Selasa, September 17, 2024

Harga Minyakita di Pasar Manis Ciamis Tembus Rp 17.000 Per Liter

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Harga Minyakita di Pasar Manis Ciamis saat ini tembus di Rp 17.000 untuk 1 liter dan Rp 32.000 untuk ukuran 2 liter.

Untuk diketahui, Kementerian Perdagangan (Kemendag) berencana akan menaikan HET Minyakita menjadi Rp 15.700 per liternya.

Namun, di Kabupaten Ciamis sekarang harga Minyakita sudah Rp 17.000 per liternya. Harga tersebut juga, terbilang naik karena sebelumnya itu di harga Rp 16.000.

“Saat ini saya menjual Minyakita untuk ukuran 1 liter Rp 17.000 dan ukuran 2 liter Rp 32.000. Sebelumnya Rp 16.000,” ujar salah satu pedagang di Blok A Pasar Manis Ciamis, Iis, Senin (15/7/2024).

Menurutnya, kondisi saat ini harga naik dan barang untuk Minyakita menjadi susah atau langka. Dirinya juga hanya mendapatkan 1 karton saja, itu juga untuk ukuran 2 liter.

“Iya sekarang kondisinya langka, tidak ada barang. Kalau harga naik itu sejak lebaran,” tuturnya.

Sementara itu, Kabid Perdagangan pada DKUKMP Ciamis, Asep Sulaeman menyebut, memang berdasarkan pantauan harga Minyakita di Pasar Ciamis itu Rp 16.000 – Rp 17.000.

“Iya harga saat ini itu Rp 17.000 per liternya, mungkin dengan harga tersebut itu ada pengaruh dengan adanya rumor akan naiknya HET Minyakita dari Kemendag,” katanya.

Menurutnya, pihaknya juga tidak mengetahui terkait harga Minyakita Rp 17.000, karena berdasarkan pengawasan kepada sejumlah pedagang, mereka juga membeli diatas harga HET.

“Jadi kemungkinan dari rantai distribusi, sehingga sampai ke pedagang itu diharga diatas HET. Lalu, sampai ke pembeli itu saat ini mencapai Rp 17.000,” tuturnya.

Asep membenarkan terkait kelangkaan Minyakita di Pasar Ciamis. Tidak adanya barang sudah lama.

“Iya benar, hari ini kondisinya sudah barang, jadinya langka. Kita juga sudah laporkan kondisinya kepada Pemprov Jabar dan Kemendag,” pungkasnya. (AA/Djavatoday.com)

Mengenal Tradisi Merlawu Situs Patapan Dipakusumah Sukadana Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Tradisi Merlawu di Situs Patapan Dipakusumah di Dusun Citamiang Wetan, Desa Ciparigi, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, kembali dilaksanakan. Kegiatan budaya ini...

Wisatawan Serbu Bendungan Leuwikeris Ciamis saat Libur Maulid Nabi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ribuan wisatawan menyerbu destinasi wisata dadakan Bendungan Leuwikeris di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Mereka memilih Bendungan Leuwikeris tujuan alternatif wisata menghabiskan...

KPU Ciamis Gelar Rakor Persiapan Pembentukan KPPS untuk Pilkada 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis melaksanakan Rakor Persiapan Pembentukan Anggota KPPS untuk Pilkada tahun 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di salah satu...

Disdukcapil Ciamis Buka Layanan Adminduk untuk Pemilih Pemula di Kawali

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Kependudukan dan Pendataan Sipil (Disdukcapil) Ciamis membuka layanan administrasi kependudukan (Adminduk) terutama perekaman KTP elektronik bagi pemilih pemula di Kecamatan...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya