Jumat, April 19, 2024

4 Makanan Ibu Hamil untuk Jaga Kesehatan Janin

Makanan ibu hamil perlu diperhatikan demi menjaga kesehatan janin. Ibu hamil menjadi salah satu golongan rentan yang memerlukan penjagaan ketat, termasuk dalam hal asupan makanan. Ibu hamil perlu mencukupi asupan nutrisi untuk dirinya dan janinnya. Konsumsi untuk ibu hamil perlu diperhatikan dari mulai kandungan, porsi, dan lainnya.

Jika kebutuhan asupan ibu hamil tidak terpenuhi maka akan membahayakan dirinya dan calon bayinya. Dampak yang paling berbahaya dari kondisi ini yaitu bayi lahir dalam keadaan stunting. Bayi yang diindikasi terkena stunting tidak bisa disembuhkan, karena penyakit ini belum ada obatnya sampai sekarang.

Oleh karena itu, penting bagi ibu dan keluarga untuk memperhatikan makanan si ibu. Agar kesehatan ibu dan janin dapat terjaga.

4 Makanan Ibu Hamil

Daging dan protein tanpa lemak

Makanan ibu hamil pertama yang harus dipenuhi yaitu daging dan protein tanpa lemak. Daging ayam atau sapi tanpa lemak merupakan makanan yang mengandung protein tinggi. Daging sapi menjadi salah satu makanan yang kaya akan zat besi. Zat besi ini merupakan protein yang harus didapatkan oleh ibu hamil.

Selain mengandung zat besi, daging tanpa lemak juga mengandung kolin dan vitamin B yang juga sama petingnya untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Konsumsilah daging merah tanpa lemak secara teratur dan dalam batas yang wajar.

Buah dan sayur

Kalau jenis makanan yang satu tentu harus banget ibu terima. Buah dan sayur juga merupakan makanan yang kaya akan zat besi yang berperan untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Itulah mengapa ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari.

Makanan ini juga dapat menjadi sumber vitamin C yang berperan untuk menjaga kekebalan tubuh. Ibu hamil yang rutin mengkonsumsi buah dan sayur memiliki risiko terkena gangguan infeksi lebih rendah dibanding dengan ibu yang jarang makan sayur dan buah.

Susu atau olahannya

Makanan ibu hamil yang berikutnya yaitu susu atau olahannya seperti keju, yoghurt, dan lainnya. Biasanya ibu hamil mengkonsumsi susu khusus ibu hamil untuk menjaga kesehatannya. Susu sangat baik untuk membantu pertumbuhan janin. Pilihlah susu ibu hamil yang berkualitas dan sudah terjamin keamanannya.

Ikan

Makanan yang terakhir yaitu ikan. Ikan menjadi salah satu jenis makanan yang banyak mengandung protein, terutama omega 3. Kandungan ini sangat baik untuk membantu pembentukan dan perkembangan otak janin.

Pilihlah ikan laut yang bebas merkuri. Ibu bisa memilih ikan yang matang dan diolah dengan benar.

Itu dia, makanan ibu hamil yang harus dicukupi untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Perhatikan terus asupan makanan ibu agar mereka dapat lebih sehat. (Ume/Djavatoday)

5 Tips Mengecilkan Betis dengan Mudah dan Cepat

Tips mengecilkan betis bisa berguna bagi siapapun, baik itu pria maupun wanita. Betis merupakan salah satu bagian tubuh yang perlu mendapatkan latihan yang benar....

6 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Minum air putih menjadi salah satu peranan penting yang berdampak pada kesehatan tubuh manusia. Dibanding minuman berperisa berkarbonat, air putih lebih sehat dikonsumsi karena...

Dapat Mencegah Anemia, Berikut Manfaat Mengonsumsi Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi buah kurma merupakan amalan sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Buah yang memiliki keistimewaan di bulan Ramadhan ini identik dengan rasanya yang manis....

Jangan dipencet! Ini Dia Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

Jerawat sebetulnya merupakan hal wajar yang kerap kali dialami oleh remaja puber di masa-masa fluktuasi hormon. Tetapi meskipun begitu, seseorang akan melakukan secercah cara...

Terpopuler

Lainnya