Kamis, Mei 30, 2024

Keluh Kesah Tukang Perahu di Situ Lengkong Panjalu Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pandemi COVID-19 membuat para tukang perahu di obyek wisata Situ Lengkong Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, merana. Pendapatannya kini kian menurun akibat sepinya wisatawan yang berziarah.

Di obyek wisata Situ Lengkong Panjalu ada sekitar 34 tukang perahu. Biasanya mereka mengantarkan para peziarah atau pengunjung mengelilingi danau dan menyeberangkannya ke Nusa Gede atau pulau tengah danau.

Seperti yang dialami Amas Kuswandi, yang telah 20 tahun menjadi tukang perahu di tempat wisata itu. Ia mengaku selama ia menjadi tukang perahu, baru merasakan kondisi terpuruk saat Pandemi COVID-19.

“Penghasilan turun drastis, semua tukang perahu juga merasakannya. Baru pertama kali merasakan seperti ini,” ujar Amas, Kamis (4/1/2021).

Menurut Amas, penurunan pendapatannya karena wisatawan yang biasa datang dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jakarta kini tidak bisa ke Situ Panjalu. Akibat adanya pembatasan, dari mulai PSBB dan kini PPKM.

Ketika pengunjung banyak, tukang perahu di Situ Lengkong Panjalu biasa memperoleh penghasilan kotor Rp 500 ribu. Namun kini untuk mendapatkan penumpang yang berziarah pun cukup sulit harus menunggu lama.

“Sekarang ini sangat sepi dampak dari pembatasan di semua daerah. Harapannya ada perhatian dari pemerintah,” ujarnya.

Kondisi yang sama dialami pedagang oleh-oleh di area wisata, Kokom, kini usahanya nyaris sepi pembeli. Sepinya pengunjung membuat berbagai oleh-oleh dari makanan hingga cinderamata tidak laku.

“Seumur saya berjualan kondisi sepi seperti ini baru pertama dirasakan, sejak ada Corona. Semoga kondisi ini segera berakhir berharap wisata kembali ramai,” ucapnya. (CN/Djavatoday)

Hasil Survei Partai Golkar, Herdiat Sunarya Diunggulkan di Pilkada Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Partai Golkar telah melakukan survei pertama untuk calon kepala daerah pada Pilkada 2024. Hasil survei itu, Partai Golkar Ciamis menyatakan Herdiat...

Hadiri Pelantikan Perangkat Desa Janggalaharja, Camat Rancah Ciamis Sampaikan Pesan Ini

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kepala Desa Janggalaharja Saefuloh melantik Asep Aldi Reza Syaiful Milah sebagai perangkat desa Kaur Perencanaan. Pelantikan yang digelar di GOR Desa...

PSGC Ciamis Bubarkan Tim Usia Gagal ke 8 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis membubarkan tim musim 2023/2024 setelah gagal lolos ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Laskar Singacala kandas di babak...

Jalan Mundur Warnai Aksi Solidaritas Jurnalis Ciamis Tolak RUU Penyiaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah jurnalis dari Ciamis, Banjar dan Pangandaran melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPRD Ciamis, Selasa (28/5/2024). Mereka menyerukan penolakan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya