Rabu, September 18, 2024

Lobang Timah Ciamis, Tempat Refreshing yang Recommended!

Lobang Timah Ciamis bukanlah sebuah tempat tambang, Sobat Djava, melainkan sebuah objek wisata alam yang recommended. Hal tersebut karena tempat ini menyuguhkan keindahan sungai dan panorama alam yang begitu asri. Wisatawan yang datang pun bisa bermain air hingga berenang sepuasnya sembari menghirup udara segar sebanyak-banyaknya. Tempat wisata yang baru buka lagi ini juga sering kali menjadi spot refreshing bagi warga lokal.

Mereka biasanya sengaja datang dengan membawa bekal dari rumah untuk dinikmati di tempat ini. Menu wajibnya biasanya adalah nasi liwet dengan sambal yang lezat untuk kamu santap setelah bermain air. Akan lebih seru lagi jika kamu menikmatinya bersama rombongan teman ataupun keluarga.

Objek wisata ini mungkin masih terdengar asing oleh sebagian wisatawan meskipun dulu sempat banyak wisatawan yang datang. Hal tersebut karena akses jalannya masih kurang bagus dan sempat tutup. Kini, Sobat Djava bisa mengunjungi wisata Lobang Timah Ciamis kembali. Untuk pengalaman liburan yang menyenangkan, sebaiknya kamu simak artikel ini hingga akhir sebagai bahan referensi.

Baca juga: 3 Tempat Wisata Ciamis yang Instagramable

Daya Tarik Wisata Lobang Timah Ciamis

Objek wisata alam akhir-akhir ini sedang menjamur di mana-mana, termasuk di salah satu kabupaten di Priangan Timur, yakni Ciamis. Terdapat sebuah objek wisata yang baru-baru ini beroperasi kembali dengan akses jalan yang lebih bagus. Daya tariknya adalah sebuah sungai dengan aliran yang tidak begitu deras sehingga cocok menjadi tempat untuk bermain air dan berenang.

Tempat wisata itu bernama Lobang Timah Ciamis yang berlokasi di Kecamatan Cihaurbeuti dan berada di Kaki Gunung Syawal. Objek wisata yang berlokasi di kaki gunung setinggi 1.764 meter di atas permukaan laut ini cocok menjadi spot refreshing sederhana bersama keluarga. Kamu bisa bermain air dan berenang di sungainya yang tidak begitu dalam dan masih aman karena tidak begitu deras.

Sungainya berhiaskan banyak batu-batu dengan ukuran yang beranekaragam. Bebatuan ini biasanya menjadi tempat wisatawan untuk duduk bersantai sembari merendam kaki di air sungainya yang menyegarkan. Pada bagian atasnya terdapat aliran air terjun kecil yang terbentuk karena apitan dari bebatuan. Batu yang mengapitnya cukup besar dan tinggi sehingga menjadi spot bagi wisatawan untuk melakukan cliff jumping.

Kedua sisi sungainya juga penuh dengan panorama pohon-pohon yang hijau sejauh mata memandang. Terdapat area hijau yang teduh dengan pepohonan, wisatawan biasanya menggunakan area ini untuk piknik atau makan-makan. Menyantap nasi liwet atau mi instan di tepian sungai dengan nuansa alam yang asri akan menjadi liburan yang asyik. Lobang Timah Ciamis juga memiliki panorama alam yang ciamik, cocok menjadi background fotomu.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Objek wisata ini tidak mematok biaya tiket masuk, alias gratis. Wisatawan hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan yang masih sangat terjangkau, yakni Rp2.000 saja per unitnya. Siapkan saja uang untuk keperluan lainnya, seperti memesan nasi liwet ataupun perbekalan lain. Kebijakan mengenai harga tiket masuk dan biaya parkir ini tidak bersifat permanen sehingga bisa berubah sewaktu-waktu.

Meskipun biaya tiket masuknya gratis, objek wisata ini masih menyediakan beberapa fasilitas penting walau dalam bentuk yang sederhana. Seperti area parkir kendaraan yang cukup luas, musala kecil, saung, warung, dan lainnya. Tersedia juga kamar ganti bagi Sobat Djava yang sudah berenang dan bermain air.

Jam Operasional dan Alamat Lobang Timah Ciamis

Lobang Timah Ciamis tidak menetapkan jam operasional resmi sehingga kamu bisa mengunjunginya kapan saja. Namun, waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat pagi hari karena udaranya begitu sejuk. Berkunjunglah saat musim kemarau untuk menghindari luapan air saat hujan tiba.

Jika tertarik ke tempat wisata ini, arahkanlah kendaraan menuju Kabupaten Ciamis. Alamat Lengkapnya adalah Jalan Lubang Timah, Gn. Sawal, Kec. Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46262. Berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Ciamis ke arah Barat atau Bandung. Dari arah Bandung, kamu bisa menuju ke Indihiang Tasikmalaya dan belok ke Jalan Bojong Jengkol.

Akses jalan menuju lokasi Lobang Timah Ciamis sudah bagus, hanya sedikit yang masih terjal. Objek wisata ini berada di ketinggian sekitar 835 mdpl sehingga konturnya sedikit menanjak. (Rismawati/Djavatoday)

Tingkatkan Partisipasi dalam Pilkada 2024, Pemkab Ciamis Gelar Sarasehan Pendidikan Politik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar sarasehan pendidikan politik dan sosialisasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun...

Raden Hanif Wawakil Kerajaan Galuh Wafat saat Eksekusi Lahan, Budayawan Ciamis Aksi Solidaritas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat dan budayawan di Kabupaten Ciamis melakukan aksi solidaritas dan audiensi di DPRD Ciamis, Selasa (17/9/2024). Aksi itu dilakukan sebagai bentuk...

Polisi Ringkus Komplotan Begal Motor Bersamurai di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jajaran Satreskrim Polres Ciamis berhasil menangkap tiga orang komplotan begal motor yang beraksi di wilayah Banjarsari, Kabupaten Ciamis. Saat melakukan aksinya,...

Penutupan Program BSMSS, Masyarakat Desa Lumbungsari Ciamis Nikmati Manfaatnya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Program Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) di Desa Lumbungsari Kecamatan Lumbung ditutup secara resmi oleh Dandim 0613 Ciamis, Letkol Inf....
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya