Sabtu, April 20, 2024

3 Waktu Terbaik untuk Olahraga, Jangan Sampai Salah!

Waktu terbaik untuk olahraga ternyata sangat penting untuk kita ketahui. Pasalnya, jika kita salah dalam memilih waktu untuk berolahraga, kita tidak akan bisa mendapatkan manfaatnya. Bahkan lebih parahnya, kita malah akan membuat tubuh menjadi tidak sehat.

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang diperlukan guna menjaga kesehatan tubuh. Nah, agar hasil dari olahragamu ini dapat maksimal maka kamu perlu melakukannya di waktu yang tepat.

Pada dasarnya, olahraga yang dilakukan di pagi, sore, dan malam hari memiliki kelebihannya masing-masing. Namun bagaimanakah cara menentukan kapan waktu yang bisa kita gunakan untuk berolahraga sesuai dengan kebutuan tubuh kita? Berikut kami sajikan penjelasan lengkapnya dalam artikel di bawah ini.

Waktu Terbaik untuk Olahraga

Berikut waktu terbaik yang bisa kamu pilih.

Pagi hari

Waktu terbaik untuk olahraga yang pertama yakni pagi hari. Waktu ini menjadi waktu yang banyak dipilih oleh sebagian orang. Melakukan kegiatan olah raga di pagi hari sangat baik karena pada saat itu udara masih segar. Namun sebelum melakukan olah raga pagi ada baiknya kamu mengisi perut terlebih dahulu agar terhindar dari gangguan pencernaan.

Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika melakukan di pagi hari.

  • Dapat meningkatkan suasana hati karena di pagi hari dapat melepas hormon endorfin di otak. Hormon inilah yang dapat merangsang perasaan bahagia.
  • Meningkatkan metabolisme tubuh. Dengan begitu maka tubuh akan lebih banyak membakar kalori.
  • Membuat tubuh lebih berenergi.
  • Meningkatkan konsentrasi.
  • Mengontrol nafsu makan sehingga mampu untuk membantu menurunkan berat badan.

Sore hari

Waktu terbaik untuk olahraga yang berikutnya yaitu pada sore hari. Menurut penelitian, sore hari merupakan waktu di mana ritme sirkadian otot manusia lebih aktif, sehingga waktu ini efektif digunakan untuk berolahraga.

Untuk kamu yang memilih di sore hari, disarankan melakukannya pada pukul 14.00 hingga 18.00. Pada rentang waktu ini, tubuh berada di titik tertinggi untuk mengoptimalkan fungsi dan kekuatan otot. Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika melakukan olahraga di sore hari.

  • Meningkatkan kinerja fisik tubuh.
  • Mengembalikan fokus dan semangat.
  • Tubuh menjadi lebih produktif.

Malam hari

Waktu terbaik yang terakhir yaitu malam hari. Dibandingkan dengan dua waktu sebelumnya, malam hari mungkin paling sedikit dipilih untuk melakukan olahraga. Namun ternyata olahraga di malam hari juga gak kalah baiknya dibanding dengan pagi dan sore hari, loh.

Survei dari National Sleep Foundation menunjukkan sebanyak 76-83% orang yang melakukan olahraga di malam hari mengalami peningkatan kualitas tidur dibanding dengan mereka yang tidak berolahraga sama sekali. Berikut beberapa manfaat olahraga di malam hari.

  • Membantu menghilangkan stres.
  • Tubuh menjadi lebih aktif dan tangap terhadap reaksi.
  • Otot tubuh akan menjadi lebih ideal.

Kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan. Lakukanlah olahraga selama 30 menit setiap hari atau minimal 3-5 kali per minggu untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal. (Ume/Djavatoday)

5 Tips Mengecilkan Betis dengan Mudah dan Cepat

Tips mengecilkan betis bisa berguna bagi siapapun, baik itu pria maupun wanita. Betis merupakan salah satu bagian tubuh yang perlu mendapatkan latihan yang benar....

6 Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

Minum air putih menjadi salah satu peranan penting yang berdampak pada kesehatan tubuh manusia. Dibanding minuman berperisa berkarbonat, air putih lebih sehat dikonsumsi karena...

Dapat Mencegah Anemia, Berikut Manfaat Mengonsumsi Buah Kurma untuk Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi buah kurma merupakan amalan sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Buah yang memiliki keistimewaan di bulan Ramadhan ini identik dengan rasanya yang manis....

Jangan dipencet! Ini Dia Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

Jerawat sebetulnya merupakan hal wajar yang kerap kali dialami oleh remaja puber di masa-masa fluktuasi hormon. Tetapi meskipun begitu, seseorang akan melakukan secercah cara...

Terpopuler

Lainnya