Sabtu, Juli 13, 2024

Dua Exit Tol di Ciamis, Pemkab Harus Sinergi Siapkan Potensi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Ciamis harus benar-benar mempersiapkan diri menghadapi pembangunan Tol Gedebage-Tasikamalayal-Pangandaran. Hal itu diutarakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Ciamis Aef Saefulloh, Senin (29/3/2021)

Aef mengungkapkan, ada dua exit tol di Kabupaten Ciamis yang direncanakan dibangun di dua Kecamatan yakni Kecamatan Ciamis dan Kecamatan Pamarican.

“Rencananya untuk pintu tol Ciamis akan dibangun di Pamarican dan Ciamis Kota. Namun semua harus melalui proses analisa terlebih dahulu,” ungkap Aef.

Aef menjelaskan, invrastruktur akses jalan sangat menjadi element pendukung penting untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Aksebilitas jalan sangat berpengaruh terhadap kegiatan masyarakat. Termasuk dalam investasi, disatu sisi potensi yang Ciamis miliki sangat luar biasa. Ini menjadi tanggung jawab kita untuk mengoptimalkannya,” ujar Aef.

Aef menegaskan, Ciamis harus mampu menciptakan magnet dari beberapa sektor, dari mulai industri sampai pariwisata. Jika itu tidak disiapkan Ciamis hanya akan dilewati saja.

“Maka itu, semua element harus bersinergi sesuai Visi Misi Bupati Ciamis dengan kemandirian ekonomi. Selain sinergi multi sektor dari pemerintah, perencanaan ini harus dimulai dari grassroots,” ucapnya.

Aef menuturkan, semua element pemerintah harus saling mengisi dengan komunikasi yang baik. Dari mulai kebutuhan Industri, Invrastruktur dan Sumber Daya untuk menyambut peluang ini.

Sementara itu Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyebut keberadaan exit tol dapat menguntungkan investor. Dengan Keberadaan kawasan industri yang sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Ciamis.

“Kita harap pembangunan Tol sepanjang 33 kilometer, melewati 4 kecamatan, 22 desa dan 1 kelurahan di Wilayah Ciamis berjalan lancar. Terutama dlam proses sosialisasi pembebasan lahan, Ciamis dapat lebih maju dari segala sektor,” pungkanya. (MM/Djavatoday)

Cuaca Tak Menentu, Petani di Ciamis Galau Garap Lahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Saat ini cuaca tak menentu sulit diprediksi. Hal tersebut membuat petani di Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, menjadi galau. Akibat...

Komisi D DPRD Ciamis Bahas Polemik PPDB SMA

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi D DPRD Ciamis telah audiensi dari forum kepala desa (kades) dan orang tua di Kecamatan Banjaranyar terkait polemik pendaftaran peserta...

Petugas BPBD Berhasil Evakuasi Warga yang Masuk ke Sumur di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melakukan evakuasi warga yang masuk sumur di Desa Dewasari. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (13/7/2024)....

Pantauan Harga Minyak Goreng di Pasar Manis Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah melalui Kemendag akan menerapkan HET (harga eceran tertinggi) baru untuk minyak goreng Minyakita. Dari semula Rp 14 ribu menjadi Rp...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya