Rabu, September 18, 2024

Cara Membuat Keripik Tempe yang Renyah dan Kriuk Banget

Cara membuat keripik tempe sebenarnya hampir mirip-mirip dengan keripik lainnya. Namun kamu perlu memerhatikan takaran bumbu agar membuatnya terasa enak. Selain itu, potongannya pun harus sesuai agar tidak terasa alot ketika dimakan nantinya.

Jika biasanya tempe disajikan dengan cara digoreng atau dibuat orek, kali ini kita akan membuatnya sebagai keripik. Sama seperti tempe biasa, keripik tempe memang menjadi salah satu makanan yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Buat kamu penyuka keripik atau makanan yang kriuk, wajib banget nyobain keripik tempe ini.

Sebenarnya keripik tempe sudah bisa kamu temukan di berbagai toko oleh-oleh atau pusat perbelanjaan lainnya. Namun tak bisa dipungkiri bahwa keberadaannya ini cukup jarang atau bahkan kehabisa stok karena laku terjual. Nah daripada kamu harus nunggu stoknya ada atau keliling nyari ke toko lain, mending kamu coba bikin sendiri di rumah. Selain bisa buat camilan pribadi, kamu juga bisa bikin ini sebagai ladang cuanmu.

Cara Membuat Keripik Tempe

Berikut cara membuatnya yang renyah dan gurih.

Bahan untuk membuat keripik tempe

Cara membuatnya yang pertama yang perlu kita lakukan tentunya dengan menyiapkan bahan-bahannya. Bahan untuk membuatnya terdiri dari dua bahan, yaitu bahan untuk membuat kerupuk dan bahan untuk bumbu halus. Nah di bawah ini beberapa bahan yang harus kamu siapkan untuk menghasilkan keripik tempe yang lezat.

Bahan utama:

  • 600 gram tempe
  • 300 gram tepung beras
  • 50 gram tepung sagu
  • 500 ml santan
  • ½ sdt bumbu kari
  • Minyak goreng

Bahan untuk bumbu halus:

  • 6 siung bawang putih
  • 1 sdm ketumbar yang sudah disangrai
  • 10 butir merica
  • 1 cm kunyit
  • Garam

Resep

Cara membuat keripik tempe bisa kita lanjutkan dengan resep berikut:

  1. Potong tempe dan iris membentuk keripik. Irislah dengan tipis agar cepat kering dan tidak keras saat dimakan. Setelah semua teriris rapi maka susun di atas nampan dan jangan ada yang bertumpuk agar semua tempe dapat kering bersamaan. Angin-angin tempe tersebut agar lebih kering.
  2. Satukan bumbu halus dengan cara digerus. Kemudian tambahkan garam secukupnya atau sesuai selera anda.
  3. Campurkan tepung beras, tepung sagu, bumbu halus, bumbu kari, dan air santan. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  4. Celupkan tempe satu per satu ke dalam adonan tadi.
  5. Panaskan minyak di atas wajan dengan menggunakan api sedang.
  6. Masukkan irisan tempe yang sudah diberi adonan ke atas wajan. Goreng hingga kering dan matang.
  7. Dinginkan dalam suhu ruangan dalam beberapa saat kemudian masukkan ke dalam wadah tertutup.
  8. Kamu bisa mencampurkannya dengan bumbu lain sesuai selera.
  9. Keripik siap dimakan.

Demikian cara membuat keripik tempe yang pastinya simpel dan gampang dibuat sendiri di rumah. Yuk cobain sendiri resepnya! (Ume/Djavatoday)

Resep Udang Balon yang Viral karena Bang Mursyid!

Resep udang balon akhir-akhir ini menjadi topik hangat yang banyak orang-orang bicarakan, terutama di media sosial. Hal ini terjadi lantaran seorang content creator yang...

Resep Soto Ayam Kesukaan Keluarga, Lezat dan Hangat

Resep soto ayam di bawah ini harus banget kamu cobain di rumah buat disantap bareng keluarga. Caranya sederhana, tapi rasanya dijamin lezat dan nikmat....

Ini Dia Jenis-jenis Saus yang Biasa dipakai untuk Menambah Kelezatan Makanan

Jenis-jenis saus yang biasa dipakai untuk menambah kelezatan makanan ternyata ada cukup banyak lho, Sob! Masing-masing mempunyai rasa dan kegunaan yang berbeda. Lantas, apa...

5 Makanan Khas Korea yang Sering Muncul di Drakor

Makanan khas Korea menjadi salah satu sajian yang sehat karena hampir selalu dilengkapi dengan sayuran di dalamnya. Tak hanya itu, makanan Korea juga lebih...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya