Minggu, Mei 26, 2024

Jelang Imlek, Patung Dewa di Kelenteng Hok Tek Bio Ciamis Dimandikan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah Patung Dewa di Kelenteng Hok Tek Bio, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dimandikan, menjelang tahun baru Imlek 2574 Kongzili, Minggu (15/1/2023).

Tradisi ini telah dilakukan oleh warga keturunan Tionghoa dan pengurus kelenteng setiap tahun. Selain memandikan patung, umat Khonghucu juga membersihkan seluruh bagian kelenteng.

Tradisi ini mulai dengan menurunkan patung dewa dari altar ke meja pemandian yang ada baskom berisi air dan bunga. Petugas kemudian melepas satu per satu baju patung dewa. Selanjutnya membersihkan debu patung dengan menggunakan kuas kering.

Setelah terbebas dari debu, kemudian memasukan patung dewa itu ke dalam baskom berisi air dan bunga sambil menggosok-gosok sampai bersih. Terakhir mengeringkan patung penghuni Kelenteng Hok Tek Bio dengan handuk kering.

Patung Dewa yang turun mandi antara lain Hok Tek Cheng Sin, yang merupakan penghuni pertama kelenteng. Ada juga Tu Ti Kung /Tu Ti Po. Wu Lu Cai Sen, Hian Thian Siang Tee, Fu Sen, Kwan Im Pau Sat (Dewi Kwan Im) kemudian patung dewa lainnya.

Ketua Kelenteng Hok Tek Bio Hidayat Kuswaya mengatakan kegiatan ini sudah rutin setiap tahun. Berbeda pada waktu pandemi Covid-19, tradisi memandikan patung dewa kali ini cukup ramai.

“Tujuannya kegiatan ini untuk menghadapi tahun baru sudah bersih kembali segar,” ucapnya.

Hidayat mengatakan dalam kegiatan ini siapa saja boleh turut serta memandikan patung dewa dewi penghuni Kelenteng Hok Tek Bio. Hanya untuk Dewi Kwan Im khusus oleh perempuan.

“Tahun ini kemungkinan akan lebih meriah dari tahun sebelumnya. Nanti juga ada kegiatan kirab budaya pada saat Cap Gomeh tanggal tanggal 5 Februari 2023,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

PSGC Ciamis Kandas di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional Usai Ditekuk Persikabpas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis gagal melaju ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Pada pertandingan terakhir grup 2 babak 16 besar, PSGC Ciamis...

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya