Minggu, Juni 16, 2024

Stadion Galuh Ciamis, Fasilitas Olahraga Berkelas Eropa

Stadion Galuh Ciamis dinilai menjadi fasilitas olahraga berkelas Eropa. Selain berkelas, Stadion berkapasitas 25.000 penonton milik Pemkab Ciamis tersebut memiliki sejarah yang cukup kuat dikancah persepakbolaan Nasional.

Lapangan yang dikelilingi lintasan jalur atletik tersebut memiliki kualitas rumput yang baik. Ketika hujan genangan air tidak akan mengganggu alur pertandingan dengan drainase penyerapan air yang baik.

Stadion yang berlokasi di Jl Ahmad Dahlan Ciamis tersebut juga melahirkan atlet-atlet sepakbola besar. Heri Rafni Kotari dan Ukut Kusparman menjadi legenda sepakbola Nasional yang mengawali karirnya di rumput Stadion Galuh.

Homebase PSGC Ciamis

Stadion Galuh Ciamis sendiri menjadi kandang tim kembanggaan Ciamis yakni PSGC Ciamis. Performa tim berjuluk Singacala tersebut cukup membanggakan warga Ciamis dengan sempat berkiprah di Divisi Utama Liga Indonesia.

Kualitas rumput baik menjadikan Stadion Galuh digunakan untuk Pemusatan Pelatihan tim-tim besar seperti Persib Bandung sampai Persebaya Surabaya.

Stadion Galuh memiliki magnet tersendiri bagi warga Tatar Galuh sebagai fasilitas olahraga yang memiliki sejarah kuat. Dimana ditempat tersebut banyak cerita kebesaran dan bukti potensi olahraga Ciamis yang bisa diperhitungkan dikancah Nasional bahkan Internasional.

Persib Dikalahkan di Stadion Galuh Ciamis

Striker PSGC Ciamis Osas Saha jebol Gawang Persib Bandung

Stadion Galuh pernah menjadi saksi kemenangan PSGC atas tim besar sekelas Persib Bandung pada 19 Agustus 2015 lalu. Gol tunggal kala itu dilesatkan Striker Asing PSGC Osas Saha.

Kekalahan Persib sebagai Juara ISL 2014 dengan skor 1 – 0 oleh PSGC sontak menuai optimisme tinggi bagi warga Ciamis. Harapan akan kebangkita persepakbolaan Ciamis kembali bersinar.

Pernah menjadi Tuan Rumah Turnamen Segitiga

Turnamen Segitiga PSGC vs Persebaya

Pada 6 – 10 April 2016, Stadion Galuh menjadi tuan rumah tunamen segitiga. PSGC Ciamis kala itu harus berhadapan dengan dua tim besar yakni Persebaya Surabaya, Persib Bandung dan PSGC Ciamis.

Turnamen tersebut disiarkan langsung di salahsatu TV Swasta Nasional. Stadion Galuh menjadi sorotan dengan kualitas rumput berkelas.

Selangor FA Pernah Merumput di Stadion Galuh Ciamis

Selangor FA pernah menjajal rumput Stadion Galuh Ciamis

Dengan kualitas rumbut berkelas, tim asal Malaysia Selangor FA pernah mencoba rumput Stadion Galuh Ciamis. Saat itu PSGC sebagai tuan rumah harus kalah tipis dengan score 1 – 2 oleh Selangor FA.

Pada pertandingan yang digelar 24 Mei 2015 di Stadion Galuh itu, Slangor FA diperkuat bintang Tim Nasional Indonesia Andik Vermansyah. (Inertya/Djavatoday)

Rumah Lansia di Banjaranyar Ciamis Rusak Tertimpa Pohon Petai Tumbang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah Pardi seorang lansia berusia 79 tahun di Dusun Mekarsari, Desa Cikupa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, rusak akibat tertimpa pohon petai...

Warga Sukadana Sambut Kepulangan Syifa Al Fadila, Pemain Timnas Voli U-18 Asal Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga beserta unsur pemerintahan Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, menyambut kepulangan Syifa Al Fadila, Sabtu (15/6/2024). Gadis berusia 16 tahun asal Sukadana...

Bapenda Ciamis Buka Pelayanan di Galuh Digital Festival

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Ciamis membuka pelayanan pada acara Galuh Digital Festival atau GDF. Acara GDF sendiri berlangsung di Taman Lokasana...

Dua Warga Alami Luka Bakar Tersambar Api di Belakang SPPBE Ciharalang Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Nasib malang dialami dua warga Desa Ciharalang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, yang mengalami luka bakar. Warga bernama Karman (81) dan Nanang...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya