Senin, Juni 17, 2024

4 Dampak Kekurangan Air Putih bagi Kesehatan Tubuh

Dampak kekurangan air putih dapat menjadi sangat kompleks mengingat kandungan ini menjadi salah satu nutrisi penting yang harus tubuh kita dapatkan. Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air sehingga penting bagi kita untuk memenuhi kebutuhan air.

Saat ini masih banyak orang yang menyepelekan minum air putih. Tak jarang mereka lebih memilih minuman berasa dibanding air putih. Minuman perasa cenderung memiliki kandungan glukosa yang tinggi. Hal tersebut tidak baik bagi tubuh. Berbeda dengan air putih yang lebih sehat dan berdampak baik bagi tubuh.

Jika tubuh tidak diberikan asupan air putih yang cukup maka dapat berisiko menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan. Berikut beberapa hal negatif yang bisa terjadi ketika tubuh kekurangan air putih.

Dampak Kekurangan Air Putih

Berikut beberapa dampak kekurangan air putih.

Dehidrasi

Dampak kekurangan air putih yang pertama yaitu terjadinya dehidrasi. Istilah ini tentunya sudah bukan hal yang asing bagi kita. Dehidrasi merupakan kondisi di mana tubuh kehilangan cairan dalam jumlah yang banyak. Dehidrasi dapat terjadi karena jumlah cairan yang dikeluarkan tubuh lebih besar daripada cairan yang diterima oleh tubuh.

Salah satu faktor utama dehidrasi adalah kurangnya asupan air minum. Orang yang mengalami dehidrasi akan merasa lemas, pusing, dan nampak pucat. Dalam kondisi parah, dehidrasi dapat menyebabkan koma hingga kematian.

Gangguan pencernaan

Kekurangan minum air putih juga dapar menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit. Kurang minum air putih dapat membuat usus menyerap lebih banyak air dari tinja sehingga membuat tinja kering dan sulit dikeluarkan.

Kondisi di atas dapat menimbulkan efek samping berupa perut keram dan terasa sakit. Tak hanya kesulitan buang air besar, kurang minum air putih juga bisa menyebabkan sulit buang air kecil. Apabila hal ini dibiarkan maka dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi dan penumpukan urine pada tubuh. Hal ini dapat memicu terjadinya batu ginjal.

Menurunkan konsentrasi

Dampak kekurangan air putih yang berikutnya yaitu menurunkan konsentrasi seseorang. Air merupakan salah satu komponen penting pada otak manusia, sehingga apabila otak tak menerima asupan air yang cukup maka dapat mengakibatkan gangguan kognitif pada otak.

Fungsi kognitif pada otak disebut juga dengan kepandaian. Apabila fungsi kognitif ini terganggu maka akan membuat seseorang menjadi mudah lupa dan sulit fokus.

Menurunnya tekanan darah

Dampak kekurangan air putih yang terakhir yaitu dapat menyebabkan tekanan darah menurun. Kekurangan minum air putih dapat mengakibatkan seseorang mengalami dehidrasi. Kondisi ini memungkinkan volume plasma darah menurun. Itu sebabnya kekurangan minum air putih dapat menyebabkan terjadinya penurunan tekanan darah.

Demikian beberapa dampak kekurangan air putih. Terus jaga kesehatan tubuh dengan memastikan asupan air putihmu cukup. Jangan sampai dampak-dampak negatif di atas menyerangmu. (Ume/Djavatoday)

Tips Meredam Rasa Marah, Kendalikan Emosi dengan Lebih Bijak

Tips meredam rasa marah kali ini akan membantu kamu mengendalikan emosi dengan baik. Sebagai manusia, rasa marah memang wajar datang. Namun ada kalanya kamu...

Tak Hanya Menyegarkan, Berikut Manfaat Air Kelapa yang Baik untuk Tubuh

Manfaat air kelapa memiliki peran yang cukup besar terhadap kesehatan. Lebih dari sekadar rasanya yang menyegarkan dan nikmat saat di minum, air kelapa mengandung...

8 Makanan Rendah Kalori, Cocok untuk Diet Sehat!

Makanan rendah kalori merupakan asupan yang cocok bagi kamu yang ingin melakukan diet dengan cara sehat. Untuk menurunkan badan atau memiliki tubuh yang ideal,...

Patut diwaspadai! Ini Dia Efek Samping Mengonsumsi Telur Mentah bagi Kesehatan

Mengonsumsi telur mentah yang disimpan dengan tidak higienis mempunyai sejumlah risiko berbahaya. Bagi sebagian orang, makan telur mentah sudah menjadi hal yang biasa, pun...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya