah yang memiliki keistimewaan di bulan Ramadhan ini identik dengan rasanya yang manis....

Jangan dipencet! Ini Dia Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

Jerawat sebetulnya merupakan hal wajar yang kerap kali dialami oleh remaja puber di masa-masa fluktuasi hormon. Tetapi meskipun begitu, seseorang akan melakukan secercah cara...

Terpopuler

Lainnya