Jumat, September 13, 2024

Tips Mengatur Keuangan Ala Anak Kost, Hemat dan Bijak!

Tips mengatur keuangan kali ini pasti bakal berguna banget buat kamu yang lagi berada di perantauan. Menerapkan gaya hidup hemat memang sudah sepatutnya dilakukan, terlebih lagi buat anak kost yang mau tak mau harus pandai dalam mengatur pengeluaran, apalagi jika UKT yang didapatkan nominalnya lumayan besar. Makanya, hidup hemat jadi salah satu cara survive ketika kamu sedang jauh dari keluarga. Buat kamu yang sedang berjuang melanjutkan studi yang jauh dari tempat asal, jangan sampai terpengaruh dengan hal-hal yang negatif, contohnya membeli sesuatu karena fomo yang hanya akan membuatmu terkesan boros.

Tips Mengatur Keuangan Ala Anak Kost Biar Isi Dompet Tetap Aman

Supaya uang tidak cepat habis, kamu memerlukan cara untuk mengatur keuangan dengan bijak. Sebagai anak kost, berikut merupakan sederet tips hemat yang bisa kamu ikuti! 

Pilih kost yang dekat dengan fakultas

Menempati kost yang jaraknya dekat dengan fakultas adalah opsi paling tepat yang harus kamu ambil. Apalagi buat kamu yang tidak membawa kendaraan pribadi ke tempat rantau. Dengan begitu, kamu tidak perlu menghabiskan uang untuk membayar ojek atau kendaraan umum lainnya karena bisa jalan kaki dari kost ke fakultas. 

Membuat anggaran bulanan

Sebagai anak kost, cobalah untuk membuat anggaran selama sebulan guna meminimalisir terjadinya pemborosan. Anggaran ini dibuat agar kamu tahu berapa banyak yang boleh kamu keluarkan dan berapa perkiraan untuk simpanan. Mulailah dengan kebutuhan pokok seperti uang kost, makan, transportasi, kebutuhan pribadi, dan semacamnya.

Cari tahu harganya sebelum membeli

Tips mengatur keuangan berikutnya adalah melakukan riset sebelum membeli, baik barang maupun makanan. Di kuliah, lingkup pertemananmu pasti semakin besar. Tidak ada salahnya untuk saling bertanya dan bertukar informasi dengan teman-teman seperjuangan terkait biaya hidup di tempatmu yang sekarang. 

Masak sendiri

Makan menjadi salah satu dari tiga kebutuhan pokok manusia. Karena tanpa makan, kita tidak dapat bertahan. Pengeluaran untuk membeli makan inilah yang membuat dompet tahu-tahu makin tipis. Kamu harus pandai memilih dan mempertimbangkan mana yang lebih murah tapi tetap mengenyangkan. Supaya lebih hemat, kamu bisa mengakalinya dengan bikin lauk sendiri di kosan. Bahkan hanya dengan modal sepuluh ribu, kamu bisa sekalian memasak lauk untuk makan malam. 

Berburu promo

Promo memang tidak setiap hari ada, tapi cobalah miliki koneksi untuk mengetahui promo yang sedang diadakan. Biasanya, Mall mengadakan promo pada saat perayaan hari-hari besar atau tanggal ganda. Nah, kamu bisa memanfaatkan kesempatan itu untuk berburu harga yang lebih murah dibanding harga aslinya. Kamu juga bisa mendapatkan potongan harga atau cashback di marketplace serta aplikasi ojek online.

Tidak menggunakan jasa orang lain

Tips mengatur keuangan yang baik dan benar adalah dengan tidak menggunakan jasa orang lain. Contohnya loundry, lebih baik cuci dan setrika sendiri pakaianmu. Jadi anak kost harus kuat dan mandiri, cobalah untuk melakukannya tanpa meminta bantuan orang lain selagi kamu masih mampu. Berikutnya, contoh menggunakan jasa orang lain yang tidak boleh kamu lakukan selama kuliah adalah memakai joki tugas. Daripada uangnya digunakan untuk hal seperti itu, lebih baik kamu simpan di tabungan. 

Ingatlah untuk selalu bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Kurangi pula nongkrong-nongkrong di luar apabila kegiatannya tidak mendesak bahkan tak penting. Namun, sesekali keluar mencari udara segar tidak menjadi masalah, asal sesuaikan dengan budget yang telah kamu atur di dalam rincian anggaran biayamu. (Karin/Djavatoday)

5 Perusahaan BUMN Paling Terkenal, Banyak Diminati!

Perusahaan BUMN paling terkenal sudah tentu menjadi yang paling banyak juga diminati oleh para jobseeker. BUMN atau Badan Usaha Milik Negara adalah badan usaha...

Ide Bisnis untuk Mahasiswa yang Minim Modal dan Bisa dijadikan Ladang Cuan

Ide bisnis untuk mahasiswa sudah cukup sering berseliweran, terutama di media sosial. Peluang bagi para mahasiswa pejuang rupiah kini semakin besar. Bahkan cukup menjanjikan...

Cara Mengatasi Salah Transfer, Jangan Panik!

Cara mengatasi salah transfer pada artikel kali ini akan membantumu mendapatkan danamu kembali.  Kamu tak perlu khawatir karena semua bank yang terhubung dengan OJK...

Cara Efektif Budidaya Buah Naga Agar Pertumbuhannya Tidak Terhambat

Budidaya buah naga sudah banyak ditemukan di Indonesia. Buah yang berasal dari sejumlah spesies kaktus dalam marga Hylocereus dan Selenicereus dengan ciri khas sisik...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya