Senin, Oktober 25, 2021

4 Rumah Ambruk di Ciamis Dalam Tiga Hari saat Musim Hujan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam kurun waktu tiga hari saat musim hujan ini ada 4 rumah ambruk di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Rumah ambruk ini tersebar di beberapa kecamatan yakni Tambaksari, Panjalu, Cikoneng, Banjaranyar. Kejadian sejak hari Minggu, Senin, Selasa.

Baca juga:

“Rumah ambruk di Ciamis ada 4 lokasi. Kondisi rumah ambruk memang sudah lapuk kemudian diguyur hujan terus-terusan hampir setiap hari. Ada rumah panggung, rumah semi permanen dan permanen,” ujar Ketua Tagana Ciamis Ade Waluya, Rabu (29/9/2021).

Berikut rincian rumah rusak tersebut. Pertama rumah Yanto (47) Desa Sindangsari, Kecamatan Cikoneng. Kondisi rumahnya rata dengan tanah, tapi penghuninya selamat meski sempat tertimpa material rumah ambruk.

Kedua, rumah Uun Unaenah (66), Desa Langkapsari, Banjaranyar, tembok bagian sampingnya jebol. Tidak ada korban jiwa.

Kondisi yang sama bagian tembok rumah jebol milik Eti jebol terjadi di Desa Sukasari, Tambaksari. Kejadian keempat rumah Onah (68) Desa Ciomas, Panjalu, rumahnya ambruk sebagian akibat diguyur hujan terus menerus dan kondisinya lapuk.

“Dari semua kejadian rumah ambruk di Ciamis ini tidak ada korban jiwa. Ada yang sempat tertimpa reruntuhan Alhamdulillah selamat. Jadi kondisi rumah memang sudah lapuk ditambah musim hujan ini menambah kerusakan sehingga ambruk,” kata Ade.

Ade mengimbau kepada masyarakat saat musim hujan ini harus waspada, agar kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Tak hanya itu, warga pun harus waspada terhadap bencana lainnya yang sering melanda Ciamis saat hujan seperti longsor, banjir dan angin kencang. (Ayu/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU