Sabtu, Juli 20, 2024

Gas LPJ 3 Kg Langka, Ini Kata DKUKMP Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kabupaten Ciamis mengalami kelangkaan tabung Gas LPJ 3Kg. Hal tersebut disebabkan meningkatnya jumlah UMKM yang menggunakannya. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Kabupaten Ciamis David Firda.

“Ya, ada sejumlah keluhan dari masyarakat mengenai kesusahan mencari gas LPJ 3 Kg. Berdasarkan hasil analisa kami, ternyata kondisi itu berkaitan dengan meningkatnya jumlah UMKM di Ciamis,” kata David Senin (29/03/2021).

David menjelaskan, kendati demikian, kelangkaan Gas LPJ 3 Kg bukan hanya disebabkan oleh peningkatan jumlah UMKM. Namun kondisi aktivitas masyarakat dimasa pendemi ini banyak di rumah, sehingga intensitas penggunaan Gas meningkat dan cepat habis.

“Masyarakat yang biasa sehari-hari makan diluar rumah, dimasa pendemi dan pemberlakuan PPKM banyak masak dirumah. Sehingga gas cepat habis,” ungkap David.

David menuturkan, menyikapi kondisi paska analisa ini, pihaknya melakukan komunikasi dengan Pertamina. Dengan bekal analisa pihaknya meminta penambahan pasokan Gas LPJ 3 Kg untuk Ciamis ditambah.

“Kita sudah melakukan operasi pasar di 27 Kecamatan pada Februari lalu. Satu Kecamatan mendapat alokasi sebanyak 560 LPJ,” ungkapnya.

David memaparkan, untuk wilayah Ciamis pasokan LPG 3 Kg rata-rata dalam satu bulan se jumlah 670.000 tabung.

“Langkah kami saat ini melakukan monitoring di lapangan. Untuk mendata wilayah Ciamis mana saja yang mengalami kesulitan Gas LPJ 3 Kg. Validasi data tersebut akan menjadi dasar kami untuk meminta Pertamina menambah pasokan Gas,” pungkasnya. (MM/Djavatoday)

DPRD dan Pj Bupati Ciamis Setujui 2 Raperda Jadi Peraturan Daerah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pimpinan DPRD Ciamis bersama Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna menyetujui 2 rancangan peraturan daerah (Raperda) menjadi Perda. Penandatangan persetujuan dilaksanakan di...

Peringati HUT Pramuka, Kwarcab Ciamis Gelar Lomba Jelajah Alam

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam rangka memperingati HUT Gerakan Pramuka ke 63, Kwarcab Ciamis mengadakan lomba Jelajah Alam bagi anggota Mabiran. Adapun pelepasan peserta lomba berlangsung...

Kormi Ciamis Lepas 36 Atlet di Pekan Olahraga Tradisional Jabar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kormi Kabupaten Ciamis melepas 36 atlet dalam ajang Pekan Olahraga Tradisional Provinsi Jawa Barat dalam rangka HUT Kodam III Siliwangi. Pelepasan para...

Jaksa di Kejari Ciamis Donor Darah Jelang Hari Bhakti Adhyaksa ke-46

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kejaksaan Negeri (Kejari) Ciamis melakukan bakti sosial menjelang Hari Bhakti Adhyaksa ke 64. Para jaksa melakukan donor darah dan memberikan santunan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya