Minggu, April 14, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Kasus DBD di Ciamis Meningkat, Bupati Minta Warga Waspada

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meningkat. Bupati Ciamis Herdiat Sunarya meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan agar tidak terjadi kejadian luar biasa (KLB) DBD.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, tercatat jumlah warga yang terkena DBD sampai 30 Januari 2024 sebanyak 52 kasus. Sedangkan pada bulan Januari di tahun 2023, jumlah warga yang terkena DBD hanya 20 kasus.

Untuk wilayah yang paling banyak kasus DBD ada di wilayah kerja Puskesmas Handapherang 9 kasus, kemudian Puskesmas Ciamis 8 kasus dan di Cijeungjing 6 kasus. Sedangkan Cikoneng, Sindangkasih dan Imbanagara masing-masing 4 kasus.

Golongan umur yang paling banyak terkena DBD dari 15-44 tahun ada 22 kasus, dan umur 5-14 tahun asa 16 kasus. Namun ada bayi yang usianya kurang dari 1 tahun sudah terkena DBD. Dari 52 kasus itu tidak ada yang sampai meninggal dunia. Semuanya telah mendapat perawatan.

“Adanya musim pancaroba ini berpotensi meningkatkan perkembangan nyamuk DBD, sehingga menyebabkan meningkatnya kasus DBD di Ciamis,” ujar Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, Selasa (13/2/2024).

Herdiat pun meminta seluruh stakeholder dan masyarakat untuk siaga dalam mengantisipasi kasus kejadian luar biasa DBD. Melakukan pencegahan dan pengendalian serta memperkuat pelaksanaan gerakan 1 rumah 1 Jumantik (G1R1J).

“Meloharkan segenap anggota keluarga berperan menjadi juru pantau jumantik di masing-masing rumah,” ungkap Herdiat.

Warga Tatar Galuh Ciamis pun diminta untuk meningkatkan gerakan pemberantasan sarang nyamuk PSN 3M plus. Menguras, menutup dan mendaur ulang. Hindari gigitan nyamuk di lingkungan kerja, sekolah, perkantoran dan tempat umum untuk mencegah DBD.

“Pasang kasa nyamuk pada ventilasi rumah. Pakai cairan anti nyamuk dioles atau disemprot. Berantas jenitik dengan menggunakan larvasida di genangan air dan menanam tanaman pengusir nyamuk,” tegas Herdiat. (Ayu/CN/Djavatoday)

7 Keluarga Korban Pergerakan Tanah di Panawangan Dapat Bantuan dari Dinsos Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Beberapa hari terakhir ini sejumlah daerah di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dilanda bencana. Seperti pergerakan tanah di Desa Nagarapageuh, Kecamatan Panawangan...

Dinsos Ciamis Salurkan Bantuan Bagi 3 Keluarga yang Rumahnya Terendam Banjir saat Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Sosial (Dinsos) Ciamis menyalurkan bantuan untuk 3 keluarga yang rumahnya terendam banjir di Kelurahan Ciamis pada saat hari H Lebaran....

Dua Rumah di Sadananya Terdampak Longsor, Polsek Ciamis Gotong Royong Bareng Warga

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dua rumah di dua desa Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, terdampak longsor akibat hujan deras, Jumat (12/4/2024). Anggota Polsek Ciamis Polres Ciamis...

Cerita Yeni Raup Cuan Pemudik di Gapura Ciamis Setiap Lebaran Sejak 2002

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Berkah musim mudik Lebaran Idul Fitri dirasakan warga atau pemilik warung yang berada di jalur mudik Ciamis. Seperti yang dirasakan oleh...

Terpopuler

Lainnya