Jumat, Juni 18, 2021

5 Bahaya Mengintai Jika Kamu Tidur Setelah Sahur

Banyak orang menganggap masih ada waktu kosong setelah sahur sehingga mereka memanfaatkannya untuk tidur kembali. Hal ini dimaksudkan agar mereka tidak mengantuk di siang hari, padahal tidur setelah sahur tidak baik untuk kesehatan.

Tidur setelah sahur memang terasa nikmat, namun akan ada efek samping yang ditimbulkan. Selain berbahaya untuk pencernaan, hal tersebut juga bisa membuat berat badan kamu menjadi naik drastis. Berikut rangkumannya.

Baca juga : Khasiat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

Berpotensi mengalami Gerd

Pada dasarnya tidur setelah makan memang sangat tidak disarankan, karena hal ini dapat memicu penyakit asam lambung atau gerd. Kondisi ini terjadi karena katup antara lambung dan tenggorokan tidak menutup sepenuhnya akibat pengaruh posisi kamu saat tidur.

Idealnya, setelah makan kamu dianjurkan untuk duduk terlebih dahulu atau dalam posisi tegak agar tubuhmu bisa mencerna makanan dengan sempurna. Jika kamu terbiasa tidur setelah makan sahur, maka asam lambung bisa naik. Efek dari gerd ini bisa membuat dada terasa panas, sendawa, tenggorokan panas hingga mual.

Gelisah saat tidur

- Advertisement -

Rasa tidak nyaman atau gelisah akan kamu alami jika kamu terbiasa tidur setelah makan sahur. Hal ini disebabkan karena  proses pencernaan dalam tubuhmu masih berlangsung atau memang kamu terlalu banyak minum air saat sahur.

Selain tidur yang tidak terasa nyenyak, kamu pun akan terbangun dengan keinginan buang air kecil yang tidak tertahankan.

Berat badan naik

Sayang sekali jika kamu berpuasa seharian tapi berat badanmu malah jadi semakin bertambah. Hal ini terjadi karena pembakaran kalori dalam tubuhmu akan terhambat jika kamu memutuskan tidur setelah makan.

Menurut penelitian, tidur setelah sahur juga akan meningkatkan kadar hormon grehlin yang memicu lapar saat bangun. Sehingga ketika kamu berbuka nanti, tanpa sadar kamu akan memakan banyak makanan dengan lahap.

Sakit tenggorokan

Salah satu efek gerd yang dirasakan oleh tubuh kita adalah perasaan sakit di tenggorokan. Saat asam lambung naik ke kerongkongan maka hal ini akan membuat sensasi terbakar di tenggorokan. Jika dibiarkan terus-menerus, maka tenggorokanmu bisa mengalami radang.

Sembelit

Efek buruk terakhir yang akan kamu rasakan adalah kamu akan mengalami sembelit atau susah buang air besar. Hal ini dikarenakan ketika kamu dalam posisi tidur, tubuh akan lebih sulit untuk melakukan proses pengosongan lambung. (Willy/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU

Advertisement

Popular

INFO GRAFIS