Jumat, April 19, 2024

4 Manfaat Tablet Tambah Darah bagi Remaja Perempuan dan Wanita Usia Subur

Manfaat tablet tambah darah (TTD) sangat besar bagi kesehatan remaja putri dan wanita usia subur (WUS). Tablet tambah darah merupakan obat yang mengandung zat besi dan asam folat. Kandungan zat besi pada tablet tambah darah dapat mencegah terjadinya anemia pada wanita.

Bagi remaja putri dan wanita usia subur dianjurkan mengkonsumsi tablet tambah darah sebanyak satu kali dalam seminggu. Hal ini dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan cadangan zat besi dalam tubuh. Lebih lanjut, berikut penjelasan terkait manfaat dari tablet tambah darah.

Manfaat Tablet Tambah Darah

Berikut manfaat tablet tambah darah bagi kaum perempuan.

Mencegah anemia

Manfaat tablet tambah darah yang pertama yaitu mencegah terjadinya anemia. Pada usia remaja, perempuan sudah mulai mengalami menstruasi setiap bulannya. Proses menstruasi ini memungkinkan seseorang mengalami kehilangan banyak darah dan lebih rentan mengalami anemia. Untuk memastikan tubuh tidak kekurangan hemoglobin maka remaja putri diharuskan rutin mengkonsumsi tablet tambah darah setidaknya satu kali dalam seminggu. 

Baik bagi ibu hamil

Ibu hamil menjadi salah satu target utama pemberian tablet tambah darah. Ini merupakan bagian dari pelayanan gizi untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Ibu hamil yang cukup memiliki zat gizi pada tubuhnya dapat berdampak baik bagi pertumbuhan janin, plasenta, dan pencegahan perdarahan saat persalinan.

Pemberian tablet tambah darah pada ibu hamil bermanfaat untuk mencegah terjadinya angka kematian ibu akibat pre eklampsia dan eklamsia. Tak hanya itu, mengkonsumsi tablet tambah darah juga dapat mencegah anak yang dikandungnya mengalami stunting.

Investasi kesehatan jangka panjang

Manfaat tablet tambah darah yang berikutnya yaitu dapat menjaga kesehatan secara jangka panjang. Mengkonsumsi tablet tambah darah secara rutin setidaknya dapat membuat remaja putri bebas dari anemia. Perlu Sobat Djava tahu bahwa prevalensi anemia di Indonesia masih tinggi, sehingga diperlukan adanya upaya pencegahan.

Menjaga remaja putri dari penyakit anemia akan menjamin kehamilannya kelak lebih sehat dan terhindar dari risiko kematian pada ibu dan anak. Anak yang dikandung ibu pun akan diberikan perlindungan agar tak terkena stunting. Jika anak sudah terindikasi mengalami stunting maka ia berkemungkinan masuk ke dalam lost generation.

Dapat tumbuh dengan lebih sehat

Usia remaja adalah usia dimana tubuh mengalami pertumbuhan yang pesat. Di usia ini pula mereka membutuhkan zat gizi yang lebih banyak dibanding saat berada di usia kanak-kanak. Tablet tambah darah juga dapat menambal kebutuhan zat besi remaja.

Seperti yang kita tahu, di era sekarang usia remaja cenderung memilih fast food yang belum tentu dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhnya. Mengkonsumsi tablet tambah darah dapat mengatasi kekurangan asupan zat gizi tersebut.

Itulah beberapa manfaat tablet tambah darah yang bisa didapatkan. Yuk mulai rutin konsumsi tablet ini, kamu bisa mendapatkannya di apotik, puskesmas, dan pelayanan kesehatan lainnya. (Ume/Djavatoday)

5 Tips Mengecilkan Betis dengan Mudah dan Cepat

Tips mengecilkan betis bisa berguna bagi siapapun, baik itu pria maupun wanita. Betis merupakan salah satu bagian tubuh yang perlu mendapatkan latihan yang benar....

6 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Minum air putih menjadi salah satu peranan penting yang berdampak pada kesehatan tubuh manusia. Dibanding minuman berperisa berkarbonat, air putih lebih sehat dikonsumsi karena...

Dapat Mencegah Anemia, Berikut Manfaat Mengonsumsi Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi buah kurma merupakan amalan sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Buah yang memiliki keistimewaan di bulan Ramadhan ini identik dengan rasanya yang manis....

Jangan dipencet! Ini Dia Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

Jerawat sebetulnya merupakan hal wajar yang kerap kali dialami oleh remaja puber di masa-masa fluktuasi hormon. Tetapi meskipun begitu, seseorang akan melakukan secercah cara...

Terpopuler

Lainnya